Powered by Blogger.

Thursday, 9 December 2010

Mendeteksi kelistrikan pada mobil bekas


Mendeteksi kelistrikan pada mobil bekas Mobil dengan usia diatas lima tahun umumnya banyak mengalami gangguan pada sistim kelistrikan.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mencari tahu,apakah kelistrikan mobil ( umumnya mobil bekas ) menggunakan 12 volt searah masih sehat atau tidak. Dari sekian banyak cara, yang paling mudah adalah dengan menggunakan voltmeter.

Untuk yang ingin melakukan sendiri,juga bisa pakai voltmeter.Namun, sebelumnya lakukan cara-cara sbb:

1.Periksa ruang mesin,bila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi,ada kemungkinan hal ini bermasalah.

2.Perhatikan terminal positif (+) accu.Jika banyak kabel, hal ini mengindikasikan banyak aksesori tambahan yang membutuhkan listrik dan kemungkinan diambil dengan model bypass.

3.Teliti komponen kelistrikan,seperti lampu-lampu,AC, dan power windows.Jika semuanya bekerja dengan baik,berarti kelistrikan masih bagus.

4.Uji ketika beban penuh,seperti menyalakan AC diikuti dengan menyalakan Audio dan lainnya.Kemudian naikan putaran mesin.Jika sinar lampu,baik pada lampu utama atau di dashboard,terangnya signifikan atau putaran kipas elektrik bertambah kencang,berarti ada masalah dengan pasokan listrik dari alternator.

5.Kalau masih penasaran,periksa tegangan accu saat mesin tidak hidup.Kondisi baik,angka voltmeter menunjukan 12-13 volt.

6.Untuk memeriksa alternator,hidupkan mesin dan seluruh perangkat kelistrikan,seperti lampu besar,Audio,AC dan dan pemanas kaca, Ukur juga tegangan pada accu.Alternator yang baik yaitu pada angka 12.8 volt

7.Periksa tegangan pada beberapa titik yang menjadi aliran listrik positif,seperti koil,lampu-lampu,pematik api dan komponen lainnya.Carilah bagian yang memungkinkan anda dapat mengecek tegangan listrik dengan perbedaan tegangan tidak lebih dari 0.5 volt.

sumber : kompas nov 2010

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP