Powered by Blogger.

Monday, 20 September 2010

MOBIL BUGAR SETELAH MUDIK

 
Selain mesin, fitur penunjang keamanan dan kenyamanan wajib diperiksa.

Tak ubahnya tubuh manusia yang setelah bekerja keras perlu istirahat dan pemulihan stamina, mobil pun demikian.  

Setelah mengantarkan Anda sekeluarga mudik ke kampung halaman tercinta, kendaraan perlu disegarkan kembali. Bagaimana cara pemulihan yang harus dilakukan? Bagian mana saja yang harus diperiksa atau diganti? Abdul Wahid, Kepala Mekanik Auto Mekanika, Parigi, Bintaro, menyebutkan, bagian yang wajib diperiksa selain mesin adalah komponen di bawah bodi, seperti tie-rod, suspensi,dan rem.

“Mesin tentu saja bekerja ekstrakeras. Begitu pun bagian kakikaki, rem, kopling, dan beberapa komponen lainnya,”papar dia.Berikut ini beberapa bagian yang harus diperiksa, diperbaiki,atau bahkan diganti.

1. Peranti Pengereman
Inilah perangkat pertama yang harus Anda periksa. Selama menempuh perjalanan jauh, biasanya pengemudi kerap melakukan pengereman dengan menginjak pedal rem dalam-dalam atau biasa disebut heavy braking. Lakukan uji terhadap semua peranti rem, dari rem depan, rem belakang, hingga rem parkir. Bila terasa kurang pakem, sebaiknya kanvas rem diganti.

2. Pelat Kopling
Cara gampang untuk memastikan kopling masih bagus atau tidak adalah dengan menghidupkan mesin. Kemudian masukan transmisi ke posisi gigi dua atau tiga dan lepas pedal kopling secara perlahan. Pada saat bersamaan, injak pedal gas dan  rem. Bila mesin langsung mati, berarti kopling masih bagus. Sebaliknya, bila mesin masih hidup, berarti terjadi slip di kanvas kopling. Upayakan untuk melakukan perbaikan atau bahkan menggantinya demi keamanan dan keselamatan saat berkendara.Bila mobil Anda bertransimisi otomatis, pastikan oli transmisi berkondisi baik. Bila Anda ragu, sebaiknya ganti dengan yang baru.

3. Oli dan Filter
Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memastikan kondisi oli atau minyak pelumas. Caranya dengan melihat dari tongkat indikator oli yang ada di mesin. Pastikan jumlah oli tidak kurang dari batas bawah yangtertera di tongkat tersebut. Selain itu, teteskan sedikit oli di jari tangan Anda dan
gesek-gesekan di kedua jari Anda. Bila cairan oli terasa pekat atau bahkan terasa ada butiran, gantilah oli tersebut. Pasalnya, oli memiliki fungsi yang  sangat penting dalam memperlancar gerakan komponen di mesin.

4. Busi dan Saringan Udara
Biasanya busi mengalami penurunan kemampuan seiring dengan usia pemakaian. Tapi bisa juga terjadi karena perjalanan jauh dan mobil melaju secara terus- menerus, terlebih bila lalu lintas macet, mesin akan bekerja ekstrakeras. Karena itu, sebaiknya Anda mengganti busi agar performa mesin bagus. Begitu pula saringan udara. Memang bisa dibersihkan, namun bila Anda tidak yakin, lebih baik menggantinya.

5. Cairan Radiator
Selama menempuh perjalanan jauh, mesin tentu membutuhkan proses pendinginan  yang ekstra pula. Di sinilah kerja radiator sebagai perangkat pendingin mesin sangat berperan. Buka tutup perangkat ini. Bila cairan berkuberkurang, segera tambah. Bila tidak ada cairan coolant, Anda boleh menambahkan air minum dalam kemasan. Namun sangat disarankan untuk mengganti cairan itu. Pasalnya,
selama menempuh perjalanan jauh, cairan mendidih dan bereaksi dengan sel-sel di dalam radiator. Pada saat mencapai titik didih tertinggi, bisa saja unsur-unsur  yang ada di air atau cairan coolant bereaksi secara kimiawi dan membentuk partikel baru.

6. Bagian Kaki-kaki
Selama menempuh perjalanan mudik, bagian ini menyangga beban yang cukup berat sehingga kondisinya sangat rawan menurun. Komponen yang wajib Anda periksa atau diperbaiki dan bila perlu diganti adalah tie-rod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker. Tanda bantalan roda sudah aus, saat mobil melaju menimbulkan suara mendengung yang makin lama makin keras. Bila Anda mendengar suara seperti itu, segera ganti peranti ini dengan yang baru. Pasalnya, peranti ini berhubungan dengan kestabilan saat berkendara.

7. Periksa Ban
Berbarengan dengan pemeriksaan atau penggantian komponen di bagian kaki-kaki, sebaiknya Anda juga memeriksa kondisi ban. Pastikan baut roda masih kencang dan tidak membahayakan.Begitu pun tekanan angin.Anda tidak perlu menggantinya bila kondisinya masih bagus. Namun satu hal yang wajib Anda lakukan adalah melakukan spooring dan balancing roda.Pasalnya, ini tidak hanya berguna untuk menjaga kondisi ban agar tetap awet, tapi juga untuk menjaga kestabilan mobil saat dikemudikan.

8. Bersihkan Bodi dan Kabin
Sebaiknya Anda juga membersihkan bagian eksterior atau bodi serta kolong mobil maupun bagian interior. Anda bisa mencuci sendiri di rumah.Namun,untuk memastikan bagian kolong bersih, sebaiknya bawalah ke tukang cuci mobil. Kotoran yang menempel di bodi maupun kolong tidak hanya mengganggu tampilan, tapi juga berpotensi menjadi karat. Bila Anda membersihkan bagian interior,  jangan lupa membersihkan kisi-kisi peranti penyejuk udara (AC), panel pintu, dan lainnya.

Sumber : Koran tempo

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP