Powered by Blogger.

Monday, 31 August 2009

KREDIT MOBIL PILIH DP BESAR ATAU KECIL ?



Krisis ekonomi yang melanda tidak menyurutkan niat masyarakat untuk memnbeli mobil idaman keluarga. Apakah itu mobil baru ataupun mobkas.
Buktinya masih terjadi penjualan unit kendaraan, bahkan beberapa tipe dari merek tertentu justru mengalami peningkatan permintaan.
Sejak gejala' mulai terasa di Indonesia akhir 2008, banyak yang menahan pengeluaran yang besar, termasuk pembelian kendaraan. Tak heran penjualan bulan Desember-Februari mengalamipenurunan walau tak sedemikian drastis. Lambat namun pasti,angka penjualan kendaraan roda empat mulai menanjak, baik itu secara tunai maupun kredit.

Bila selama ini banyak konsumen yang tidak hanya tergiur namun jugs menginginkan DP yang kecil atau ringan, saat ini pun sudah mulai menjadi tren pembelian mobil melalui kreditdengan DP yang besar."DP besar membawa keuntungan bagi calon pemilik mobil dan lembaga finansial. Dan menunjukan keseriusan calon pembeli akan kewajibannya,"papar Lukas Subagio, Direktur Olympindo Multi Finance. Hal ini terjadi karena resikonya menjadi minim, baik untuk lembaga finansialnya maupun konsumen.

Dari segi lembaga finansial,bila konsumen memberikan DP yang besar, tentu `modal pasti'sudah dibayarkan oleh konsumen dan memberikan pokok utang kecil kepada konsumen.Dari pihak talon pembeli sendiri dengan down payment yang besar, maka angsuran per bulan akan lebih ringan, dan dapat memilih masa tenor antara 1-4
tahun.

Jika selama ini DP yang diberikan oleh konsumen berkisar antara 15%-20% minimal, maka untuk DP besar tidak ada batasan. "Berapa pun DP yang ingin dibayarkan oleh konsumen tentu kami menerima, namun kebijakan dari kami adalah minimal pokok utang adalah Rp 25 juta. Dan mobil apapun kami sanggupi. Bahkan kami pernah
menangani konsumen yang ingin membeli sebuah sportscar," ujar Punto Nugroho, RegionalManager BCA finance.

Pada dasarnya dari lembaga finansial tidak ada perbedaan syarat untuk DP yang besar, sama seperti DP kecil. Yang perlu diperhatikan adalah justru dari calon pembeli itu sendiri. Walaupun DP besar, belum ada kepastian bahwa konsumen akan mendapatkan kredit yang diinginkan. Pasalnya bila angsuran yang diusulkan nielebihi ketentuan 30% dari pendapatan, maka bank atau leasing tidak akan memberikan kredit itu dengan mudah, atau sama sekali ditolak.

Sesuaikan bujet Anda dengan mobil yang diinginkan.Tentukan pula berapa besaran DP yang ingin Anda bayarkan agar angsuran bulanan menjadi ringan. Pilihlah tenor yang sesuai agar rencana finansial Anda untuk beberapa bulan ke depan tidak terganggu.Umumnya beberapa dealer sudah mempunyai `kontrak' kerja sama dengan lembaga
keuangan, sehingga calon pembeli tidak mempunyai pilihan bila Anda merasa tidak cocok jangan ragu untuk berpindah ke dealer yang lain. Namun ada beberapa dealer yang memilih lembaga keuangan sendiri untuk mempermudah konsumen.Jangan lupa bicarakan dengan anggota keluarga, sehinga menjadi keputusan bersama atau semua akan merasa terlibat.

SUMBER : AUTOBILD 161



Read more...

Wednesday, 19 August 2009

Toyota Estima

GENERASI ketiga Toyota Estima ini diluncurkan untuk pertama kali 2006 lalu di Jepang. Sementara di Australia muncul dengan nama Toyota Tarago. Di Indonesia mobil ini dikenal dengan Toyota Previa dan generasi ke-II Estima itu pernah masuk ke Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor.

Sekilas parasnya terlihat ramping walau telah mengalami penambahan dimensi. Di atas kertas, perubahan dimensi Estima ini berdampak pada kestabilan maupun pengendaliannya.

Kenyataannya, Toyota berhasil melakukannya. Lebar bertambah 10 mm menjadi 1.800 mm,sementara panjangnya bertambah 45 mm menjadi 4.795 mm. Namun tingginya pengalami pemangkasan 20 mm menjadi 1.750 mm.

Dibanding saudaranya Alphard yang tampak anggun serta Noah yang lebih moderat, Estima dengan desain lampu depan bagaikan mata elang, terlihat lebih modern. Dilanjutkan dengan garis bodi samping yang melintang dari depan hingga buritan mobil yang membuatnya terlihat dinamis. Lampu belakang tipis melebar dari sisi kiri hingga sisi kanan melengkapi kesan futuristis mobil ini.

Untuk membuka pintu, disediakan 3 tombol keyless entry.Dua di pintu depan dan 1 di bagasi. Sedang untuk menutup bagasi, Anda bisa dimudahkan dengan kerja elektrik hingga tertutup rapat.

Layout dasbor masih mempertahankan desain dengan posisi panel instrumen di tengah dengan fitur optitron. Beberapa fitur canggih sudah tersedia sebagai standar. Termasuk twin sunroof elektrik yang menghiasi atapnya. Lalu tuas cruise control tersembunyi di sebelah kanan setir serta AC climate control dual zone dengan ionizer. Sedang tuas transmisi otomatis 4-speed Super ECT dengan mode Tiptronic terletak rapi di tengah dasbor.

Kenyamanan bagi penumpang juga superior. Tak lain berkat captain seat pada baris kedua yang sudah dilengkapi penyangga kaki serta rel yang cukup panjang. Jika bangku baris ketiga dilipat,kursi nyaman ini bisa mencapai posisi rebah yang sempurna. Serasa duduk di first c/ass.

Mekanisme pelipatan bangku belakang juga menggunakan sistim elektrik.Posisi bangku tersembunyi di bawah lantai belakang, membuat ruang bagasi menjadi rata. Tersedia dua tombol untuk menegakkan bangku yang terpisah 60:40.

Di balik kap mesinnya yang cukup kecil, tersimpan mesin berkapasitas 2.362 cc 4 silinder VVT-i yang juga digunakan pada jajaran Toyota teranyar lainnya.Tenaga yang dihasilkan mencapai 167 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 224 Nm di 4.000 rpm. Cukup untuk melajukan mobil seberat 2.430 kg plus 7 penumpang dan bermanuver di lalu lintas yang ramai.

Pelek dengan motif sporty dibungkus dengan ban 215/55 R17 sudah menjadi standar mobil ini. Namun tidak mengurangi kenyamanan berkendara serta memberikan kendali yang cukup presisi.

Sumber : AUTOBILD 167


Read more...

Friday, 14 August 2009

Suzuki karimun

POPULARITAS Suzuki Karimun generasi pertama memang luar biasa. Ia dianggap ideal mewakili nilai-nilai sebuah city car. Dimensi mungil, hemat bbm dan Lincah bermanuver Meski terlahir sebagai kendaraan perkotaan, namun desain eksterior yang kotak minimalis membuatnya terkesan kokoh. Sehingga tidak sedikit kaum adam yang menggunakannya sehagai transporter andalan.

Awalnya banyak yang meragukan kapasitas angkutnya lantaran ukurannya yang kompak. Tapi begitu masuk ke dalam kabin maka jelas terlihat bahwa akomodasi Karimun terhitung lega dibandingkan kompetitornya. Begitu juga dengan posisi mengemudi yang ergonomis menjadikannya semakin nyaman dipakai berkendara.

Dapur pacu yang digunakan serupa dengan Suzuki Carry 1.0,Katana dan Jimny/Katana. Mesin 4 silinder segaris,8 katup,dengan besi cor sebagai material bloknya ini telah terbukti ketangguhannya terutama pada Carry yang banyak digunakan sebagai angkutan perkotaan. Meski masih menggunakan karburator namun sistem pengapian Karimun sudah menggunakan CDI.

Key history
LAHIR di tengah remuknya kondisi perkonomian bangsa akibat hantaman krisis moneter, membuatnya mampu menterjemahkan sense of crisis dengan baik.Kala itu, masyarakat lebih membutuhkan kendaraan yang irit bensin dan mudah perawatannya. PT Indomobil Niaga Internasional melansirnya pertama kali pada tahun 1999.

Di fase kedua (2001-2003),Suzuki melakukan sedikit perubahan pada Karimun. Pelek menjadi palang tiga dan semakin variatifnya pilihan warna untuk mengakomodir konsumen yang berjiwa muda.
Di masa edar 2004-2006, cukup banyak perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pada bumper depan Karimun telah bertengger sepasang foglamp. Penampilannya pun semakin manis berkat perubahan format sein depan menjadi bermika putih.Bagian atap disematkan roof rail yang menunjang nilai kepraktisan. Terutama bagi mereka yang kerap melakukan perjalanan jauh. Tidak itu saja,visibilitas ke belakang semakin baik dengan membesarnya dimensi spion samping.

Di buritan, kaca belakang telah dilengkapi wiper dengan hendel pintu yang lebih panjang. Mud guard juga diikutkan demi mengurangi cipratan kotoran ke kaca belakang maupun kendaraan sekitar. Rangkaian penyegaran tersebut bertahan hingga Karimun kotak menutup produksinya dan diganti dengan generasi selanjutnya, Karimun Estilo.



PERHATIKAN
GX merupakan trim termewah di jajaran Karimun. Di pasaran mobkas, selisih harganya dengan varian DX lumayan tinggi, bisa lebih dari Rp 1 juta. Pada Karimun GX, pintu depannya sudah dilengkapi power window. Spion GX pun lebih besar ketimbang DX. Sedangkan eksterior, GX dapat ditandai dengan tersematnva roof rail dan foglamp yang tidak terdapat pada Karimun DX.


ALTERNATIF PILIHAN
HYUNDAI Atoz dan KIA Visto merupakan pilihan menarik selain Karimun generasi pertama ini. Sebagai rival di kelas yang sama, perawakan ketiganya pun mirip-mirip. Hampir tak ada beda antara Visto dan Atoz - terutama dari depan - karena memang keduanya memiliki basis yang sama.

Kabin mereka tidak lebih luas di banding Karimun, namun sejak pertama diluncurkan tahun 2000, keduanya memiliki varian bertranmisi otomatis. Nilai plus bagi pemerhati kenyamanan.Pun begitu dengan teknologi mesin, baik Atoz maupun Visto telah menganut sistem pasokan bahan bakar injeksi. Sehingga performanya lebih baik dengan konsumsi bbm yang lebih efisien.

Hal menarik lainnya, Atoz dan Visto umumnya memiliki banderol yang lebih terjangkau dibanding Karimun. Sehingga sangat akomodatif bagi mereka yang mengidamkan mobkas perkotaan dengan budget terbatas.



TELITI SEBELUM BELI
1.MESIN
MESIN F10A terkenal sederhana namun sangat memudahkan ketika melakukan perawatan. Bila rutin melakukan pergantian oli, timing belt dan tune-up maka performanya akan selalu optimal.Mesin yang sehat terlihat dari tidak adanya rembesan oli di sekitar mesin dan asapnya tak berwarna putih ataupun hitam.

2.SETIR
KARIMUN sudah menggunakan electric power steering (EPS), sehingga kemudinya sangat ringan dan konsumsi bbm pun lebih irit karena tidak membebankan mesin. Agar EPS selalu optimal, diperlukan arus listrik yang stabil.lakukan pengecekan dengan memutar setir ke kiri dan kanan ketika parkir, tambahkan pelumas jika terdengar suara-suara. Dalam kondisi yang parah, ketika herjalan lurus pun bunyi ketukan logam sudah terdengar.

3.SASIS
KARIMUN menggunakan sasis monokok. Untuk melihat kondisi sasisnya, perhatikan pelat di balik bumper belakang, jika pernah mengalami tabrakan parah, maka pelat ini akan terlihat penyok. Sedang untuk bagian depan, cermati posisi radiator dan sokbreker, jika sudah tidak berada di tempat seharusnya, bearti Karimun tersebut pernah mengalami benturan hebat.


4.AC
NYALAKAM AC pada setelan maksimum, rasakan dingin dan tingkat embusannya. Pastikan semuanya berjalan normal. Jangan heran jika AC nya tidak terlalu dingin, karena dari barunya memang tidak sedingin Toyota Avanza atau Isuzu Panther.


5.KAKI-KAKI
Sokbreker dan ball joint kerap bermasalah jika sering menghajar lubang. Pastikan kedua komponen itu selalu sehat demi kenyamanan dan kestabilan di jalan.


6.PENDINGIN KABIN
Jika terdengar bunyi `cetak...cetok...' dari kompresornya menandakan kenerjanya sudah lemah. Untuk mengatasinya perlu diganti satu set.Atau ada cara lain dengan hanya mengganti puli AC namun tetap tidak seoptimal penggantian satu set kompresor AC.



CATATAN
BAGI konsumen mobkas, memelihara Karimun kotak sangat menyenangkan. Perawatannya mudah dan murah, di pasaran ketersediaan spare part-nya pun melimpah. Bila Anda `mengambil Karimun yang sudah lebih dari 5 tahun atau sekitar 250 ribu km, maka disarankan untuk melakukan servis karburator. Untuk jeroan mesinnya, gantilah semua gasket, piston berserta ring-nya. Namun bila budget Anda terbatas, cukup mengganti ring pistonnya agar mesin kembali segar dan memiliki kompresi yang bagus. Di usia 5 tahun juga disarankan untuk mengganti sokbreker,stopper, dan karet-karet suspensi.



KESIMPULAN
SUZUKI Karimun GX produksi 2004 adalah varian yang kami rekomendasikan. Perubahan yang dialami sangat signifikan dibanding produksi tahun-tahun awal. Fitur yang tersedia sudah lengkap. Tidak hanya menunjang kemewahan,namun sangat terasa di aspek fungsionalnya.


Sumber : AUTOBILD 161

Read more...

Monday, 10 August 2009

Daihatsu Feroza Manual Book



















Silahkan download link dibawah ini
Bagian 1 ( 8 mb )
Bagian 2 ( 8 mb ) 
Bagian 3 ( 8 mb ) 
 Bagian 4 ( 8 mb ) 

Read more...

Saturday, 8 August 2009

Honda Vario CBS


Beberapa minggu yang lalu pabrikan Honda mengeluarkan varian baru motor Vario CBS TECHNO,pada honda vario CBS TECHNO ini terdapat teknologi baru yaitu diberi nama combi brake.Teknologi ini baru ada pada motor honda.

Motor Matic ini sangat cocok bagi pemula yang belum paham pengereman.Pemakai awam sering ngerem belakang kelewat kenceng dan bikin roda belakang geol kiri-kanan.Mengantisipasi hal ini PT AHM menelurkan produk ini.

Untuk itu MOTOR PLUS mendapatkan kesempatan untuk first ride dengan jajal pengereman.Pengujian dilakukan di salah satu area markas PT AHM di tipar cakung,jakarta utara.Namun sayang sirkuit

test produk PT AHM yang tersedia gak bisa dipakai karena sedang persiapan untuk first ride media cetak dan elektronik. Akhirnya coba dijalanan beton sekitar kantor AHM.Sebelum melakukan tes,sempet mikir dulu karena jalan yang dipakai dominan beton.Kebayang deh ban hanya akan mencengkram maksimal kalau permukaan jalan dari aspal.Artinya, seandainya CBS diuji keampuhan dan safetynya di beton bisa jadi kurang kelihatan performanya.

Sempat ragu untuk melakukan pengereman mendadak dengan menekan tuas sebelah kiri saja.Dihandel sebelah kirilah teknologi CBS ini bisa dioperasikan.Rem depan dan belakang serempak bekerja dengan menekan satu handel rem kiri saja.

Bertahap melakukan uji pengereman meski dengan perasaan kurang yakin dengan permukaan jalan dari beton,karena rasa penasaran yang tinggi akhirnya memutuskan kudu yakin dengan kemampuan HONDA VARIO CBS ini.Gas dibejek bertahap.Tahap awal gas dipelintir cepat dan di angka 20 km/jam. Handel rem sebelah kiri ditekan sekuat-kuatnya secara mendadak.Kedengeran tuh bunyi ban mendecit dan permukaan jalan tersisa bekas jalur ban.

Tahap awal diulang berkali-kali dan hasilnya kelihatan.Dengan kecepatan 20 km/jam,hasil CBS
setelah dioperasikan dengan pengereman mendadak gak ada gejala goyang atau sliding sedikitpun di roda bagian belakang.

Karena ga ada masalah dengan kecepatan 20 km/jam akhirnya memberanikan diri untuk mencoba dengan kecepatan 50 km/jam dan hasilnya dari efek pengereman mendadak itu tidak terasa.Paling simpel bisa dilihat dari bekas jalur pengereman benar-benar lurus.Artinya kecepatan 50 km/jam pun gak ada masalah kalau dilakukan pengereman mendadak.

Berbeda banget dengan rem kanan dan kiri Vario sebelumnya.Sulit untuk menentukan secara pasti waktu untuk melakukan pengereman mendadak.Perimbagan rem belakang-depan saat rem mendadak susah dipatok.Makanya banyak kejadian gedubrak waktu pengereman mendadak meski dikecepatan 20 km/jam.Teknologi CBS ini diharapkan mampu menutupi kekhawatiran pengguna skubek dibagian

pengereman.Apakah anda tertarik untuk memilikinya?

Sumber : Motor Plus

Read more...

Monday, 3 August 2009

Workshop Repair Manual for Land Rover Series III S

Land Rover Series III was introduced in 1981, available in both Petrol and ADE 4 cylinder Diesel, similar in appearance to series II Land Rover, but with changes to front grill which has been broadened and redesigned seats. Cigarette Lighter, hazard warning light and anti burst door locks have been added as standard fittings.

This service manual covers step by step procedures that should be taken upon troubleshooting, servicing and repairing, overhauling, adjusting and inspecting the Land Rover Series III which is powered by Petrol R6 6 Cylinder OHC 2.6L engine with Twin SU HIF6 side draught carburettor, that is also called as Land Rover 109? with model code: PUPR6 Series IIIS and sometimes used in Military Purpose.

TOC:
General Information and Specifications [ Location of Identification Plates ~ General Information ~ Vehicle Specs ~ Definitions ~ Conversion Tables ~ Miscellaneous Tightening Recommendations for Metric Threads ~ Loctite Usage Instructions ~ Recommended Lubricants and Fluids ]
Power Unit [ Description and Specifications ~ Fault Diagnosis and Corrective Action ~ Valve Clearance Check and Adjust ~ Removal and Replacement Procedures ~ Engine Overhaul Procedures ~ Maintenance ~ Special Workshop Tools ]
Fuel System [ Description and Specifications ~ Fault Diagnosis and Corrective Action ~ Carburetters Tune and Adjust ~ Removal and Replacement Procedures ~ Overhaul Procedures Maintenance ]
Ignition System [ Description and Specifications ~ Fault Diagnosis and Corrective Action ~ Adjustments ~ Removal and Replacement Procedures ~ Distributor Overhaul ~ Maintenance ]
Cooling System [ Description and Specifications ~ Fault Diagnosis and Corrective Action ~ Testing The Thermostat ~ Removal and Replacement Procedures ~ Maintenance ]
Exhaust System [ Description of The Exhaust System ~ Fault diagnosis and Corrective Action ~ Removal and Replacement Procedures ~ Maintenance ]
Air Cleaning System [ Description of the Air Cleaning System ~ Air Cleaner Removal and Replacement ~ Maintenance ]
Transmission System [ Gearbox ~ Transfer Box ~ Clutch System ~ Propeller Shafts ~ Special Workshop Tools ]

Chapters below are not available in the manual but are written in the TOC:
Suspension System
Axles and Hubs
Braking System
Steering System
Body
Heating and Ventilation
Electrical System
Wheels and Tyres
Windscreen Wiper and Washer System
General Fault Finding
Summary of Special Workshop Tools

Link download dengan ziddu dibagi menjadi 6 bagian :

Part 1 (2.1 MB)
Part 2 (2.4 MB)
Part 3 (1.8 MB)
Part 4 (1.8 MB)
Part 5 (1.4 MB)
Part 6 (2.0 MB)


Read more...

Sunday, 2 August 2009

2002-2003 Honda Civic HatchBack Service Manual


This manual covers informations for maintenance, dismantle, assembly, adjustment and inspections of the Honda Civic Hatchback
2002-2003 model year with the following engine: K20A3 2.0L DOHC VTEC Sequential Multiport Fuel Injected engine,
Transmission: Manual 5 speed transmission NRH3, Body Type: Hatchback.

Table of Contents:
General Information [ Chassis and Paint Codes 2002-2003 Models ~ Identification Number Location ~ Warning/Caution Label ~

Lift/Support Points ~ Towing ~ Parts Marking Location ]
Specifications [ Standard Service Limit ~ Design Spec ~ Body Spec ]
Maintenance [ Maintenance Schedule for Normal Conditions ~ Maintenance Schedule for Severe Conditions ~ Maintenance Schedule ]
Engine Electrical [ Engine Assy ~ Cylinder HEad ~ Engine Block ~ Engine Lubrication ~ Intake Manifold/Exhaust System ]
Engine [ ENgine Assembly ~ Cylinder HEad ~ Engine Block ~ Engine Lubrication ~ Intake Manifold/Exhaust System ]
Cooling [ Cooling SYstem ~ Fan Controls ]
Fuel and Emissions [ Fuel and Emission Systems ~ PGM-Fi System ~ VTEC/VTC ~ Idle Control System ~ Fuel Supply System ~ Intake Air


SYstem ~ Catalytic Converter System ~ PCV System ~ EVAP System ]
Transaxle [ Clutch ~ Manual Transmission ~ M/T Differential ~ Driveline/Axle]
Steering [ Steering ~ Electrical Power Steering(EPS) ]
Suspension [ Front and REar Suspension ~ Front Suspension ~ Rear Suspension ]
Brakes (including ABS) [ Brakes ~ ABS ]
Body [ Doors ~ Mirrors ~ Glass ~ MoonRoof ~ Interior Trim ~ Consoles ~ Dashboard ~ Seats ~ Bumpers ~ Hood ~ Hatch ~ Fuel Fill Door ~

Exterior Trim ]
Heating, Ventilation and AC
Body Electrical [ Relay and Control Unit Location ~ Connectors and Harnesses ~ Fuse/Relay Boxes ~ Power Distribution ~ Ground

Distribution ~ Under-dash Fuse/Relay Box ~ Batterys ~ Relays ~ Gauges ~ Exterior Lights ~ Turn Signal/Hazard Flasher System ~ Entry

Lights Control System ~ Interior Lights ~ Audio System ~ Rear Window Defogger ~ MoonRoof ~ Power Mirror ~ Horns ~ Power Windows ~

Wipers Washers ~ Accessory Power Socket ~ Keyless Power Door Lock System ~ Immobilizer System ~ Multiplex Control System ]


Silahkan download
2002-2003 Honda Civic HatchBack Service Manual download Part1 ( 10 MB )
2002-2003 Honda Civic HatchBack Service Manual download Part2 ( 10 MB )
2002-2003 Honda Civic HatchBack Service Manual download Part3 ( 6 MB )







Read more...

Saturday, 1 August 2009

Power steering hidaulis dan elektrik

Perbedaannya ada pada cara kerja power steering ini. Power steering hidraulis menggunakan tekanan fluida untuk menciptakan bantuan saat Anda memutar kemudi.Karena itu untuk jenis ini terdapat pompa hidraulis yang digerakkan oleh mesin, dan reservoir untuk menampung cairan hidraulisnya.

Sementara powers steering elektrik bekerja dengan memanfaatkan bantuan dari motor listrik. Karena tidak langsung digerakkan oleh mesin, model ini banyak digunakan oleh mobil modern karena tidak membebani mesin

Read more...

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP