Powered by Blogger.

Wednesday, 28 July 2010

GT Radial Champiro Eco

Isu ramah lingkungan seolah semakin lekat saja dalam berbagai produk. Tak terkecuali ban. Ya, itu pulalah yang mendorong pabrikan PT Gajah Tunggal Tbk menciptakan ban ramah lingkungan pertama di Indonesia. Peluncuran produk ban terbaru GT Radial Champiro Eco yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Mari E. Pangestu Juni lalu di Arena Pekan Raya Jakarta itu juga ditandai dengan diterimanya penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai ban ramah lingkungan pertama yang diproduksi di Indonesia.

GT Radial Champiro Eco merupakan ban generasi baru berkualitas tinggi yang telah diproduksi  menggunakan teknologi Nanotek Silica. Dengan rolling resistance yang lebih rendah, ban Champiro  Eco akan mampu mereduksi beban kerja mesin. PT Gajah Tunggal Tbk juga mengembangkan ban ini dengan menggunakan kompon khusus yang sanggup mengintegrasikan daya cengkeram, keheningan, dan gesekan yang rendah secara lebih optimal,  sekaligus memberi dampak penghematan bahan bakar dan emisi gas buang.Sebagai produsen ban bermerek nasional GT Radial, PT Gajah Tunggal Tbk juga mencatat berbagai prestasi sebagai pengekspor ke lebih dari 85 negara di dunia,termasuk memenuhi persyaratan tingkat kebisingan produk ban yang dipasarkan di sejumlah negara di Eropa.

Itu pula yang menjadi perhatian dan harapan pemerintah Indonesia terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan. ”Perusahaan domestik yang hendak menjual produknya ke pasar lokal harus mengantisipasi dari sisi ramah lingkungan. Demikian juga produk yang dipasarkan di dalam negeri. Ban GT Radial Champiro Eco lebih tahan lama dan dapat menghemat bahan bakar sehingga mengurangi emisi CO2. Itu termasuk program pemerintah dalam mengurangi emisi CO2 26% pada 2020,” jelas Mari E. Pangestu Menteri Perdagangan Mari E. Pangestu juga mengajak para eksportir untuk terus melakukan inovasi dari sisi standar dan kualitas produk yang lebih baik. Upaya itu berkaitan  sebagai langkah mengantisipasi meningkatnya standar produk di berbagai pasar ekspor, termasuk produk ban. “Masalah standar dan ramah lingkungan sudah menjadi bagian dari tuntutan pasar ekspor, khususnya negara-negara Eropa yang menjadi tujuan ekspor.

Dengan produk ban yang mampu menembus pasar ekspor ini, menunjukkan bahwa merek Indonesia
antisipatif terhadap tuntutan standar ramah lingkungan tersebut," ujarnya. Tampilan ban Champiro Eco akan langsung terlihat perbedaannya, terutama pada kembangannya yang menarik dan berkesan “sporty”. PT Gajah Tunggal Tbk menyediakan produk Champiro Eco mulai dari ukuran 13 hingga 16  inchi yang banyak digunakan kendaraan di Indonesia. Menariknya lagi, harganya pun sangat terjangkau, yakni mulai di kisaran Rp 300 ribuan hingga Rp 800 ribuan."Dengan harga yang terjangkau dan memiliki performa yang tinggi, saya berharap ban Champiro Eco ini bisa menjadi sumbangan positif bagi perkembangan industri otomotif nasional dan juga dunia,sekaligus bentuk komitmen perusahaan dalam membantu mengurangi emisi karbon dan juga efek pemanasan global,"ungkap Buddy Tanasaleh, Wakil Presiden Direktur PT Gajah Tunggal Tbk.

Di ajang IIMS ke-18 yang digelar dari tanggal 23 Juli sampai 1 Agustus 2010, PT Gajah Tunggal  Tbk juga meluncurkan produk ban Ultra High Performance terbarunya GT Radial Champiro HPY SUV. Ban Ultra High Performance dengan desain asymmetric yang juga dirancang dengan Teknologi Nanotek Silica dalam proses pembuatan komponnya,sehingga ban ini juga merupakan ban ramah lingkungan karena memiliki keunggulan rolling resistance yang rendah dan berdampak dalam pemakaian bahan bakar kadar CO2 yang lebih rendah, performa yang optimal di lintasan basah maupun kering, baik di jalur lurus maupun tikungan. Champiro HPY SUV memiliki speed rating ”V”, “W” dan “Y”, sehingga masuk dalam kategori ban “Ultra High Performace” yang dapan dipacu dengan aman diatas kecepatan 240 km/jam.

Alur asimetrisnya yang memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan telah memenuhi standar Euro Mark IV dan telah diuji TUV Nord di Jerman. Demikian pula dengan empat groove (alur) ban sejajar yang lebar membuat pembuangan air lebih sempurna, sekaligus mencegah efek aquaplaning. Ban Champiro HPY SUV memiliki center rib yang solid untuk menjamin stabilitas dan respon kemudi  yang baik.Ban SUV berperforma tinggi ramah lingkungan ini tersedia dalam tujuh ukuran antara lain 225/65 R 17 yang cocok untuk Honda CR-V dan NissanX-Trail, 235/55 R 18 yang sesuai untuk Toyota Harrier, serta 255/45 R 20 yang dapat digunakan untuk berbagai SUV kelas atas ini juga  memiliki steel belt ganda yang akan memperkuat area tapak ban, sekaligus mengoptimalkan traksi,  serta meningkatkan kemampuan ban saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

PT Gajah Tunggal Tbk sejak lama telah dikenal sebagai produsen ban berkualitas untuk mobil penumpang, kendaraan komersial, dan sepeda motor. Sejumlah tipe ban yang diproduksi perusahaan ban terbesar di Asia Tenggara ini, telah menjadi Original Equipment Manufacture (OEM) dari  sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek terkemuka. PT Gajah Tunggal Tbk juga telah memakai teknologi maju yang ramah lingkungan dalam memproduksi ban GT Radial.

Sumber : TEMPO

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP