Powered by Blogger.

Tuesday, 20 July 2010

Nissan Grand Livina 1.5 SV 2010


Setiap orang mengidamkan kendaraan yang nyaman namun harga terjangkau. Irit bahan bakar juga jadi salahsatu bahan pertimbangan utama.

Nissan Grand Livina adalah sebuah fenomena. Medium MPV yang
diluncurkan tiga tahun lalu ini penjualannya tetap stabil dan memenuhi target. Untuk tetap mempertahankan pangsa pasar,PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan Grand Livina 1.5 Manual pada November 2009.

Dipasarkannya  varian baru dari Grand Livina ini bertujuan tidak hanya untuk memberikan pilihan tambahan bagi customer, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan pasar yang menginginkan mobil dengan harga yang kompetitif tetapi bisa memberikan kenyamanan, dan penggunaan bahan bakar yang efisien.

Kebutuhan itu kini bisa didapatkan di Grand Livina 1.5 Manual dengan harga Rp 165,5 juta on the road untuk wilayah Jakarta. Harga diluar kota tergantung dari fitur- fitur yang ditambahkan oleh dealer.

Lantas, apa yang membedakan varian baru ini dengan Grand Livina 1.5 lama? Model baru facelift ini telah dilengkapi wiper belakang, takometer, dan sandaran kepala di bangku baris kedua dan tersedia dalam 5 pilihan warna: black sapphire, grey metallic, light green metallic, diamond silver metallic, dan orange metallic.

Kehadiran Grand Livina 1.5 SV menjadikan MPV medium 7 penumpang ini memiliki varian lengkap . Mulai dari yang top grade dengan fitur terlengkap dan termewah hingga varian dengan harga lebih terjangkau, tetapi tetap dengan kenyamanan, kemewahan yang sesuai dengan standard Nissan. Juga tentunya irit bahan bakar.

“Grand Livina 1.5 Manual khusus kami hadirkan guna memenuhi permintaan pasar dan memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Kami berharap,kehadiran Grand Livina 1.5 Manual merupakan pilihan yang tepat sesuai kebutuhan pasar karena harganya yang lebih terjangkau,” kata Teddy Irawan, Vice President Director Sales & marketing NMI.

Walau kini banyak MPV 7-penumpang yang dipasarkan, tidak mempengaruhi penjualan Grand Livina karena line-up Livina family sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. “Inilah yang memicu kami untuk memasarkan Grand Livina
1.5 Manual,” kata Teddy.

Grand Livina dirancang khusus untuk pasar Indonesia. Selain desain eksteriornya yang modern dan elegan, desain interiornya juga mewah dan berkualitas, dapat mengakomodasi kebutuhan konsumen yang beragam. Pengaturan tempat duduk sangat mu-dah dan praktis, dengan tujuh posisi. Grand Livina telah menggunakan struktur monocoque body sehingga membuatnya lebih lincah dan lebih ringan, lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Grand Livina tetap nyaman pada saat melalui jalan yang tidak rata atau perjalanan jauh. Ini karena Grand Livina menggunakan suspensi McPherson Strut untuk roda depan dan torsion beam untuk roda belakang serta bodi monokok untuk kenyamanan maksimal pada saat berkendara. Yang juga khas di Grand Livina adalah ripple control di suspensinya. Teknologi yang dikembangkan Nissan ini berfungsi untuk meminimalisasi guncangan di dalam kabin dan ayunan body di luar, sehingga para penumpang di semua tempat duduk dapat tetap merasa nyaman walaupun melalui jalanan dengan kondisi buruk.

Posisi air intake (saluran udara masuk) pada mesin cukup tinggi. Ini memungkinkan Grand Livina 1.5 Manual dapat terus melaju melintasi bajir yang airnya sejajar dengan batas roda, karena posisi high air intake terletak di atas gril. Biaya perawatan dan servis Grand Livina rendah yakni Rp 397/km (untuk pemakaian normal selama 5 tahun atau 100.000 km).

Perhitungan ini disusun berdasarkan total harga dari tabel normal periodic maintenance yang di keluarkan oleh Nissan selama pemakaian 100.000 km ditambahkan dengan pemakaian bahan bakar selama 100.000 km sesuai dengan konsumsi BBM yang pernah dikeluarkan oleh pihak ketiga (Autobild).

Ada beberapa asumsi yang digunakan. Pertama, pemakaian 10.000km setiap 6 bulan.Kedua, harga spareparts yang digunakan sesuai dengan harga pada saat perhitungan ini dilakukan.Ketiga, pemakaian kendaraan yang normal atau onroad tidak melebihi rambu batas kecepatan di jalan raya tanpa mengurangi tingkat kenyamanan berkendara.Keempat, asumsi fuel consumption Grand Livina 1.5 SV adalah 1 lt = 13.9 km (berdasarkan data pihak ketiga). Kelima, pemakaian part sesuai dengan kondisi normal seperti tertera pada buku service.

Dari asumsi tersebut,perhitungan itu dijumlahkan secara total dan kemudian di bagi oleh 100.000 km sehingga diperoleh angka Rp 397/km.Jika Grand Livina digunakan selama 5 tahun maka didapatkan total biaya operasional Nissan Grand Livina hanya Rp 39.7 juta-an atau Rp 397 Rupiah/ KM.

Sejak diiluncurkan secara resmi di Indonesia pada April 2007 hingga saat ini,Grand Livina telah meraih 14 penghargaan dari berbagai media dan institusi.Penghargaan tersebut semakin mengokohkan image Grand Livina sebagai MPV terbaik di Indonesia.

Sumber : Koran Tempo

2 comments:

Anonymous,  10 July 2012 at 20:30  

informasi ini cukup baik utk org awam seperti saya ini , kalian kalo memang lebih mengerti cobalah menambahan saran2 nya sehingga lebih jelas, thx

Anonymous,  6 August 2014 at 12:17  

I'm extremely impressed with your writing skills as well as with the
layout on your blog. Is this a paid theme or did
you customize it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it is rare to see
a great blog like this one today.

Also visit my web site - temp recruitment agencies london

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP