Powered by Blogger.

Thursday, 25 March 2010

Suzuki Splash Mini MPV


 Suzuki Splash Mini MPV Car Suzuki Splash yang digadang gadang mampu merebut hati kawula muda resmi diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales—ATPM Suzuki di Indonesia— Sabtu (21/3) di Jakarta. City car ini memang terlihat unik dan berbeda dibanding mobil sejenis yang terlebih dulu beredar di Indonesia. “Kami optimis, kawula muda yang energik dan dinamis akan melirik mobil in (Splash),” kata Endro Nugroho Direktur Pemasa ran PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS).

Keunikan itu terlihat dari desain tail lamp yang stylish di bagian belakang bodi. Desain lekukan tailamp memanjang vertikal di kedua sisi dan menyatu dengan bodi, menimbulkan kesan yang mewah khas mobil-mobil Eropa. Untuk lampu bagian depan terdapat lampu kristal yang besar dan dilengkapi multireflektor dengan 5-leveling adjuster terdapat di sebelah kanan lingkar kemudi sehingga mudah dijangkau pengemudi dan berfungsi mengatur fokus penyinaran “Di mobil sekelasnya, fitur ini hanya disediakan Suzuki Splash,” ujar Endro. Secara keseluruhan, desain Splash sebagai mobil city car tergolong dinamis Sesuai dengan gaya khas anak muda. Mobil ini memiliki bentuk yang ringkas, simpel, dan fitur hiburan yang menunjang gaya hidup, nyaman, serta aman. Bodi bagian belakang dihiasi lekukan tegas yang menguatkan kesan dinamis.



Pada bagian depan,Splash mengaplikasikan single grill dengan garis tunggal yang melintang di tengah. Grill inilah yang membuat Splash tampak berbeda, lebih mengesankan gaya Eropa. Untuk kaki-kaki, meski Splash tergolong mobil kecil, tapi
ditopang velg alloy 15 inci. Membuat Splash sedikit tampak lebih besar.

Di bagian interior, desain kabin dan dashbor tergolong sederhana. Hanya saja, penempatan tachometer yang berada di atas dasbor tergolong unik, seperti mobil-mobil balap. Seluruh instrumen indikator seperti bensin,temperatur, odometer, dan tripmeter ditempatkan pada kotak speedometer berbentuk bulat di balik lingkar kemudi. Sedangkan tuas perseneling menyatu dengan konsol tengah.

Meski masuk kategori mini MPV, kabin Splash bisa dikatakan cukup lega. Hal ini bisa dilihat dari dimensi 3715 mm (lebih pendek 40 mm dari Swift), lebar 1680 mm (lebih pendek 10 mm), dan tinggi 1618 mm (lebih tinggi 108 mm). Bagasi mobil ini bisa mencapai 531 liter saat kursi bagian belakang dilipat. Cukup lapang memuat barang bawaan.

Di sektor mesin, Splash mengusung dapur pacu generasi terbaru K12M berbahan aluminium yang ringan. Konfigurasi mesinnya adalah 4 silinder segaris, 1.200 cc, DOHC, 16 katup. Didukung pasokan bahan bakar injeksi, tenaga maksimum 85 PS/6.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm/4.500 rpm.



Mesin mobil ini menggunakan Drive-By-Wire Technology sehingga menghasilkan kinerja mesin lebih akurat dan responsif berkat sistem sensor ECM (Electronics Control Module). Karena itu keseluruhan kinerja mesin dan pengaturan bukaan katup dari
pedal gas tidak lagi menggunakan kabel gas. Tenaga yang dihasilkan pun menjadi optimal, bahan bakar lebih hemat dan emisi CO2 yang rendah sehingga lebih ramah terhadap lingkungan atau eco-friendly.

Dari sisi kenyamanan,Splash dilengkapi suspensi MacPherson Strut & Coil spring di depan dan Torsion Beam dan Coil Spring di belakang. Penggunaan suspensi ini membuat Splash cukup mumpuni meredam getarandan guncangan saat melaju di jalanan tidak rata. Selain  stylish, Splash juga dirancang dengan tingkat keamanan tinggi melalui penggunaan ke rangka TESS Body (Total Effective Strength Structure), yang melindungi penumpang dari benturan samping dan memberikan standar keamanan yang lebih baik. Splash dirancang dengan kaca depan yang lebar, selain ergonomis, juga memberikan ke nyamanan dan sudut pandang yang leluasa bagi pengendara.


Selain dilengkapi sistem keamanan dan fitur yang lebih modern, Splash ter sedia dengan pilihan warna baru yang menarik dan dinamis, yaitu Firebrick Red, Blue Blaze, Midnigh Black, Silky Silver dan Baker’s Chocolate. Warna warni yang ditawarkan itu sesuai dengan selera konsumen Splash berusia 24,29 tahun yang aktif, modern, dinamis,  trendy smart dan ingin meraih kesuksesan. Mini MPV kompak dengan sentuhan Eropa ini tersedia dalam dua tipe yakni tipe standar dan GL. Tipe GL lebih mewah dengan penambahan beberapa fitur seperti audio system, security alarm serta velg dan ban.


Sumber : Koran tempo 25 maret 2010

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP