Powered by Blogger.

Wednesday, 7 July 2010

ALL NEW CHEVROLET SPARK 1,2 LT MT


Konsep eksterior dan interior berbeda dari city car kebanyakan.
Saya mau cari mobil yang kecil,enggak makan banyak tempat buat parkir,tapi lega,irit,yang pasti enggak mahal.”Seorang teman membuka pembicaraan awal pekan ini.“Oh ya,penampilannya juga harus oke,”dia menambahkan.Beberapa kriteria yang disebutkan teman itu dan entah berapa banyak lagi kriteria bagi yang lain—kerap kita dengar jika seseorang ingin membeli mobil.

Ya,memang tidak salah.Calon pembeli tentu menginginkan sebanyak mungkin kriteria yang dibutuhkannya untuk sebuah kendaraan.Tapi tentu tidak bisa semuanya. Nah,PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI) punya satu pilihan terbaru: All New Chevrolet Spark.

Kecil.Pasti,Spark masuk segmen city car yang saat ini dihuni KIA Picanto,Suzuki Karimun Estilo,dan Hyundai i10.Dengan dimensi (panjang x lebar x tinggi) hanya 3.640 x 1.597 x 1.551 milimeter,kategori kecil dan tidak banyak makan tempat untuk parkir sudah terpenuhi.

Meski masuk mobil kompak,Spark yang menampung lima penumpang ini punya sumbu roda 2.375 mm sehingga mampu menciptakan ruang kaki lapang.Chevrolet mengklaim All New Chevrolet Spark memiliki bagasi 170 liter (jika tempat duduk terpasang) dan maksimal 994 liter (jika bangku belakang dilipat).Nah,kategori lega sudah masuk.

Bagaimana dengan harga? “Harga All New Spark Rp 139 juta (on the road Jakarta).“Kami berharap bisa bersaing di segmen ini,”kata Mukiat Sutikno,Managing Direc-tor PT GMAI.Terjawab,kan?

Tampilan luar mobil kota ini penuh gaya.Khususnya grille depan berbentuk twin port yang menjadi konsep identitas desain terbaru Chevy,fenderroda,dan sapuan bagian pinggul.Desain unik juga ditemukan pada bentuk dan posisi pegangan pembuka pintu belakang yang berada pada bingkai atas belakang jendela.Pegangan pintu tidak lagi berada pada bagi-an pintu.Sepintas All New Chevrolet Spark tampak seperti  mini hatchback dua pintu.Sedangkan bagian belakang digunakan spoiler di atas dan desain lampu belakang berlensa oval ganda unik.

Interior menghadirkan suasana lebih menarik karena desain dasbor yang futuristik dengan perpaduan warna hitam plus sentuhan merah di beberapa titik.Cukup menarik, tachometer dan speedometer digital yang unik terpisah dari dasbor dan menempel di atas kemudi.Nah,satu jawaban lagi. Masih ada satu kriteria,yaitu performa. All New Chevrolet Spark dipersenjatai mesin S-Tech II DOHC with Port Deactivation,1,2-liter,4-silinder,16 katup,yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 82 ps pada 6.400 rpm dengan torsi maksimum 108 ps pada 4.800 rpm.Cukup oke untuk mobil dengan mesin 1,2 liter.

Untuk sementara ini,GMAI baru menawarkan Spark dengan transmisi tipe manual 5 percepatan.Mukiat mengatakan,model semi-otomatis tengah dipersiapkan GMAI.
Mukiat menambahkan yakin Spark terbaru ini akan diminati konsumen nasional sama seperti model-model Chevrolet lainnya yang sudah ada,seperti Captiva, Aveo,Optra Magnum,Kalos,dan Cruze,“Saya optimistis Spark ter baru akan mengambil porsi dominan di kelasnya di Indonesia.Mobil ini siap bersaing dengan kompetitor yang ada saat ini,”katanya.

Terakhir,unit yang diboyong masuk ke Indonesia secara utuh (CBU) dari Korea Selatan ini ditawarkan dalam delapan pilihan warna:  carbon flash metallic,switch silver metallic, Morocca blue metallic, green cocktail metal lic, ice teal metallic, coconut champagne metallic, misty lake metallic, super red,dan olympic white.


SPESIFIKASI
Mesin: S-Tech II DOHC 4 cylinder inline 16V with Port Deactivation
Kapasitas:  1.206 cc
Tenaga maksimum:  82 ps @ 6.400 rpm
Torsi maksimum: 108 Nm @ 4.800 rpm
Transmisi: 5-speed manual
Suspensi: McPherson strut (depan); Torsion beam (belakang)
Rem: Ventilated disc (depan); Drum (belakang)
Ban: Alloy 155/70 R14
Dimensi (p x l x t): 3.640 x 1.597 x 1.551 mm
Wheelbase: 2.375 milimeter
Berat: 1.367 kg
Ground clearance: 132 milimeter
Turning Radius: 5 meter
Harga: Rp 139 juta

Sumber : Tempo Juli 2010

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP