Powered by Blogger.

Thursday, 4 February 2010

5 Mobil Bekas paling dicari di tahun 2010

Industri otomotif menoreh tinta emas sepanjang perjalanan tahun 2000 hingga 2009. Banyak mobil unggulan lahir pada masa ini. Mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia,Toyota Kijang Innova, Hingga Honda Jazz. Tak pelak lagi, pasar mobkas pun menikmati 'gurita bisnis' dari hadirnya ragam mobil tersebut. Apalagi di tengah Lesunya mobil baru, kendaraan bekas menjadi primadona. Inilah sepuluh kendaraan tersaring di pasar mobkas sebagai kendaraan fenomenal yang membuka tahun 2010


1. TOYOTA KIJANG LGX
Namanya sudah sangat melegenda,dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.800 cc dan 2000 cc bensin serta 2.400 cc diesel. Kijang 'kapsul' ini mempunyai kelebihan mesin yang bandel, perawatan serta spare part mudah dan murah, juga resale value cukup stabil.

Adapun faktor durabilty dan daya angkut yang banyak membuat masyarakat mempercayai LGX sebagai pilihan. Alasan inilah yang juga membuat Hyundai Trajet sebagai MPV (Multipurpose Vehicle) modern sulit mendominasi pasar.

Bahkan di beberapa gerai mobkas, harga Kijang Innova tidak lebih baik nilai jualnya kembali ketimbang LGX ini. Selain di atas varian ini, masih ada Krista, tetapi secara minat,LGX masih mendominasi permintaan.

"Kekurangan LGX ini masih menggunakan perdaun sehingga mengurangi kenyamanannya, juga konsumsi BBM yang agak boros untuk mobil keluarga sekelasnya," ucap Aditya Arifiandi, Supervisor Mobil 88 Bintaro. Harga untuk tahun 2000 - 2004: Rp 107 juta - Rp 135 juta (Diambil dari harga tertinggi pedagang
mobkas).


2.TOYOTA AVANZA
Sejak diluncurkan tahun 2004 lalu, Avanza seolah menjadi pengganti kejayaan Toyota Kijang yang sangat legendaris. Utamanya untuk yang mengusung kapasitas mesin 1.300 cc. Meski diakui, untuk beberapa kalangan masyarakat menilai, kendaraan ini masih kalah pamor ketimbang Kijang LGX. Pasalnya, untuk urusan durabilty dan daya angkut, LGX sudah teruji.

Nah, kekuatan dari Avanza itu sendiri adalah pada mesin yang dikenal irit konsumsi BBM. Menurut Bangun PS dari Jack Racing Mobilindo, Avanza ini mempunyai beberapa kelebihan. Semisal irit BBM, spare part murah dan perawatannya juga mudah, serta tentu saja resale value yang bagus, terutama yang bermesin VVTi.

Kekurangannya ada pada suspensinya yang kurang nyaman terutama untuk penumpang belakang. Kekurangan berikutnya adalah minimnya safety untuk penumpang, dan mudah 'dijebol' pencuri.
Harga untukAvanza 1.3Ltahun 2004-2008 Rp 95 juta - Rp 140 juta.


3.HYUNDAI- TRAJET
Inilah salah satu MPV (Multipurpose Vehicle) yang banyak diminati lantaran harga terjangkau dengan fitur lebih banyak daripada Kijang LGX ataupun Innova. Meski buatan Korea, mobil keluarga yang satu ini patut dijadikan pilihan.Salah satu yang menjadi keunggulan adalah kendaraan ini memang didesain sebagai mobil keluarga. Sebagai buktinya, selain tempat penyimpanan yang terbilang banyak,cup holder juga tersebar di sepanjang kabin. Bahkan tipe GLS, bagian belakang sandaran bangku belakang 'dapat dijadikan meja kecil untuk menaruh makanan dan
minuman.

"Interior lega sehingga bisa memuat banyak, suspensi nyaman, dan harga terjangkau," ujar Dimas Aditya, punggawa gerai mobkas berlabel Kemayoran Auto Mobile. Bahkan menurut Dimas, Hyundai Trajet yang bermesin 4 silinder 2000 cc tak pernah menginap lama di showroom used-car-nya.

Adapun kekurangannya terletak pada konsumsi BBM boros. Selain itu raungan mesin cukup terdengar ke dalam kabin ketika pedal gas diinjak lebih dalam.
Harga Hyundai Trajet 2000 - 2007: Rp 75 juta - Rp 115 juta.


4.SUZUKI APV
Mobil semibonnet ini terbilang gambot di kelasnya. Ukuran kabin juga lapang. Inilah yang membuat minibus ini cukup digemari di gerai mobkas. Meskipun masih kurang peminat ketimbang Toyota Avanza ataupun Kijang LGX yang sama-sama memuat banyak penumpang atau barang.

Daya tarik itu ditopang leh tampilan eksterior yang dibuat lebih mewah. Meskipun banyak pedagang mobkas yang menilai kemewahan itu masih tenggelam nama besar Toyota dan Honda.

Mengusung mesin berkonfigurasi 4 silinder dengan kapasitas mesin 1.500 cc yang dibuat lebih bertenaga untuk membawa bodinya yang bongsor. Interior juga mewah untuk mobil di kelasnya.
"Sayangnya, spare part-nya mahal dan konsumsi BBM yang boros," jelas Aditya Arifiandi, Supervisor Mobil 88 Bintaro. Meski begitu, ia akui banyak juga yang mencari bekasnya di pasaran. Estimasi harga Suzuki APV tahun 2004 - 2009: Rp 97 juta - Rp 140 juta.•


5.TOYOTA KIJANG INNOVA E
Prediksi memperkirakan bahwa Innova bekas tidak digandrungi di pasar mobkas. Maklum saja, lantaran dari beberapa pemilik Innova,terutama tipe G sedikit sulit menjual mobil ini. Andaikan ada, harganya cukup jatuh. Padahal dari data penjualan mobil baru, tipe G terbilang banyak peminat. Namun, setelah ditelusiri di pasar mobkas dalam kurun waktu dua bulan ini, ternyata varian Innova tipe E produksi 2007 yang sudah mengalami revisi mesin dan mengadopsi standardisasi Euro2, terbilang banyak diminati.

Merupakan generasi penerus Kijang yang memiliki kapasitas mesin 4 silinder berkapasitas 2000 cc dengan bahan bakar bensin. "Innova tipe E tahun 2007 ke atas banyak yang mencari karena sudah dilengkapi dengan fitur AC double blower, selain itu sudah Euro2 dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan tipe G.

Selain itu suspensinya sudah lebih nyaman," ujar Dimas Aditya dari Kemayoran Auto Mobile.
Meski begitu juga tetap ada kekurangannya. Sebut saja perawatannya lebih mahal ketimbang Kijang kapsul dan terbilang masih tidak irit bahan bakar. Namun, dari uji tes kendaraan ini,kekurangan itu bisa sirna lantaran kenyamanan kabin dan pengendaraan yang layak dapat acungan jempol.
Harga untuk Innova E tahun 2007 - 2009: Rp 161 juta - Rp 198 juta.

Sumber : Tabloid Otomotif January 2010

5 comments:

Chris 3 May 2010 11:39  

Toyota memang tiada duanya, saya lagi bingung milih yg diesel atau bensin. Mana sih yg plg cocok untuk medan berbukit2 dan jalanan berlubang?

Anonymous,  4 May 2010 08:55  

Mending bensin aja bos.Kijang taon 90 an saya dipake di kampung yg jalannya berbukit-bukit ga ada masalah,masalah paling di kaki2nya aja kalo sering nginjek jalan berlubang.

Citra Luv Nink 19 July 2011 01:27  

wah.. salah semua... yang paling dicari panther touring gan...

Anonymous,  31 December 2012 08:05  

tut meong

Khabar Wbisono 15 September 2014 23:17  

Panter apa kijang gan enaknya?

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP