Powered by Blogger.

Thursday, 3 June 2010

JEEP GRAND CHEROKEE 2011


BODI lebih ramping,mesin makin kecil,tapi performanya justru makin tangguh. Inilah reinkarnasi terbaru Jeep Grand Cherokee yang siap rilis bulan depan.

Ketika menyapa pasar pada awal 1990-an, Grand Cherokee adalah simbol mid-size SUV bongsor dengan mesin besar dan boros. Dengan isu ramah lingkungan dan irit bahan bakar yang terus dikampanyekan di setiap pameran automotif dunia,Chrysler pun berbenah.

Muncul perdana di New York Auto Show 2009, Grand Cherokee terbaru tampil lebih premium dan stylish. Desainnya meninggalkan model WK yang kaku.Namun,lebih mengidentikkan pada varian SRT 8 (Street and Racing Technology V8) yang lebih modern dan kental unsur sport.

Bedanya, versi terbaru ini lebih banyak dipermak dengan nuansa premium, tidak terlihat galak. Di bagian depan, grill lebar dibalut sentuhan krom berbentuk persegi yang jadi ciri khas Grand Cherokee.Garis dan lekuk bodinya lebih slim,tapi juga tegas dan tajam. Kaki kakinya terlihat lebih kokoh dengan pilihan velgdari 18 hingga 21 inci.

Seperti generasi sebelumnya, Grand Cherokee terbaru masih menggunakan sasis baja Uniframe.Ditunjang oleh bodi yang kokoh,selain meningkatkan durabilitas,juga mengurangi getaran dan suara dari luar.Perombakan utama juga ada pada dapur pacu. Mesin 3.6-liter V-6 Pentastar menggeser mesin 3.7L and 4.7L PowerTech yang digunakan di versi WK Grand Cherokee sebelumnya.

Klaim Chrysler, mesin ini lebih halus dibandingkan kompetitornya dari Toyota, Honda, maupun GM.Juga,disebut 11% lebih irit dengan perbandingan 1:10 di jalan tol.Tenaganya sebesar 290 dk,juga diklaim lebih besar dibandingkan pesaing seperti Toyota Highlander,Honda Pilot, dan GMC Acadia.

Namun, yang lebih memanjakan pengemudi saat menginjak pedal gas lebih dalam adalah torsinya yang ”menyalak”, yakni 353 Nm pada 4,800 rpm.Ketika gas dipijak lebih dalam,torsi maksimum diraih pada RPM 1.600 hingga 6.400. Bisa dibilang mobil ini bak singa yang siap menerkam mangsanya.Soal kenyamanan dan keasyikan mengemudi di medan yang tidak rata, bahkan terjal, Chrysler membekali Grand Cherokee terbaru ini dengan suspensi independen depan dan belakang yang memiliki rangka cradle yang terpisah.Dikombinasikan dengan sasis yang didesain lebih rigid,pengemudi tak hanya lebih nyaman, potensi roll over juga dapat diminimalkan.

Tentunya, seperti juga SUV keluaran terbaru,Grand Cherokee tak luput dari sentuhan berbagai teknologi canggih yang membuat kegiatan mengemudi jadi lebih mengasyikkan.Di panel dasbor, pengemudi dapat mengakses menu Selec-Terrain untuk menyesuaikan medan seperti apa yang sedang dilalui.Arahkan tombol ke mode Sand/Mud,maka pengemudi akan mendapat traksi yang besar.Untuk mode Sport,roda belakang akan lebih bertenaga, cocok untuk berakselerasi.

Jika hanya mengemudi santai di jalanan,arahkan saja ke mode otomatis. Pilihan lainnya ada mode Snow hingga Rock yang memungkinkan suspensi bisa naik hingga 25 cm.Luar biasa!Fitur ini masih ada kaitannya dengan sistem teknologi 4WD terbaru yang mereka labeli dengan Quadra-Trac I, Quadra-Trac II,Quadra-Drive II,dan Quadra-Lift.Yang jelas, setiap menu yang dipilih pengemudi punya pengaruh besar dalam kontrol traksi,pengereman, suspensi, akselerasi,pergantian gigi,dan stabilitas.

Tentu saja pengguna Grand Cherokee tak hanya menggunakan mobilnya untuk bermain lumpur atau menjajaki medan berbatu. Dalam keseharian, mereka juga butuh unsur fun. Karena itu,Chrysler membekali sederet fitur hiburan dan multimedia, serta penunjang kenyamanan yang sangat memadai.Begitu duduk di dalam, pengemudi akan merasakan dasbor yang sporty dan kokoh. Sentuhan interiornya detail, menggunakan material premium.Sentuhan kayu dan krom pun mendominasi.Roda kemudi sudah berbalut kulit dengan kontrol audio, menegaskan kesan mewah. Lapisan kulit ditemukan juga di jok baris pertama dan kedua.Ukuran interior juga makin luas.Dengan kargo belakang lebih besar 17%,sementara leg room juga 10 cm lebih lebar. Kamera di belakang menjamin kenyamanan parkir.

Ada pula alat navigasi, wiper yang sensitif terhadap hujan, kontrol suhu otomatis, keyless entry, serta pendeteksi blind-spot/rear cross-path. Sebagai mobil yang digunakan di medan berat, keamanan jelas jadi faktor utama.Grand Cherooke sudah dibekali fitur keamanan seperti electronic stability control (ESC) yang mencegah over steer atau understeer saat menikung,electronic roll mitigation (ERM) agar tidak mudah terbalik,four-wheel anti-lock brake system (ABS), serta brake
traction control system (BTCS).


Sumber : Koran Sindo

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP