Powered by Blogger.

Wednesday, 1 September 2010

Tips persiapan Mudik Aman, Hati Nyaman Selamat Sampai Tujuan



Mudik Aman, Hati Nyaman
MUDIK dengan membawa mobil atau memerlukan persiapan ekstra.Namun,antisipasi dari ATPM sepantasnya membuat Anda merasa aman dan nyaman saat mudik.
Mudik itu tidak mudah. Ibarat lari maraton, mudik butuh strategi khusus agar Anda sampai di tempat tujuan dengan baik.

Pertanyaan pertama yang biasa menggelayut di benak para pemudik bermotor atau bermobil adalah apakah mereka mampu membawa kendaraan mereka sampai ke tujuan hingga sanggupkah kendaraan mereka berjalan tanpa hambatan. Untuk pertanyaan pertama, tentu yang mengetahui jawabannya adalah pengendara itu sendiri. Yang pasti, kemampuan atau stamina seseorang dalam berkendara berperan penting agar tidak menemui masalah selama perjalanan mudik.

Nah, pertanyaan kedua adalah kemampuan mobil Anda. Mobil juga perlu dijaga kesehatannya seperti manusia. Menghadapi Lebaran yang menuntut perjalanan jauh hendaknya ada persiapan lebih detail.

Untunglah para pemudik, khususnya yang menggunakan mobil, karena ATPM menyediakan program khusus Lebaran. Hampir semua ATPM punya program menemani pelanggannya selama mudik.

Stamina dan performa mobil pun dijaga dengan melakukan persiapan menjelang mudik.Jelas,tujuan akhirnya adalah meminimalisasi kecelakaan yang disebabkan faktor kendaraan. ATPM sudah menyediakan program persiapan itu jauh hari sebelum Lebaran dan sekarang dimaksimalkan.

Ya,ATPM benar-benar memanfaatkan momen Lebaran untuk menunjukkan kepeduliannya, terutama untuk produk mereka. Program spesial untuk pelanggan pun digelontorkan dengan berbagai fasilitas lain. Singkatnya, servis menjelang Lebaran menjadi hal yang lazim. Servis menjelang Lebaran ini sebaiknya dimanfaatkan betul. Sebab, selain memastikan kendaraan Anda tetap fit, beberapa ATPM justru menggelar diskon khusus untuk servis tersebut.

Contohnya Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal Suzuki mobil yang menggelar Suzuki Peduli 2010. Suzuki Peduli merupakan service campaign yang kali ini bertajuk Nyaman Berkendara dengan Servis Berkala.

Rangkaian Suzuki Peduli 2010 terbagi atas tiga periode. Periode pertama berlangsung 5 Agustus sampai 5 September di semua bengkel resmi Suzuki. Program pramudik ini digelar untuk menyiapkan kendaraan Suzuki sebelum berangkat berlibur/mudik.Setiap bengkel resmi Suzuki memberi diskon masing-masing untuk jasa, spare part, dan SGO (Suzuki Genuine Oil).Diskon jasa juga bertambah jika pelanggan melakukan booking service lebih dulu.

Yang lebih unik lagi dilakukan oleh PT KIA Motors Indonesia. KIA memberikan program serba gratis untuk konsumennya.Wah? Diberi nama program Holiday Service yang mengusung tema `KIA Family Like Care', PT KIA Mobil Indonesia menggratiskan jasa ganti oli,gratis filter oli,serta pengecekan 23 poin. 

"Itu untuk semua mobil KIA dan gratis filter oli khusus yang menggunakan oli genuine KIA," ujar Direktur Pemasaran KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono.

Program gratis oli dan lainnya ini berlaku mulai 23 Agustus sampai 4 September 2010. Konsumen pengguna mobil KIA hanya tinggal mendatangi bengkel-bengkel resmi KIA di wilayahnya."Selain itu, kita juga berikan diskon 25% untuk spare part,"kata Hartanto.

Fasilitas istimewa saat servis menjelang Lebaran juga dilakukan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang menjadi distributor mobil Mitsubishi di Indonesia. Lewat program layanan Service SMILE (Senyum MITSUBISHI di hari LEbaran) Campaign PT KTB memberikan layanan mulai dari persiapan sebelum perjalanan mudik, selama perjalanan mudik sampai setelah pulang mudik Idul Fitri 1431 H melalui serangkaian program Service Campaign Pra-Lebaran, Lebaran, dan Pasca-Lebaran 2010.

Untuk layanan pra-Lebaran, Mitsubishi memberikan pelayanan khusus bagi konsumen Mitsubishi yang melakukan perbaikan atau perawatan kendaraannya di bengkel resmi dealer Mitsubishi menjelang Lebaran dengan menyediakan "Free Check" dan "Special Lebaran Gift" dalam rentang waktu 16Agustus sampai 3 September 2010.

Layanan ala Mitsubishi di masa menjelang mudik ini dapat dilakukan di 110 bengkel resmi dealer Mitsubishi di seluruh Indonesia. Mitsubishi akan memberikan pengecekan gratis 20 item tertentu. Selain itu, akan diberikan Diskon Suku Cadang sebesar 5­15% dan voucher service untuk servis berikutnya. Nah, jika sudah banyak program diskon dan fasilitas istimewa yang diberikan oleh berbagai ATPM, tunggu apa lagi. Segera servis kendaraan Anda agar mudik aman dan terasa nyaman.


Tips Persiapan Sebelum Mudik Lakukan Perawatan Berkala
Perawatan berkala bertujuan untuk memastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan prima untuk dibawa mudik. Pemeriksaan visual kendaraan Bila tidak sempat ke bengkel atau belum lama diservis, dapat juga melakukan pemeriksaan visual sendiri untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Periksa surat-surat kendaraan dan informasi penting lainnya. Miliki peta mudik untuk mempermudah perjalanan. Apakah STNK dan SIM masih servis. Bawa buku servis mobil untuk menjalani servis di lokasi tujuan atau di tengah perjalanan. Periksa perlengkapan untuk kondisi darurat. Alat-alat seperti kotak P3K, segitiga pengaman, senter, tool kits, dongkrak, kunci roda, ban serep, sekring cadangan, dan pengukur tekanan angin harus dibawa.

Maksimalkan Posko Mudik
SELAIN menawarkan paket antisipasi jelang Lebaran, semua ATPM pasti punya layanan khusus untuk para pemudik. Posko di sepanjang jalur mudik menjadi senjata untuk melayani para costumer.Hampir di sepanjang jalur mudik,posko akan dengan mudah ditemui.

Sekadar saran, sebaiknya posko-posko siaga yang disiapkan ATPM hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tak hanya memenuhi kebutuhan kendaraan. Posko-posko itu juga bisa digunakan sebagai tempat beristirahat ketika lelah menghampiri. Untuk suku cadang,posko biasanya menyediakan fast moving parts yaitu komponen yang mudah diganti.Untuk slow moving parts butuh orderan terlebih dahulu dengan melihat kondisi di lapangan.Jangan lupa, gunakan layanan SMS atau hotline posko mudik ATPM.Bila ditemukan masalah dalam perjalanan, solusi dari petugas mungkin akan berguna dan sangat membantu.


Saat Menghadapi Kondisi Darurat Saat Indikator Panas Tidak Normal
Hentikan kendaraan di tempat yang aman. Biarkan mesin sampai suhunya normal. Periksa air di tangki cadangan. Bila kurang, tambahkan air sampai batas "MAX" Bila air radiator habis, jangan langsung membuka tutup radiator. Matikan mesin dan diamkan kurang lebih satu jam. Pasang kain penutup di atas tutup radiator sebelum mengendurkan tutupnya dan bukalah perlahan-lahan dan isilah air ke radiator. Segera ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Maksimalkan BlackBerry Sewaktu Mudik
ADA yang menarik dari program mudik yang dilancarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Untuk mengetahui informasi lokasi bengkel dan posko Honda terdekat bisa didapatkan melalui aplikasi Honda iMobili (Honda Inteligent Mobility System in-Hand).

Di dalam aplikasi khusus untuk pengguna BlackBerry ini bisa didapatkan segala informasi lengkap tentang Honda mulai dari alamat dan nomor telepon dealer, bengkel, dan posko secara interaktif.

Aplikasi pertama yang dikembangkan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) di Indonesia itu dipenuhi berbagai fitur canggih. Di aplikasi ini terdapat antara sistem push mail,reminder system yang interaktif, hingga sistem navigasi GPS untuk menemukan lokasi dealer Honda di seluruh Indonesia.

Jika Anda bukan pemilik kendaraan Honda, Anda tidak perlu berkecil hati. Sebenarnya, dengan fasilitas yang ada di smartphone itu,Anda dapat menemukan beberapa benggkel terdekat. Caranya tentu saja dengan memakai fasilitas GPS yang ada di BlackBerry. Selain itu ada juga fasilitas yang dinamakan Google Latitude.

Fasilitas ini memungkinkan Anda terdeteksi oleh teman-teman BlackBerry Anda yang juga telah mengunduh fitur Google Latitude. Berkat fitur itu dimana pun posisi Anda akan terdeteksi oleh rekan rekan Anda.Jika Anda mengalami gangguan, tentunya teman Anda akan dapat memberikan saran. Terakhir, gunakan milis dan forum-forum tempat Anda bergabung sebaik mungkin.Lewat BlackBerry milis dan forum otomotif akan terakses dengan baik. Anda bisa menginformasikan keadaan Anda selama mudik.

Mudik Selamat Sampai Tujuan
Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Gunakan selalu sabuk keselamatan selama mengendarai. Patuhi rambu-rambu lalu lintas. Selalu jaga jarak aman kendaraan untuk menghindari kecelakaan. Hindari muatan berlebih. Usahakan bahan bakar tidak sampai di posisi kosong. Cari SPBU terdekat untuk mengisi kembali bahan bakar.

Sumber : Seputar Indonesia

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP