Powered by Blogger.

Saturday, 23 October 2010

HONDA JAZZ HIBRIDA


Emisi gas buang karbondioksida lebih bersih dari tipe bensin konvensional.

Honda memilih Paris Motor Show 2010 sebagai debut memajang Jazz Hibrida. Tampilan eksteriornya mirip dengan hatchback terlaris di Indonesia. Mesin Jazz yang berkapasitas 1,3L i-VTEC sama seperti Insight hibrida memiliki rata-rata emisi gas buang karbondioksida (CO2) 104 g/km, lebih bersih 21 g/km dari tipe bensin konvensional 1,2L Konsumen di Eropa mendapat banyak nilai lebih.

Selain Jazz dikenal sebagai mobil ramah lingkungan, biaya operasional yang dikeluarkan konsumen lebih rendah. Konsumen di Inggris yang akan menikmati Jazz hibrida awal tahun depan,misalnya dibebaskan dari pajak jalan di tahun pertama dan cukup membayar 20 poundsterling di tahun berikutnya. Penguna Jazz Hibrida juga tak perlu membayar retribusi jalan atau congestion charge, 8 pounds selama Senin-Jumat di beberapa jalan utama di London.

“Kami berpendapat, dengan Jazz yang lebih bersih dan ekonomis akan sangat baik diterima konsumen. Mobil ini dibekali teknologi IMA hybrid yang sangat mudah digunakan dan pengguna tak perlu repot harus mencari setop kontak untuk mengisi ulang tenaga baterai,”ujar John Kingston, Government Affairs and Environment Manager Honda Inggris.

Seperti mobil hibrida Honda sebelumnya (Civic dan Insight), Jazz bisa berjalan hanya menggunakan motor listrik. Kelebihan lain pada unit ini, ruang bagasi yang luas karena kursi belakang yang bisa dilipat rata meski sudah membopong baterai lithium ion di bagian bawah mobil.

Seperti yang dikutip dari Autonews.com, Honda mengklaim mobil yang disebut Jazz di Eropa, Afrika,Timur Tengah, Asia Tenggara, dan disebut Fit di Amerika Utara, Amerika Selatan, China, dan Jepang itu akan menjadi kendaraan hibrida terkecil di dunia.

Kendaraan anyar itu memiliki mesin yang sama dengan Honda Insight hibrida, lengkap dengan mesin berkapasitas 1,3 liter yang dikombinasikan dengan teknologi CTV, dan motor listrik terletak diantara keduanya untuk menciptakan sistem hibrida paralel. Jazz hibrida bisa digerakkan dengan motor listriknya dalam kecepatan pelan dan sedang.

Jazz hibrida juga memiliki beberapa fitur yang membedakannya dari Jazz konvensional  seperti tampilan lampu depan baru, lampu belakang bening, ‘front grille’ baru, bumper anyar, dan ‘tailgate’krom. Desain interiornya pun sedikit berbeda dengan ‘dashboard’ yang lebih gelap.

Beberapa Jazz hibrida juga dilengkapi dengan kulit yang lebih apik, fitur yang untuk pertama kalinya dimiliki Honda Jazz di Eropa. Para pemimpin Honda menyatakan belum berencana menjual Jazz hibrida di Amerika Serikat (AS) karena segmen hibrida di AS telah diisi oleh Insight.Sementara itu di negara asalnya, Honda Motor Co.berencana memasarkan varian hibrida Honda Fit sebagai mobil hibrida termurah.

Honda akan memasarkan Fit senilai 1,59 juta Yen atau sekitar 18.600 dollar AS (1$ senilai dengan 85,49 Yen) pada Oktober. Turunnya harga Honda Fit hibrida dipicu oleh kebijakan pemerintah Jepang yang  memberikan subsidi kepada kendaraan ramah lingkungan. Akibat kebijakan yang akan diberlakukan akhir bulan lalu, mobil hibrida menjadi semakin populer di pasar mobil penumpang Jepang selama beberapa bulan terakhir.Subsidi itu juga tampaknya akan mendorong perang harga antara Honda dengan pesaing utamanya Toyota Motor Corp. Sebelumnya, Toyota Insight menjadi mobil hibrida termurah di Jepang.

Penawaran terbaru Fit menjadikannya 300.000 Yen lebih murah dari Insight dan 400.000 Yen lebih murah dari Honda Fit berbahan bakar bensin. Kapan ya Di Indonesia akan hadir ?

Sumber : Koran Tempo

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP