Powered by Blogger.

Thursday, 29 April 2010

Teknologi Motor Empat Langkah Sejak 1894


Harga lelang Hildebrand & Wolfmüller sampai Rp 840 juta. Pembuat sepeda motor yang pertama tetap jadi misteri.Apa yang bakal terucap ketika Anda memasuki Bonhams,rumah lelang ketiga terbesar di Inggris,pada 25 April nanti? “Saya mene-mukan gudang sepeda motor tua paling sempurna,”demikian klaim juru bicara Bonhams.

Perusahaan ini akan melakukan lelang yang jadi bagian acara International Classic Motor Show di Stafford,Inggris.Sesumbar itu beralasan bagi pengoleksi sepeda motor tua.Maklum,salah satu barang yang dilelang adalah sepeda motor yang disebut-sebut pertama di dunia buatan perusahaan Hildebrand & Wolfmüller.

Diperkirakan sepeda motor produksi 1894 ini laku 40-60 ribu poundsterling atau Rp 560-840
juta. Menurut Bonhams,jika dana cekak,Anda dapat membeli replika Hildebrand &  Wolfmüller seharga 28-32 ribu poundsterling.Andaikata kantong kempis,ya,belilah buklet asli sepeda motor itu seharga 500-800 poundsterling atau Rp 7-11,2 juta.Mereka menyebutkan,harganya sepadan karena barangnya langka dan jadi incaran kolektor otomotif dunia.


Memang tak seorang pun tahu berapa banyak Heinrich dan Wilhelm Hildebrand memproduksi sepeda motor tersebut.Dua insinyur mesin uap dari Munich ini pada 1894 bergabung dengan Alois Wolfmüller,salah seorang pelopor penerbangan.Kerja sama ketiganya melahirkan Hildebrand & Wolfmüller,kendaraan pertama yang menerapkan  nama “sepeda motor”,atau “motorrad”,dalam bahasa Jerman.
Sepeda motor ini memiliki mesin empat langkah,berkapasitas 1.488 cc, twin cylinder,berpendingin air yang dapat menghasilkan 2,5 dk pada 240 rpm,dan bisa mencapai kecepatan tertinggi 30 mil per jam (mph).Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai.Roda belakangnya digerakkan langsung olehkruk as (crankshaft).

Mereka mengembangkan mesin ini dibantu mekanik Hans Geisenhof.Pada 1894,mereka mematenkan temuannya itu.Saat diperkenalkan,kendaraan ini jadi sensasi tersendiri.Ketiga pencipta itu lantas membuat rencana pengembangan dan pemasaran, termasuk membangun pabrik,serta memproduksinya di Munich.Mereka juga memberikan lisensi kepada sebuah perusahaan asal Prancis untuk memproduksi sepeda motor tersebut dengan  merek La Petrolette.

Sayang,publikasi yang berlebihan ternyata tidak klop dengan keandalannya.Pada awal 1897,ketika baru menyelesaikan 800-2.000 mesin,perusahaan ini runtuh.Termasuk yang di Prancis.Tak ayal,saat ini produk tersebut sangat langka.Bukan apa-apa,pada 1930,salah satu keluarga di Amerika Serikat membeli sepeda motor yang belum sempurna itu.

Pertanyaannya adalah,siapa sebenarnya yang pertama kali membuat sepeda motor? Jawabnya
bergantung pada siapa yang Anda tanya.Perdebatan seputar isu ini jadi berkepanjangan.
Sejumlah pihak memberikan penghargaan terhadap sepeda motor pertama buatan insinyur Jerman yang terkenal,Gottlieb Daimler.Bersama mitranya,Wilhelm Maybach,Daimler merintis pengembangan mesin pembakaran internal.Pada 1885,mereka memasang mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu.

Mesin diletakkan di bagian tengah antara roda depan dan belakang.Lantas mereka menghubungkan mesin tersebut dengan rantai ke roda belakang. Produk tersebut diberi nama Reitwagen atau riding cardan jadi sepeda mo-tor pertama di dunia.Maybach mencoba karyanya sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Necjar,dengan kecepatan 12 kilometer per jam.Mereka tidak menjual Reitwagen karena pemasangan mesin pada sepeda kayu merupakan bagian uji coba sebelum memasangnya pada kereta kuda.Kita tahu bahwa kereta kuda ini merupakan cikal-bakal lahirnya mobil.

Klaim lain datang dari Amerika Serikat.Sekitar 1867—jauh sebelum Daimler—Sylvester  Roper,seorang inovator Amerika dari Roxbury,Massachusetts,menunjukkan “sepeda roda tiga”,yang didorong mesin uap dan dikendalikan oleh cengkeraman katup simpul.

Roper meletakkan penemuan itu ke dalam skala produksi,tapi Smithsonian,yang memiliki produk Roper sejak 1956,tidak membuat klaim soal itu.Sejumlah pihak juga menilai klaim Roper gugur karena berkaitan dengan MESIN steam engine.

Britain’s Science Museum menyebut karya ciptaan Pierre Michaux buatan 1868 sebagai sepeda motor pertama di dunia.Produk ini memanfaatkan steam untuk jadi sumber tenaga serta tidak ada rem dan velg,sehingga kecepatan nya tidak lebih dari 10 mph. Menilik kontroversi ini,pihak Bonhams meminta publik berhati-hati.

Perusahaan lelang ini tetap menyorongkan nama Hildebrand & Wolfmüller sebagai andalannya.“Benda bersejarah yang luar biasa ini merupakan faktor utama bagi kolektor serius atau museum  untuk jadi bagian sejarah transportasi,”katanya.


Sumber : Kompas April 2010

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP