Powered by Blogger.

Thursday, 18 November 2010

Pede melibas banjir



Meski ada kemacetan karena makin banyaknya koridor busway dan hujan yang mulai datang disertai ancaman banjir, rutinitas kerja tak boleh terganggu.

Oleh karena itu, diperlukan sedikit ketelatenan untuk mempersiapkan mobil yang Anda kendarai sebelum benar-benar siap menerjang genangan air. Cukup merepotkan, tetapi jika tidak dilakukan, siap saja untuk memanggil mobil derek.

Berikut persiapan umum untuk menembus genangan air:
• Perhatikan seluruh karet sekat-sekat air, apakah masih berfungsi dengan baik. Jika ada yang rusak seperti pecah akibat panas atau robek sebaiknya ganti dengan karet yang baru.

• Periksa sistem kelistrikan.Ganti kabel-kabel yang terkelupas,getas atau retak-retak. Perhatikan kabel lampu, kabel pengapian seperti kabel tegangan rendah ke koil dan kabel tegangan tinggi ke busi.

• Karena kendaraan Anda membutuhkan busi dalam kondisi kering untuk menyalakan api di dalam mesin, kabel busi harus terpasang erat dengan kepala businya. Kalau terkena air, ini akan menyebabkan tersendat-sendat bahkan mogok. Apa yang harus dilakukan?

• Lindungi koil pengapian dengan selubung plastik.Komponen ini tidak boleh basah oleh air. Karena dapat menyebabkan mogok juga.

• Periksa juga bagian tutup distributor. Pastikan bagian dalamnya selalu kering. Celah dan tutup rumah distributor harus tertutup rapat. Perhatikan karet tersebut apakah masih berfungsi dengan baik. Jika bagian ini terkena air, walaupun sedikit akan membuat mobil Anda ngadat.

• Periksa pula karet wiper,karena sangat membantu memberi pandangan yang baik kepada Anda ke depan. Selain itu, karet wiper yang sudah keras dapat merusak kaca mobil Anda.

• Bawalah beberapa lap kering dari bahan flanel atau katun untuk mengantisipasi jika mobil Anda mogok di jalan.

• Jangan lupa tool kit car(peralatan mobil) yang sewaktu waktu Anda perlukan dalam
keadaan darurat jika mogok di jalan seperti kunci-kunci, dongkrak, kabel jumper, tali sling atau kabel penarik hingga cairan penetran.

• Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik, ini perlu untuk membantu penerangan dalam perjalanan menerjang hujan sekaligus menghindarkan mobil Anda ditabrak kendaraan dari arah depan atau belakang.

• Periksa sistem pengereman, karena rem harus berfungsi dengan baik di jalanan yang licin. Sisakan waktu untuk melihat kondisi alat pengaman ini.

• Perhatikan pula kondisi ban, termasuk ban cadangan terutama tekanan anginnya. Lihat pula kondisi telapak ban, sudah aus atau belum. Untuk kondisi darurat tip mengurangi tekanan ban bisa diterapkan tetapi untuk keamanan pengendaraan dan pengendalian sebaiknya gunakan ban basah. Karena secara desain dan teknis ban basah mempunyai kemampuan membuang air lebih cepat dan baik.

• Lebih baik jika Anda menggunakan ban jenis tubeless, sebab sering kali kendaraan yang melintas mogok karena mengalami ban bocor. Jika semua itu sudah dipenuhi, Anda boleh percaya diri melibas derasnya hujan lebat. Namun, sebaiknya jika masih bisa menghindari banjir lebih baik mengambil jalan lain.

Sumber : Koran Bisnis Indonesia

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP