Powered by Blogger.

Wednesday, 24 February 2010

NEW LEXUS LS460L Bisa “parkir sendiri” berkat teknologi canggih IPA



Our design philosophy is inspired by your high expectation for perfection.”
(Filosofi desain kami diilhami oleh harapan Anda akan sebuah kesempurnaan).Kalimat pada halaman pertama katalog Lexus LS460L yang saya buka ini langsung membuat saya tertegun.

Lexus sadar betul,kesuksesan sebuah produk amat sangat bergantung pada seberapa besar memenuhi kebutuhan dan keinginan penggunanya.Apalagi seri LS adalah produk paling laris dari pabrikan ini sejak didirikan Eiji Toyoda pada 1989.Inilah yang
coba dihadirkan lewat sedan luxury LS460L (long wheelbase).

“Hanya mereka yang benar-benar mengerti keindahan dan kemampuan sebuah mobil yang membeli Lexus,”kata Adrian Tirtadjaja,General Manager Lexus Indonesia.

Dari sisi tampilan rasanya tak perlu berkomentar banyak untuk mobil yang terjual 24 unit pada 2009 itu.Pasalnya,dengan harga Rp 2,12 miliar (on-the-road),rasanya sulit mencari cela.Desain eksterior model baru ini mengalami gubahan pada bagian grille depan,lampu depan dan belakang,serta pelek.



Interior kian nyaman,khususnya bagi penumpang di belakang. Ketika menyambangi Galeri Lexus di Jalan Proklamasi Nomor 35 pekan lalu,saya mencoba duduk di jok belakang.Pffhhh...fitur Ottoman Seat,massage seat,headrest,dan footrest benar-benar memanjakan.

Di bagian belakang ini,Lexus melengkapi dengan sensor inframerah.Fungsinya memberikan informasi ke pengatur suhu sehingga penyejuk udara di kabin belakang akan disesuaikan dengan suhu tubuh penumpang. Penumpang juga bisa mengatur sendiri audio dan video yang ingin didengar dan dilihat.Di bagian konsol tengah terdapat control panel dengan sistem one touch command.

Penunjangnya Layar berukuran 9 inci VGA, 6 disc DVD player,dan tata suara Mark Levinston,yang ditunjang 19 buah speaker.Wooww....Dapur mesin diisi mesin 8 silinder,V Type,32-Valve,DOHC with Dual VVT-iE.Mesin berkapasitas 4.608 cc ini memiliki tenaga maksimal 280 Kw (381 ps pada 6.400 rpm dan torsi 493 Nm (50 kgm) pada 4.100 rpm.Pengendaliannya dilengkapi transmmisi 8 percepatan Super ETC. New LS 460L tetap kaya fitur canggih.Deretannya cukup panjang.Tapi ada satu yang membu
at saya kesengsem,yaitu satu fitur pintar Intelligent Parking Assist (IPA).Bahasa awamnya: fitur untuk “parkir sendiri”.

Teknologi ini pernah saya coba pada Lexus IS di Fuji Speed Way ketika mengunjungi Tokyo Moto Show tiga tahun lalu.Caranya Anda tinggal menekan tombo “self parking”yang ada di setir atau di layar monitor di tengah dashboard.Setelah itu,akan
muncul gambar wilayah sekita mobil yang dipindai dari kamera yang ada di bagian buritan.

Kemudian,pilih lokasi tempat di mana Anda hendak memarkir mobil ini.Dan,walah...mobil akan bergerak sendiri ke arah yang diprogram.Anda tak perlu pegang setir,cuma perlu mengatur irama rem saja.Setelah sampai di posisi yang ditetapkan,sistem ini otomatis akan mati dan memberi tahu Anda bahwa keadaan sudah aman.

Johnny Darmawan,Indonesian Lexus Principal,punya gaya sendiri.“Pasar kendaraan premium terus bergerak dan selalu menghendaki sesuatu yang lebih baru dan lebih sempurna,”katanya. Seperti Lexus LS460L,Pak?

SPESIFIKASI
Mesin: 1UR-FSE 8-silinder, V Type, 32-Valve, DOHC with Dual VVT-iE
Kapasitas: 4.608 cc
Tenaga maks.: 280 Kw (381 ps) pada 6.400 rpm
Torsi maks.: 493 Nm (50kgm) pada 4.100 rpm
Transmisi: 8 percepatan Super ETC with Al Shift
Dimensi (p x l x t): 5.180 x 1.875 x 1.475 mm
Wheelbase: 3.090 mm
Turning radius: 5,6 m
Suspensi: Multi-link (Air Suspension) with Stabilizer
Sistem rem: 18 Inch Ventilated Disc (depan); 17 Inch Ventilated Disc
Ban: 235/50 R18

"Sumber : Tempo "

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP