Powered by Blogger.

Tuesday, 31 August 2010

PERSIAPAN AGAR SEHAT-BUGAR SAAT MUDIK


1. Siapkan Bekal Pengusir Bosan
Obat mujarab penghilang rasa bosan adalah permainan, lagu-lagu, atau film. Sudah “lumrah” kalau orang mudik bisa terjebak di jalanan hingga berjam-jam. Orang jadi “terpaksa” di dalam mobil. Mau keluar dari mobil belum pasti ada  tempat yang nyaman karena mungkin berada di pinggir belantara atau tempat
berdebu. Apalagi bagi Anda yang bertugas menjadi sopir, jelas-jelas tidak bisa meninggalkan mobil kala lalu lintas jalan macet.

Parahnya lagi, lamanya saat terjebak bisa berjam-jam. Kadang kala jarak yang biasanya bisa ditempuh dalam 12 jam membutuhkan waktu lebih dari 24 jam untuk  menempuhnya. Untuk itu, siapkan berbagai peralatan dan perbekalan yang bisa mengusir rasa bosan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Pastikan  lagu-lagu favorit Anda dan masing-masing anggota keluarga ada di dalam rak CD mobil.

Dengan teknologi digital, Anda tidak perlu membawa ratusan dus berisi lagu favorit. Ini jelas membantu, bukan? Bahkan Anda bisa membawa film favorit. Lebih-lebih bila anak Anda baru bisa diam setelah melihat film kartun  favoritnya, sudah pasti film tersebut dibawa serta.

Selanjutnya, Anda menyiapkan permainan-permainan simpel tapi ampuh untuk mengusir kebosanan. Misalnya tebak-tebakan. Sudah banyak beredar buku tebak-tebakan atau kumpulan humor. Bacakan saja, pasti perjalanan jadi menyenangkan. Soal permainan ini, Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengumpulkan tebak-tebakan sejak dari sekarang. Jadi nanti setiap orang wajib memberi tebakan.Pasti seru.

2.Bekal Buah di Perjalanan

Sayur dan buah-buahan alami tanpa menggunakan campuran apa pun sejak zaman dulu sudah diakui manfaatnya. Selain memiliki kandungan zat gizi yang tinggi, seperti vitamin dan mineral, buah kaya serat dan fitokimiayang amat berguna  bagi kesehatan. Zat fitokimia dapat menetralkan racun obat dan karsinogen  dengan jalan menetralkan radikal bebas.

Selain itu, kandungan air dalam buah-buahan cukup tinggi sehingga baik dijadikan bekal selama dalam perjalanan mudik. Buah yang mengandung vitamin A, misalnya, berfungsi mempertahankan kesehatan mata, struktur kulit, rambut, dan gigi. Buah yang mengandung vitamin A bisa didapat dari buah-buahan berwarna  kuning atau oranye, seperti wortel, tomat, labu kuning, pepaya, dan mangga.

Sedangkan vitamin C, yang dibutuhkan untuk daya tahan tubuh, selain bermanfaat sebagai antioksidan, membantu menjaga kesehatan gusi dan kulit. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C di antaranya jambu biji, jeruk, tomat, dan Sirsak.

Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar. Namun, demi praktisnya, boleh saja dikonsumsi dalam bentuk jus siap minum. Dengan mengkonsumsi jus, asupannya pun relatif lebih banyak dibanding buah potong.

3.Siapkan Daftar Nomor Kontak Darurat
Salah satu persiapan yang perlu dilakukan menjelang mudik adalah antisipasi keadaan darurat. Namanya sedang dalam perjalanan jauh, tentu ada banyak  kemungkinan dan hambatan yang bisa terjadi kapan dan di mana saja. Salah satu  hal kecil yang bisa dilakukan sejak dari sekarang namun sangat penting adalah  daftar nomor telepon penting saat keadaan darurat.

Selain nomor yang memang harus ada, seperti nomor telepon polisi, rumah sakit, dan bengkel langganan Anda, ada beberapa nomor yang rasanya perlu Anda  miliki. Salah satunya adalah saudara atau kerabat terdekat yang diperkirakan Anda lewati selama mudik Lebaran. Selain bisa menghubunginya, Anda bisa meminta bantuan atau berjaga-jaga bila menghadapi keadaan darurat di sekitar daerah kawan atau kerabat Anda itu.

Khusus untuk pemudik yang menggunakan mobil, sangat perlu memiliki nomor  telepon asuransikendaraan, bengkel, atau perwakilannya yang mungkin Anda lewati selama perjalanan. Satu hal yang perlu dilakukan adalah membuat salinan nomor telepon tersebut di buku khusus atau lembaran khusus. Saat ini teknologi telepon seluler, PDA, atau komputer jinjing sudah sangat maju dan memadai untuk  keperluan sederhana semacam nomor telepon. Tapi apa jadinya bila peralatan digital tersebut ngadat. Entah karena baterainya habis atau kecelakaan lainnya, hilang misalnya. Pada saat semacam itulah catatan Anda dalam bentuk tulisan  tangan akan sangat berguna

4. Perbanyak Kegiatan Rohani 
Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan turut berbondong-bondong bersama jutaan orang memadati jalan menuju kampung halaman. Mudik memang sudah jadi budaya sehingga diandaikan setiap orang “wajib” mengikutinya.

Mudik telah jadi peristiwa kultural. Kalau Anda memang sudah menetapkan hati untuk mudik, rangkaian pertanyaan berikut ini barangkali jadi sekadar alat  bantu menyadari setiap kesulitan dan halangan yang menghadang. Tetapi, kalau  sedang dalam posisi bimbang, antara ya dan tidak, rangkaian pertanyaan berikut
bisa menjadi sedikit panduan untuk mengambil keputusan.

Pertama kali yang harus dipikirkan adalah apakah Anda mudik sendirian atau bersama pasangan dan anak? Kalau sendiri dan kebetulan Anda bujangan, tentu tidak terlalu repot. Tapi kalau membawa anak, lebih-lebih berusia di bawah lima tahun, pikirkan kembali rencana mudik dengan cara “selip sana-selip sini”.

Risiko berdesak-desakan memang bisa dikurangi dengan membeli tiket kelas VIP, yang tentunya sudah selangit harganya.Kedua, apakah Anda sudah mempersiapkan mudik kali ini jauh-jauh hari? Misalnya tiket sudah dipesan beberapa bulan sebelumnya atau sudah mempersiapkan kendaraan untuk mudik, penginapan dan hotel, serta telah mempersiapkan dana  yang cukup untuk mudik nyaman bersama keluarga? Kalau semuanya sudah terjawab,berarti mudik Anda dipastikan lebih nyaman daripada jutaan pemudik lainnya.

Jika mudik memang harus berdesak-desakan dan habis waktu di jalan, sebaiknya persiapkan jauh-jauh hari untuk mengurangi ketidaknyamanan di sepanjang perjalanan

Sumber : Koran Tempo

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP