Powered by Blogger.

Tuesday, 4 May 2010

Bajaj Pulsar 135 LS


Ingin berkendara irit untuk kerja sehari-hari, tapi tetap tampil gagah dengan motor sport? Sepeda motor yang satu ini bisa jadi pilihan: Bajaj Pulsar 135LS. Betapa tidak tidak. Sepeda motor pabrikan India ini diklaim oleh pemegang mereknya—PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) mampu menempuh jarak 65 kilometer hanya dengan satu liter bensin. Angka ini bahkan lebih irit ketimbang sepeda motor bebek dan skuter matik yang rata-rata hanya menempuh 40 kilometer dengan seliter bensin. Malah, harga sepeda motor sport ini pun bersahabat kantong. Hanya Rp 14,7 juta (on the road Jakarta).


Pulsar 135LS (light sport) memang didesain untuk mengakomodasi keinginan konsumen yang ingin mempunyai sepeda motor sport, tapi dengan karakter yang lebih user friendly. Banyak orang menganggap bahwa mengendarai sepeda motor sport identik dengan beberapa kesulitan, seperti berat, tidak lincah, dan boros. “Makanya,kami meluncurkan Pulsar 135LS yang sesuai dengan kondisi perkotaan, karena lebih ringan, efisien bahan bakar,dan cukup lincah untuk bermanuver,” ujar Vaibhav Gupta, Marketing & Customer Satisfaction General Manager BAI.

Meski irit dan ringan, sepeda motor ini tetap mengadopsi ciri khas sport, yakni mampu menghasilkan tenaga besar, hingga 13,5 daya kuda pada putaran 9.000 rpm. Ini karena Pulsar
135LS mengandalkan mesin 135 cc dengan empat klep yang menggunakan dua busi. Hasilnya, meski mesinnya hanya 10 cc di atas Bajaj 125 XCD,adiknya, tenaga Pulsar terbaru ini lebih besar tapi tetap irit bahan bakar. Kecepatan 100 kilometer per jam diklaim bisa ditempuh hanya dalam 5 detik, sedangkan kecepatan maksimumnya mampu menembus 115 kilometer per jam.

Tampilannya pun dibuat sporty. Lihat saja penggunaan jok pengemudi dan pembonceng yang terpisah layaknya Pulsar 200. Begitu pula posisi stang jepit yang rendah, lampu depan model berlian, lampu sen yang tajam,juga lampu rem LED. Kesan futuristik ditambahkan dengan speedometer digital dan takometer analog yang mudah dibaca. Sayangnya, ada sedikit hal yang mengganjal. Spatbor belakang yang menutup hampir seluruh ban memang berfungsi menahan air dan kotoran, tapi terlihat kurang sporty.


Dengan karakter dan spesifikasi seperti itu, Pulsar 135LS membuka segmen pasar sepeda motor baru di Tanah Air, yakni sepeda motor sport bermesin 135 cc. Sebelumnya, hanya ada sepeda motor sport bermesin 125 cc dan 150 cc. Namun di pasar tampaknya Pulsar 135LS akan bersaing dengan Suzuki Thunder.Lalu bagaimana karakter Pulsar 135LS saat ditunggangi? Meski secara bentuk dan desain mirip Pulsar 180 atau 200, duduk di atas jok Pulsar 135LS terasa tak jauh beda dengan duduk di Bajaj 125 XCD. Ukurannya yang tak terlalu lebar membuatnya cukup nyaman diduduki. Posisi injakan kaki yang tidak terlalu mundur juga membuat posisi duduk jadi santai layaknya naik sepeda motor bebek. Yang terakhir ini agak kurang pas dengan posisi stang yang rendah ala sepeda motor sport.

Saat dihidupkan suara mesinnya halus, berdesis khas Pulsar. Soal gear position, sama dengan sepeda motor sport pada umumnya. Gigi satu injak ke bawah depan, dua hingga lima diungkit ke atas. Ini berbeda dengan Bajaj 125 XCD yang posisi giginya persis bebek, yakni dari gigi satu sampai empat diinjak ke bawah depan semua. Begitu dikendarai, mesin terasa cukup responsif untuk kelas mesin 135 cc. Mesin seukuran itu dengan teknologi DTS-i 4 katup dengan busi gandanya mampu menghasilkan tenaga 13,5 hp di 9.000 rpm dengan torsi 11,4 Nm pada 7.500 rpm. Terasa lincah dan stabil kala diajak bermanuver di jalan.Apalagi, bobot sepeda motor ini cuma 122 kilogram. Berkendara di kecepatan tinggi pun tak jadi halangan mengingat rem gabungan cakram di depan dan tromol di belakang cukup andal untuk menghentikan laju kendaraan saat dibutuhkan.

Motor ini juga cukup empuk saat melaju di jalan mulus maupun sedikit berlubang. Itu karena kaki-kaki Pulsar 135LS menggunakan garpu teleskopik dengan pelapis antigesek di depan dan
suspensi NitroX di belakang. Sistem suspensi ini dipadu ban ukuran 2,75 x 17 di depan serta
100/90 x 17 di belakang. Jika Anda tertarik untuk memilikinya, Anda hanya bisa memilih satu dari dua warna yang ditawarkan, yakni hitam dan merah. Pihak BAI mengaku Pulsar135LS memang sengaja cuma dihadirkan dalam dua pilihan warna.“Memang berbeda dibanding Pulsar lainnya yang hadir dalam berbagai pilihan warna, Pulsar 135LS cuma kami sediakan dalam warna merah dan hitam,” kata Asisten Marketing Manager BAI Rizal Tanjung di sela peluncuran Bajaj Pulsar 135LS di Hotel Mulia, Jakarta.

Lepas dari itu semua, dengan berbagai keunggulannya, BAI menaruh harapan besar pada kehadiran Pulsar 135LS. Tak tanggung-tanggung, pemegang merek sepeda motor Bajaj ini menargetkan penjualan motornya hingga dua kali lipat dibanding tahun lalu. Menurut Rizal, tahun lalu BAI mencatatkan penjualan sebanyak 11.954 unit untuk seluruh model Bajaj yang ada “Tapi tahun ini kita targetkan dua kali lipat dari pencapaian itu, yakni sekitar 24 ribu unit,” ujar Rizal.

Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total pasar sepeda motor pada segmen sport sepanjang Januari hingga Agustus 2009 tercatat sebanyak 320.650 unit atau menguasai 8,6 persen dari total Di posisi pertama, Yamaha masih me mimpin segmen ini dengan angka pen jualan 140.899 unit. Setelah itu Honda (130.110 unit), Kawasaki (30.819 unit) dan Suzuki (18.822 unit).

Pilih Pulsar 135LS atau 125XCD?
Pada April silam, PT Bajaj Auto Indonesia (BAI) melun curkan varian Pulsar terbarunya, yaitu Pulsa 135LS. Akankah kehadiran sepeda motor sport ringan ini mengganggu pasar Bajaj 125XCD yang sudah lebih dulu hadir? Bisa ya dan bisa tidak. Pasalnya, kedua sepeda motor ini memang punya beberapa kemiripan. Lihat saja, kapasitas mesin keduanya hanya terpaut 10 cc. Harganya pun tak jauh berbeda. Pulsar 135LS hanya lebih mahal Rp 1,2 juta ketimbang 125XCD, yang dibanderol seharga Rp 13,5 juta on the road. Menanggapi hal itu, Asisten Marketing Manager BAI Rizal Tanjung menegaskan bahwa kehadiran Pulsar 135LS bukan untuk melengserkan Bajaj 125XCD. Kedua sepeda motor sport ini, menurut dia, punya target pasar berbeda. Bajaj 125XCD ditujukan kepada mereka yang menginginkan sepeda motor sport irit BBM. “Sedangkan Pulsar 135LS lebih untuk yang mereka yang gemar sepeda motor sport tapi nyaman di-pakai  sehari-hari. Jadi keduanya punya pasar sendiri-sendiri,” ucap Rizal.

Pihak BAI juga menegaskan, 135LS ini merupakan sepeda motor light sport yang membuka segmen baru di kelas sepeda motor sport Tanah Air, karena belum ada motor sport yang bermesin 135 cc sebelumnya. Bajaj 125XCD lebih dikenal sebagai sepeda motor irit BBM. Bahkan motor ini sudah tercatat dalam MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) sebagai motor teririt di Indonesia. Rekor itu tercipta pada pertengahan Februari 2009 lewat kompetisi adu irit di Sirkuit Sentul.

Waktu itu, hanya dengan satu liter bensin, Bajaj 125XCD mampu menempuh jarak hingga 104 kilometer“ Sedangkan Pulsar 135LS diklaim BAI mampu menempuh 65 kilmeter dengan seliter bensin. Tapi tampilan lebih sporty ketimbang 125XCD.Nah, mana yang Anda pilih, itu keputusan Anda.

Sumber : Koran tempo

1 comments:

Anonymous,  4 November 2011 at 21:10  

Gambar motor bajaj 135 LS-nya dengan kenyataanya kuk Gak Sama ya..?
apa bner itu gambar Bajaj Pulsar 135 LS...???

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP