Powered by Blogger.

Tuesday, 30 June 2009

DAIHATSU Xenia 1.0

Daihatsu Xenia merupakan produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu. Pasar yang dituju adalah kelas budget car, yaitu orang yang ingin memiliki mobil tapi terganjal dalam hal dana Alhasil Xenia tampil sebagai solusi bagi yang ingin mobil murah
terjangkau.

Bayangkan, harga perdana yang ditawarkan berada di kisaran Rp 70 juta. Jelas menggoda bagi yang ngin mempunyai mobil baru. Dan hebatnya, setelah sekian lama harga bekasnya tidak mengalami penurunan. Ini mempertegas kuatnya permintaan Xenia di pasaran.

Saat pertama diluncurkan Xenia memiliki tiga pilihan varian. Terdiri dan 1.0 Mi dan 1.0 Li bermesin 3 silinder 1.000 cc dan 1.3 Xi bermesin 4 silinder 1.300 cc Semuanya memakai pasokan bbm injeksi.Unit 1.000 cc bertenaga 57 dk pada 5.200 rpm dan torsi 98 Nm pada 3.600 rpm. Cukup memadai walau perbandingan gigi akhir yang dianut kelewat besar. Akibatnya putaran mesin kerap meraung cukup tinggi.

Umumnya mesin 3 silinder mengalami kendala dalam hal getaran mesin yang besar. Namun Daihatsu mengeliminirnya dengan imbuhan teknologi flexible flywheel Alhasil mesin pun terasa lebih halus saat berputar.Walau bodinya mungil, ruang dalam Xenia terbilang lega. Tujuh penumpang dapat diangkut tanpa kesulitan berarti. Akses ke bangku belakang juga mudah dengan proses pelipatan bangku tengah yang simpel. Bahkan jika dlbutuhkan bangku baris ketiga dapat dilipat ke depan guna menambah volume bagasi.

Beberapa masalah sempat mendera Xenia. Seperti adanya keluhan mesin ndut-nduton, rumah setir dan sokbreker belakang bocor dan ringkihnya kualitas buatan beberapa bagian mobil. Namun hal itu tidaklah mengurangi animo masyarakat untuk memilikinya Ya, karena Xenia memiliki value for money yang kuat untuk sebuah mobil keluarga.

Sejarah :
2004: Bulan lanuari Daihatsu Xenia dilempar ke pasaran. Sebagai hasil kolaborasi dengan Toyota, tampilannya tidak berbeda dengan Avanza.Hanya saja ia dilengkapi varian bermesin 1.000 cc sebagai andalan.Ada tiga pilihan varian ditawarkan, yaitu 1.0 Mi,1.0 Li dan 1.3 Xi.

Pilihan transmisi hanya manual 5-speed Selain mesin, beda ketiganya ada pada kelengkapan standar Mi sebagai model termurah sangat minim fitur, Sementara Li dan Xi sudah dilengkapi AC, electric window, wiper belakang, central door lock dan kantong di pintu.

Selain itu masih ada lagi model yang dapat dipesan melalui dealer.Terdiri atas Plus, Family dan Sporty.Banyak item dapat ditambahkan,termasuk diantaranya power steering yang belum menjadi fitur standar.

2005: Bulan juli Xenia mengalami sedikit revisi pada varian Li dan 1.3 Xi. Model ini mendapat tambahan filer takometer, power steering dan pemutar CD. Varian lainnya tidak mengalami ubahan.Warna hitam juga mulai masuk ke dalam pilihan di line-up Xenia.

2006: Daihatsu Xenia mengalami ubahan besar pada sektor mesin. Unitnya telah mengadopsi teknologi VVT-i dan dilengkapi catalytic converter sehingga memenuhi standar emisi Euro2 Tenaga yang dihasilkan terasa merata diseluruh rentang putaran mesin dan gejala tersendat pun lenyap.

Ubahan lain terlihat dan tampilan luar. Bumper dan lampu depan mengalami revisi Begitu juga dengan lampu belakang yang telah mengadopsi lampu multi reflektor.Sementara warna interior mengalami Ubahan dari hitam ke beige dan ivory.
Suspensi juga mengalami pembenahan Bantingannya lebih lembut ketimbang model sebelumnya tanpa mengurangi kestabilan.

2007: Bulan Juli Xenia menambah satu varian, yaitu 1.0 Li SE dan 1.3 Xi SE. Beda dengan varian lainnya terlihat dari hadirnya mudguard, spion lipat elektrik, hendel pintu berlapis krom serta spoiler depan dan belakang. Sedang interiornya ditandai dengan hadirnya jok kulit, head unit double DIN dan konsol boks.

Sumber : Autobild 56

Read more...

Tuesday, 23 June 2009

Panduan membeli mobil bekas Toyota Wish

PILIHAN second hand merupakan langkah tepat untuk memiliki MPV lansiran Toyota ini. Kehandalan produk Toyota menjadi modal kuat untuk dapat memiliki used car Toyota Wish dalam kondisi prima Apalagi Wish memiliki dimensi yang tidak terlalu besar dan memiliki fitur kenyamanan cukup lengkap. Dapur pacu berkapasitas 1.794 cc yang diusung Wish, serupa dengan milik Toyota Corolla Altis Konsumsi bbm Toyota Wish ini juga tergolong irit. Dengan rata-rata penggunaan di dalam kota,Wish mampu mencatat angka 8 km/l dengan transmisi matik 4 percepatan Sedangkan untuk luar kota, angka 12 km/l dapat dengan mudah diraih.

Atas dasar inilah, Toyota Wish begitu diminati konsumen Tanah Air, meski didatangkan oleh importir umum dan tidak memiliki fasilitas garansi ATPM. Namun penggunaan dapur pacu serupa Corolla Altis, membuat konsumen merasa aman dalam hal ketersediaan spare part, terutama fast moving Tak heran bila varian Wish berkapasitas 2.000cc tidak terlalu diminati. Selain faktor sulitnya mencari komponen fast moving,teknologi mesin yang memiliki kode TAZ-FSE in, telah mengusung teknologi direct injection.

Kualitas bahan bakar menjadi vital bagi mesin generasi ini. Dan hal itu membuat mesin tersebut rentan terhadap kerusakan akibat kualitas bahan bakar yang tidak terjamin di Tanah Air.

Secara penampilan, Wish mirip dengan Honda Stream yang memiliki body pipih. Di interiornya Wish menawarkan banyak ruang penyimpanan barang layaknya se buah mobil keluarga ideal. Hampir di setiap bangku, tersedia ruang penyimpanan. AC dengan climate control pun telah menjadi kelengkapan standar Wish, selain panel instrumen Optitron Peranti keamanan pun begitu diperhatikan Toyota dengan menghadirkan rem ABS dan dual airbags.

Sejarah:
2003: Toyota Wish pertama kali diproduksi pada 2003 di jepang dan menjadi salah satu MPV khusus pasar domestik (JDM). Untuk dapat menjual Toyota Wish diluar jepang, pihak dealer (showroom) yang akan melakukan pengiriman. Tak heran bila seluruh Toyota Wish yang beredar di Indonesia didatangkan melalui bantuan importir umum.

Di Jepang sendiri, Toyota menyediakan 5 pilihan model untuk wish: 2.0Z,2.0G,1.8X-S, 1.8X dan 1.0 X-E. Meski mengusung suspensi serupa, namun kedua pilihan mesin memiliki karakter yang berbeda.Varian bermesin 1.800 cc memiliki bantingan suspensi lebih lembut
ketimbang versi 2.000 cc. Fitur sunroof elektrik, sensor parkir, lampu xenon menjadi kelengkapan standar pada varian termewah Wish bermesin 1.800 cc.

Check list :

1.Mesin
Secara umum,dapur pacu Toyota Wish termasuk andal dan tidak memiliki kelemahan spesifik. Namun bila terdengar suara gemuruh ketika mesin berputar rendah, umumnya disebabkan oleh tensioner V-belt. Dan gejala ini hanya terjadi pada varian 1.800 cc.

2.Interior
DI negara asalnya - Jepang - heater merupakan perlengkapan wajib saat musim dingin tiba. Namun saat digunakan di Indonesia dengan iklim tropic, fungsinya menjadi tidak ada. Memanfaatkan sirkulasi air radiator,membuat interior rentan terhadap kebocoran bila tidak digunakan.

"Disarankan untuk mematikan fungsinya bila tidak digunakan. Sebab, dapat menimbulkan korosi akibat air tidak bersirkulasi dan rentan terhadap kebocoran,"
papar Usman Adie,
dari bengkel Tunas Toyota Dewi Sartika.

3.Suspensi
PERIKSA bagian suspensi lebih cermat. Sebab suspensi merupakan salah satu komponen yang memiliki persediaan terbatas. Tak ada salahnya untuk memeriksa karet bushing yang memiliki ciri menderit bila sudah mulai rusak, batang arm, tie-rod end dan sokbreker.


4.Bodi
TAK berbeda dengan kendaraan lainnya, periksa kondisi seluruh bodi mobil. Karena didatangkan oleh importir umum ketersediaan body part menjadi terbatas.Bila hendak memesannya dari Jepang, Anda perlu menyiapkan kocek lebih banyak dan memerlukan waktu
sekitar 40 hari.


Sumber : Autobild November 2007

Read more...

Panduan memilih VW Caravelle

Di negara asalnya,generasi awal VW Transporter generasi keempat (T4) yang dikenal dengan nama Caravelle hadir selak 1990 Sedangkan untuk pasar indonesia, Caravelle baru hadir sejak model T4 beredar pada 1992. Dibawa oleh pihak PT Garuda Mataram Motor untuk Keperluan KTT Non Blok ke-10,mobil ini digunakan untuk membawa staf dari delegasi negara-negara peserta KTT.

Selama peredarannya Caravelle T4 sedikit sekali mengalami perubahan, sebelum digantikan oleh generasi T5 pada 2004. Tapi urusan fitur Ia bisa dikatakan berlimpah.

Contohnya ada pada model T4 yang sudah menggunakan AC dengan climate control dan seluruh baris bangku dilengkapi

saluran AC sendiri. Urusan keselamatan mereka juga nomor satu. Seluruh bangku sudah dilengkapi seatbelt, belum lagi fitur seperti ABS, airbag dan kontrol traksi yang sudah disandang sebagai kelengkapan standar.

Kendati berukuran besar,ternyata manuver Caravelle sangat lincah dengan radius putar
yang kecil. Tapi jangan kaget jika saat memutar setir hampir habis terdengar suara mendecit. Itu hanya pertanda bahwa putaran setir hampir mentok. Kapasitas mesin yang kecil dan bobot bodi yang besar membuat boros konsumsi bbm-nya. Menurut pengakuan pemilik unit bermesin bensin, konsumsi bbm Caravelle bisa mencapai 5-6 km/liter Namun bukan berarti mobil ini tak memiliki kharisma. Logo VW yang disandangnya mencerminkan kualitas buatan hebat khas mobil Jerman. Ia pun memiliki penggemar fanatik yang tidak terlalu risau meski harga onderdilnya dirasa mahal bagi kebanyakan orang. Bahkan meski sekarang harganya terkoreksi cukup drastis, masih banyak orang yang berkeinginan memillkinya.

Sejarah :

1992: Volkwagen Caravelle T4 resmi masuk Indonesia. Diimpor oleh pihak PT Garuda Mataram Motor sejumlah 210 unit Caravelle Basis panjang untuk keperluan KTT Non Blok ke-10. Mesin yang diusung berkapasitas 2.500cc 5 silinder bensin dengan transmisi manual dan berpenggerak roda depan. Kapasitas angkutnya 8 orang dan belum menggunakan jok kulit.

1994: Pihak PT Garuda Mataram Motor kembali mengimpor sekitar 200 unit Caraevelle T4 sasis panjang untuk keperluan konferensi APEC.

1996: Caravelle mengalami pengembangan. Model yang hadir berkode GL short wheelbase.
Tersedia due pilihan mesin, yaitu bensin 2.500 cc 5 silinder dan turbodiesel 2.500 cc 5 silinder. Pilihan transmisinya hanya matik.

Fitur yang disandang kedua model ini termasuk berlimpah dan modern untuk ukuran mobil dieranya. Seperti AC climate control serta ABS dan airbag sudah jadi standar. Bahkan seatbelt telah tersedia untuk kedelapan bangku.Belum lagi kontrol traksi juga hadir sebagai standar. Sedangkan jok kulit dan sunroof dijadikan opsi.

2003-2004: Varian VR6 masuk ke Indonesia. Mesin yang diusung berkapasitas 2.800 cc V6. Perbedaan mendasar terlihat pada pintu geser di kedua sisi dan jok kulit sebagai standar

2004: Model T5 resmi masuk ke Indonesia. Modelnya terlihat lebih membulat dan eksklusif. Terdiri dari dua pilihan Basis, short dan long wheelbase. Mesin hanya turbodiesel 2.500 cc dengan transmisi 6-speed Tiptronic. Tampilan luar terlihat beda pada lampu depan multi reflector dan imbuhan foglamp di depan. Pintu geser samping elektrik di kedua sisi dan buritan dilengkapi sensor parkir.

Dasbornya lebih halus dan modern serta tuas transmisi dipindah ke konsol tengah. Seluruh jok dilapisi kulit dan bangku baris tengah dapat diputar ke belakang guna menghasilkan ruang rapat berjalan, plus meja lipat ditengah.

2006: Varian VW Caravelle
T5 bertambah dengan hadirnya Transporter. Mobil ini bermesin turbodiesel 1.900cc dengan transmisi manual 5-speed.Dengan lebih mengedepankan fungsi, alhasil kapasitas angkutnya mencapai 11 orang. Jok tanpa imbuhan kulit namun bangku baris be 2, 3 dan 4 bisa dilepas. Pintu samping di kedua sisi belum elektrik tapi fitur keselamatan tidak dikurangi.

Perlu diperhatikan :

1.KAKI-KAKI
Kelemahan utama mobil ini ada pada kaki-kaki, terutama belakang. Bisa jadi ini akibat mobil banyak digunakan untuk mengangkut penumpang secara berlebihan oleh pemilik sebelumnya. Jadi sebelum membeli pastikan dahulu kesehatan suspensi belakang.








2.Transmisi matik
Caravelle butuh spesifikasi oli khusus. Pernah ada kejadian pemilik yang mengganti oli di bengkel umum keesokan harinya mobil ngadat dan baru bisa jalan setelah transmisi diganti total. So, sebelum membeli perhatikan spesifikasi oli transmisi yang dipakai.








3.NOSEL INJEKTOR
Bagi Anda pemilik Caravelle diesel yang nosel injektornya bermasalah dan tidak ingin dikalibrasi, alternatif berikut bisa jadi pilihan. Lantaran harga nosel orisinalnya
mahal, VW menawarkan exchange part dengan nosel yang direkondisi oleh Volkswagen Jerman dengan garansi yang sama dengan nosel baru yang orisinal. Syaratnya, setelah diganti nosel injektor lama dari mobil Anda harus diserahkan ke pihak bengkel resmi.


4.V-BELT
Nyalakan mesin dan coba mainkan gasnya. Bila seat pedal gas diinjak terdengar suara mendecit bisa jadi itu berasal dari V-belt. Segera ganti bila ternyata benar belt sudah aus karena akan merepotkan bila putus di jalan.


Sumber : Autobild 67

Read more...

Wednesday, 17 June 2009

Mobil Hatchback Pilihan

SEJALAN perkembangan zaman, konsumen pun ingin memenuhi kebutuhan lainnya, sehingga hatchback kini beralih menjadi mobil untuk beragam keperluan. Artinya tidak lagi
hanya buat konsumen muda semata. Apalagi hatchback semakin modern dengan berbagai penerapan teknologi dan fitur kemudahan serta safety.

Mengambil momentum 40 tahun kelahiran hatchback di dunia, berikut ini tipe-tipe yang
bisa Anda pilih. Tak sekadar bergaya dan mengulang masa muda di era'90-an, tetapi juga cocok sebagai mobil multiguna, baik untuk aktivitas harian tapi juga keluarga.

1.Peugeot206
Tahun: 2001-2004
Mesin: 1.360 cc 4 silinder, 90 dk

+ Suspensi empuk (versi CKD 2004), desain modern, tersedia matik dan manual
- Posisi mengemudi, plastik dasbor keras, ruang penumpang belakang sempit



SEBAIKNYA melirik Peugeot 206 versi CKD pasca 2003 karena problem yang sebelumnya ada di versi CBU sudah teratasi. Bantingan lebih empuk dari pendahulunya.Alhasil, performa handling meningkat dan mobil terasa lebih balans.
Mesin 1.390cc 4 silinder cukup bertenaga untuk perkotaan. Fitur kemudahan pun cukup banyak, mulai dari electric mirror, spion elektrik dan power window kaca belakang. Kepraktisannya kian bertambah berkat jok belakang terpisah dan bisa dilipat.

2.Volkswagen Golf MkIV
Tahun: 2001-2004, Mesin: 1.600 cc 4 silinder, 105 dk

+ Tersedia pilihan mesin 1.6 dan 1.8 turbo (GTI), kualitas interior
- Jaringan servis, spare part mahal, bbm harus Pertamax



SETELAH lama absen dari pasar domestik, VW kembali eksis lewat Golf. Apalagi, Golf sudah dikenal pada era '80-an dengan tipe Mkl. Kini VW bukan lagi sebagai mobil rakyat dengan harga murah, melainkan telah masuk ke dalam kelas premium
dengan berbagai keunggulan.

Hal itu membuat Golf MkIV kembali dihadirkan pada awal milenium ketiga. Kesan mewah dapat langsung terlihat dengan desain bodi elegan dan kualitas mate-
rial di interior Kini tak ada lagi kesan murah saat mengendarai VW.


3.Peugeot 307
Tahun 2002-2004
Mesin: 1.587 cc 4 sunder 110 dk
+ Bentuk up-to-date, relatif irit desain dasbor, tersedia matik dan manual serta varian diesel
- Pedal gas kurang ergonomic, posisi duduk di jok belakang tegak, perlu Pertamax




PENGEMUDI dan penumpang disuguhi banyak kemudahan dalam mengendarai 307. Tersedia dalam varian lengkap, bensindan diesel, membuatnya cocok dijadikan untuk kebutuhan keluarga. Sisi kepraktisannya pun memadai lewat berlimpahnya kompartemen di depan dan belakang kabin
Banyak fitur dan potisi duduknya mantap. Sayang bangku dan suspensi agak kaku. Begitu pula posisi pedal gasnya yang kurang ergonomis. Tapi handling-nya mantap.

4.Renault clio
Tahun:2001-2004 Mesin: 1.390 cc 4 siIinder, 100dk
+ Peranti safety lengkap, performa mesin, fitur berlimpah
- Visibilitas pengemudi, ruang kepala belakang,unit terbatas




EKSTERIOR Clio memang kurang diminati konsumen Tapi jangan salah menilai kalau Renault memproduksi hatchback ini berlimpah dengan fitur keselamatan. Faktor safety Clio merupakan yang terkuat dibanding para rivalnya. Dengan 4 airbag, seatbelt 3 titik dan headrest di kelima bangku serta rem ABS, membuktikan Clio merupakan mobil teraman di kelasnya.
Kabinnya pun berlimpah kelengkapan, hanya ruang penyimpanannya agak minim Bila performa jadi prioritas, maka ni pantas dimiliki. Clio disokong mesin 1.390 cc 4 silinder 16 katup yang mampu melesatkan 0-100 km/jam dalam 10,4 detik dengan kondisi mesin terawat. Didukung pengendalian mantap, pecinta kecepatan tak salah memilih Clio.

5.VoIkswagen Polo
Tahun 2000-2004 1.390 Cc 4 silinder, 75 dk
+ Nyaman,handling akurat interior mewah dan lega,penyimpanan berlimpah
- Performa mesin, minimal setara harus Pertamax

TAMPANGNYA simpel dan konservatif. Melirik interior, tak hanya nyaman dan hening tapi penyimpanan barang juga melimpah. Singkatnya, cocok bila Anda menuntut hatchback komplet. Performanya amat memadai untuk jalanan kota. Plus
dukungan suspensi lembut membuat nyaman dikendarai.

6.Toyota starlet
Tahun 1990-1998 Mesin 1.296 Cc 72 dk
+ Desain interior, image toyota,torsi besar,pilihan 1000-1300 Cc
- Suspensi keras, karburator, minim fitur, kaki-kaki

SATU-SATUNYA lansiran Toyota yang mempertahankan desain eksterior hingga 8 tahun. Apalagi dengan teknologi 12 katup yang tak berubah sejak diperkenalkan pada 1985.

Namun mesin berkode 1E dan 2E ini memang diakui cukup kuat lantaran blok mesin
masih menggunakan material baja. Ditambah,desain interior yang cukup menarik sehingga tak usang dimakan zaman. Inilah yang membuat Starlet cukup diminati hingga Saat ini selain karena image Toyota yang disandangnya.


7.Suzuki amenity
Tahun 1991 – 1994, Mesin 1.298 Cc 4 selinder, 72 dk
+ Spare part banyak dan murah, tersedia 3 dan 5 pintu
- Mesin konvensional,body part langka
Hatchback belogo S ini tergolong menarik. Apalagi suzuki menyediakan dalam dua model yaitu 3 dan 5 pintu.Ditambah dengan kelengkapan fitur cukup memadai di eranya.Sayang, mesin yang diusung masih konvensional.
Jika hatchback lain di eranya telah menggunakan teknologi multivalve, amenity masih bertahan dengan teknologi 8 valve. Untunglah harga spare part suzuki cukup murah sehingga dapat memangkas biaya perawatan.Tapi anda akan kesulitan dan menunggu lama untuk mendapatkan Amenity yang berbodi mulus.

8.Honda civic estilo
Tahun: 1992-1995, Mesin: 1.596 cc 4 silinder, 720 dk
+ Sistem injeksi, 16 valve, kabin lapang, desain
-Hanya ada model3 pintu, mesin mudah panas

MOBIL ini jadi collector's item bagi pencinta Honda di Indonesia. Bagaimana tidak, setelah era Estilo, ATPM Honda tidak melansir Civic model 3-pintu lagi. Hal ini membuat harga pasar Estilo jadi tidak wajar untuk ukuran mobil dengan tahun produksi awal'90-an.
Selain itu, mesin SOHC 16 valve dengan pasokan bahan bakar injeksi sangat mudah di modifikasi. Akibatnya, Anda perlu mewaspadai modifikasi mesin jika ingin membeli model ini. Begitu pula dengan bodi yang kerap dimodifikasi.


9.Daihatsu charade winner
Tahun: 1990-1998, Mesin: 1.295 cc 4 silinder, 76 dk
+ Bodi ringan, fitur lengkap, teknologi 16 valve
- Lemah di as roda dan sasis, interior sempit

BICARA kelengkapan fitur dan teknologi mesin, Winner patut dipertimbangkan. Apa-
lagi dengan harga yang terjangkau dengan tahun produksi 1990-an, Winner telah
dilengkapi fitur kenyamanan seperti spion elektrik, power window dan central locksebagai standar Begitu pula mesin yang telah mengadopsi teknologi 16 valve.
Sehingga mesinnya mudah untuk ditingkatkan performanya Namun kontruksi suspensi depan Winner yang lemah membuat sasisnya rentan.
Makanya, wajib mewaspadai sasis, seperti retak pada dudukan suspensi depan.


Sumber: Autobild 53

Read more...

Antisipasi Sebelum parkir

Menjaga keamanan tidak hanya diperlukan ketika berkendara tetapi juga saat Anda memarkir mobil,terlebih lagi jika Anda memarkir kendaraan di kawasan rawan.

Bagi sebagian pengemudi, proses memarkir kendaraan saja sudah menimbulkan masalah.Apalagi ada kemungkinan ketika mobil yang ditinggal diarea parkir disambangi maling atau tangan jahil.Tentu menimbulkan masalah baru, jadi selain cara dan posisi parkir, ada hal lain yang mesti turut diperkatikan.

Meski sulit diprediksi ada maling atau tidak, tapi sebagai angkah antisipasi, keamanan mobil ketika ditinggal di area parkir penting diperhatikan.

Jangan sampai, ketika selesai beraktivitas, Anda mendapati kelengkapan atau barang bawaan di dalam mobil sudah raib. Atau malah mobil sudah tidak ada lagi di lokasi parkir akibat dibobol maling.

Jika mobil sudah diasuransikan, tentu kondisi tadi tidak terlalu menyesakkan. Tapi bagaimana jika tidak? Atau barang yang digasak maling itu ternyata begitu berarti bagi Anda. Nah, ada beberapa kiat antisipasi untuk meminimalisasi kerugian ketika meninggalkan mobil di area parkir. Mungkin terlihat sederhana, tapi banyak juga yang terlupa.

MEMARKIR mobil di area terbuka memang memiliki risiko lebih besar terhadap kehilangan atau kerusakan dibanding di area
tertutup. Tapi bahkan di area parkir dengan sistem secure, pengelola parkir tetap memberi peringatan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil.

Hal itu tak lain karena kejahatan tidak mengenal tempat. Selama ada kesempatan tentu dimanfaatkan. Kesempatan itu bisa
muncul akibat lokasi tak terjaga, dan bisa ditambah jika ada barang di dalam mobil yang dianggap menggiurkan oleh maling.
Perilaku ini paling sering terjadi. Meninggalkan barang-barang di area kabin yang mudah terlihat dari luar mobil. Terlebih jika kaca mobil Bening dan barang itu mudah menarik perhatian. Seperti meletakan tas di atas bangku atau dasbor.

Solusinya, jika mobil Anda sedan dengan bagasi terpisah, selalu sempatkan untuk menyimpan semua barang bawaan di bagasi sebelum meninggalkan mobil. Sementara untuk MPV, SUV, hatchback atau city car, bisa melengkapi dengan panel penutup bagasi jika belum tersedia.

Atau setidaknya menutupi barang bawaan di mobil dengan kain hitam.Plus menggunakan kaca film agar interior mobil sulit dilihat.Namun hal lain tetap menjadi incaran maling. Baik itu membawa lari mobil atau mencuri kelengkapan yang ada di mobil. Seperti kaca spion samping, dop pelek, head unit atau bahkan dasbor. Beberapa langkah antisipasinya:
• Lengkapi mobil dengan alarm dan kunci tambahan. Andai si maling hebat, setidaknya
beberapa pengaman itu bisa menghambat pekerjaannya.
• Mengganti lubang kunci pintu dengan model khusus yang tentu bisa mempersulit kerja
maling.
• Lepaskan penampang head unit jika terdapat fitur itu.
• Pasang pengikat kawat sling untuk mengikat dop pelek.
• Gunakan lis plat besi sebagai pengaman kaca spion.

Jika mobil Anda belum dilengkapi salah satu dari pengaman di atas, segerakan memasangnya. Karena kita sulit memprediksi kapan dan apa yang akan dicuri maling.


Pemilihan lokasi parkir memang terkadang berdasarkan tersedianya slot parkir. Namun ada beberapa lokasi yang perlu Anda hindari. Seperti menempatkan mobil di tikungan. Kondisi ini membuat pengendara lain yang melintas di situ,
kesulitan untuk menguasai kondisi jalan karena pandangannya terhalang.
Atau di pinggir jalan dengan lalu lintas yang ramai. Apalagi kalau posisi mobil menjorok ke tengah jalan. Dengan kepadatan lalu lintas, kemungkinan mobil 'disenggol' kendaraan lain menjadi besar. Sialnya, sulit diketahui siapa yang menabrak atau menyerempet mobil Anda. Jadi selain membahayakan pengendara lain, parkir disisi jalan dengan lalu lintas padat berisiko tinggi membuat bodi mobil rusak.

Risiko bodi mobil rusak juga bisa muncul jika Anda memarkir mobil di bawah pohon. Karena kemungkinan dahan pohon menimpa mobil. Minimal bisa membuat bodi baret atau penyok kecil.Bodi baret dan penyok itu juga bisa didapat jika Anda memarkir di tempat yang tidak semestinya. Semisal menghalangi akses keluar masuk pintu rumah atau kantor,
atau parkir seri tapi dengan rem parkir aktif. Bisa jadi Anda terburu-buru parkir, tapi kondisi itu mudah mengundang tangan jahil seperti membaret bodi mobil. Dan sulit diketahui siapa yang melakukannya.Jadi sebelum memarkir mobil, sebaiknya Anda lebih dulu menguasai lingkungan lokasi parkir. Dan jangan percaya sepenuhnya kepada petugas parkir. Upayakan juga memarkir mobil di tempat dengan penerangan cukup di malam hari.


Sumber : Autobild 118

Read more...

Sunday, 14 June 2009

Panduan membeli mobil bekas Kijang Inova Diesel

TOYOTA Kijang Innova Diesel lahir bersamaan dengan varian bensin di tahun 2004. Model ini dijadikan alternatif bagi penggemar Kijang yang fanatik dengan mobil diesel.
Ini dikarenakan mobil diesel dikenal irit can torsi kuat.

Desain dari generasi kelima
Kijang ini telah berubah total.Bodi luarnya terlihat lebih membulat dan cantik ketimbang Kijang Kapsul. Suspensinya pun telah berubah. Sistem lengan torsi di depan dan per daun di belakang telah diganti per keong di keempat roda. Mobil pun jadi lebih nyaman saat dikendarai.
Hal yang sama terlihat pada bagian dalam. Dasbor terlihat lebih modern dengan imbuhan kelir two tone. AC double blower sudah tidak sebesar pendahulunya. Begitu juga mekanisme pelipatan bangku belakang yang sudah dilipat ke samping ala Land Cruiser.

Kijang Innova Diesel sudah mengusung teknologi canggih pada mesinnya. Bahkan untuk mobil diesel di masa itu. Unit 2.494 cc berkode 2KD-FN ini sudah mengaplikasi sistem injeksi bbm langsung (D4-D) dengan imbuhan turbo. Alhasil ia mampu menelurkan tenaga
hingga 102 dk pada 3.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 1.400-3.200 rpm. Untuk pilihan model, ia sama dengan varian bensin.

Sebagai generasi terakhir Kijang, Innova Diesel dikenal irit dengan kenyamanan berkendara yang memadai. Di samping itu, nama besar Toyota jadi penguat eksistensinya. Tak ayal, harga jual mobkasnya masih terbilang tinggi.

KEY STORY :
2004: Bulan Agustus 2004 Kijang Innova diesel hadir bersamaan dengan varian bensin. Terdiri tiga pilihan model, yaitu E, G dan V. Varian E sebagai model paling terjangkau hadir dengan beberapa pengurangan. Seperti tidak adanya foglamp depan. Pelek yang dipakai berbahan besi ukuran 14 inci dengan imbuhan dop. Cover spion, grit dan hendel pintu berwarna hitam. Di samping itu ia juga belum dilengkapi wiper belakang.Bagian dalam tipe E mirip dengan model di atasnya. Namun ada beberapa perbedaan. Seperti ia belum dilengkapi seatbelt untuk bangku baris ketiga dan blower AC belakang. Warna interior didominasi kelir abu-abu dan audio masih single DIN. Oh ya,tipe E hanya memiliki satu pilihan transmisi, yaitu manual.

Bagian luar tipe G sudah dilengkapi foglamp depan dan wiper belakang. Grilnya pun sudah sewarna bodi dan pelek alloy
15 inci jadi standar. Spion tipe G berpenggerak elektrik meski covernya masih hitam.

Di dalam, tipe G telah dilengkapi seatbelt bangku paling belakang dan kisi AC menjangkau seluruh baris bangku. Interior juga didominasi warna ivory dan audio telah double DIN. Untuk pilihan transmisi ia sama dengan tipe V, yaitu manual dan matik.

Bagian luar tipe V sama dengan G. Tapi seluruh hendel pintu dan cover spion berlapis krom. AC untuk model ini sudah climate control. Panel instrumennya juga menggunakan Optitron dan Kijang Innova V juga sudah dilengkapi Multi Information Display (MID). la juga memiliki model tambahan, yaitu V Xtra. Bedanya dari V standard ada pada seluruh bangku yang telah berlapis kulit dan captain seat di baris tengah. Setir dilengkapi pengatur audio dengan tambahan CD changer.

Januari 2007 produksi Kijang Innova Diesel sempat dihentikan. Alasannya lantaran mutu solar yang beredar tidak memenuhi syarat yang ditentukan Toyota.

2007: Kijang Innova Diesel kembali dilansir karena makin membaiknya mutu Solar yang dijual Pertamina. Model ini juga sudah lulus standard Euro2. Namun tidak banyak ubahan dilakukan. Hanya tipe E saat ini memiliki model baru, yaitu E double blower. Artinya seluruh baris bangku memiliki saluran AC sendiri. Spionnya pun telah elektrik.

Perlu Diperhatikan :
1.KAKI-KAKI DEPAN
UMUMNYA mobil bermesin diesel lebih berat ketimbang bensin. Apalagi bila ditambah transmisi matik.
Alhasil bobot yang harus digendong oleh kaki-kaki depan lebih besar. Padahal secara konstruksi tidak ada perbedaan dengan varian bensin. Belum lagi kondisi jalan dan karakter pengemudi makin mempersingkat usia pakainya. So, sebelum membeli perhatikan dengan seksama kondisi kaki-kaki terutama depan dari mobil ini.




2.KAMPAS REM DEPAN
BERTAMBAHNYA bobot mobil jelas berimbas pada bagian lain. Seperti kampas rem depan. Ini dikarenakan kinerjanya akan semakin berat saat melakukan pengereman.Apalagi jika pemilik lama malas memanfaatkan engine brake dan lebih mengandalkan kekuatan rem saat berhenti. Saat melakukan pengecekan kaki-kaki, rem depan mobil ini bisa ikut diperiksa.

3.FILTER SOLAR
MOBIL baru peminum Solar saat ini resiko rusaknya lebih kecil karena semakin baiknya mutu bahan bakar diesel ini. Namun
untuk mobil bekas bisa lain ceritanya.Nah, salah satu cara memastikan baik tidaknya kondisi mesin diesel adalah dengan melihat filter Solarnya. Ditandai dengan rajin tidaknya pemilik lama mengganti filter tersebut sesuai rekomendasi pabrik. jika ya, maka kemungkinan mesinnya bermasalah akan kecil.





Sumber : Auobild Edisi 115

Read more...

Panduan membeli mobil bekas Chevrolet Zafira

SEBELUM resmi di launching tahun 2000,Zafira masih mengusung nama Opel. Baru awal millennium, PT General Motors Indonesia selaku ATPM Chevrolet di Indonesia mengganti namanya menjadi Chevrolet.
Untungnya,kehadiran Chevrolet Zafira memenuhi hasrat konsumen yang mendambakan kenyamanan dan keamanan MPV medium. Belum lagi, fitur dan kepraktisan lainnya yang menambah daya tarik mobil ini. Lihat saja kabin Zafira yang berkapasitas 7 penumpang telah dilengkapi sistem pelipatan jok hebat yakni Flexi 7, roof rack, cup holder,laci penyimpanan dan lainnya.

Untuk safety, unit inipun sudah dibekali ABS dan airbag. Selain itu, mobil ini dilengkapi cathalytic converter agar lebih ramah lingkungan.

Tak heran kalau Zafira menjadi produk unggulan dari PT GMI selain Blazer. Bedanya,produksi Blazer terhenti mentara Zafira masih tetap berkibar. Dan, perubahan (facelifted) masih ditunggu konsumen di Tanah Air.


KEY HISTORY
2000 - 2001
Generasi pertama Chevrolet Zafira di pengujung 2000. PT General Motors Indonesia hanya merilis Zafira varian CD
versi matik bermesin 1.796 cc 4 sllinder DOHC. Medium MPV berkapasitas tujuh penumpang ini dilengkapi roof rack, power window, central lock, airbags, ABS dan lainnya. Belum lagi kabinnya telah dilengkapi sistem lipatan canggih Flexi 7 Satu tahun kemudian, versi manual Zafira CD hadir. Selain transmisi,fitur dan kelengkapan tidak beda jauh dengan versi sebelumnya. Varian Ini telah mengadopsi pedal tanpa kabel (drive by Wire) yang dikendalikan secara elektrik.


2002-2003
Awal 2002, versi Zafira GL (standar) diluncurkan yang notabene spec-down dari pendahulunya. Tak heran beberapa fitur dan kelengkapan ditiadakan seperti power window di kursi belakang, baris ketiga (5 penumpang) dan roof rack. Selain itu, versi standar ini menggunakan pelek kaleng plus dop.

2004 Baru varian Elegance, versi mewah mobil ini diluncurkan memenuhi jajaran Zafira yang ada. Sentuhan lux mulai hadir di varian ini. Sebut saja jok kulit, two tone side body molding yang stylish dan modern, side skirt, foglamp dan lainnya menambah keeleganan mobil ini. Serta kontrol AC yang independen untuk bagian depan dan belakang, serta tape/radio sound system dengan enam speaker bersuara jernih.

Checklist :

1. SUSPENSI
Secara umum bagian ini tidak terlalu bermasalah. Bahkan salah satu poin menarik dari Chevy Zafira untuk penunjang kenyamanan. Namun demikian, tak ada salahnya untuk memeriksa dengan seksama bagian tie rod, bushing
arm dan sokbreker. Lihat apakah peranti tersebut masih tetap mumpuni atau tidak.

2. SASIS
Karakternya hampir mirip mobil Eropa lainnya, yakni rentan pada sistem kelistrikan. Terutama pada versi transmisi matik. Cek bagian kabel-kabel apakah secara visual rusak atau tidak. Cek juga apakah lampu indikator ada yang menunjukkan kerusakan.Bila mendapati masalah demikian sebaiknya jangan cepat-cepat memutuskan untuk membeli. Maklum, serentetan masalah bisa lantas mengadang mobil ini.

3. BODI
Pastikan jangan ada lelehan oil pada sekitar peranti power steering. Bila ada, hampir dipastikan peranti ini bermasalah. Periksa sil dan selang di sekitar peranti ini. Bila perlu ganti agar performa lebih maksimal.


Sumber : Autobild edisi 58

Read more...

Tuesday, 9 June 2009

Panduan membeli mobil Toyota Harrier

REGULASI di bidang otomotif pada juli 1999 membawa angin segar bagi importir umum (IU) untuk memasarkan mobil dalam kondisi completely built-up (CBU). Toyota Harrier merupakan salah satu dari sekian banyak produk CBU yang hadir di pasar Indonesia.

Setelah diperkenalkan pada 1997 di jepang, Toyota Harrier mulai didatangkan pada tahun 2000 di Indonesia. Terus terang, ini merupakan SUV lansiran Toyota yang begitu digemari konsumen dan menjadi obsesi Toyota untuk menguasai pasar jip mewah di Eropa untuk pasar Eropa di beri nama Lexus RX300.


Salah satu kelebihan dari Toyota Harrier terletak pada sektor kenyamanan. "Makanya, jarang ada Toyota Harrier dijual dalam kondisi second hand. Kebanyakan konsumen memilih untuk tetap menggunakannya sebagai alat transportasi harian. Lantaran biaya perawatan yang tidak terlalu mahal dan tergolong tangguh," terang R Bagus Prakoso, Technical Engineering Assistant Manager PT Garansindo Inter Global.Walau Toyota Harrier memiliki pilihan mesin 2.163 cc 4 silinder segaris 140 dk,namun mesin 2.994 ccV6 220 dk lebih diminati oleh konsumen. Selain tenaga besar, full time 4WD-nya cukup menolong saat di medan berat. Kondisi ini membuat Harrier cukup fleksibel digunakan di jalan aspal atau off-road, sebab penggerak roda belakang hanya bekerja ketika roda depan kehilangan traksi.

Asyiknya lagi memiliki Harrier, ATPM Toyota di Tanah Air menerima konsumen untuk melakukan perawatan atau perbaikan di jaringan bengkel resmi Toyota. Mesin dengan kode 2AZ-FE (2.4) dan 1 MZ-FE (3.0), serupa dengan milik Toyota Camry yang dipasarkan di Indonesia.Alhasil, kebutuhan spare part akan lebih mudah diperoleh.

Perlu perhatian :

1.MESIN
Pertama kali membeli, cermati jarak tempuh di odometer. Jika telah melebihi 60.000 km, tentu perlu pemeriksaan lebih intensif pada mesin. Timing belt merupakan komponen penting yang segera perlu diganti jika pemiliknya terdahulu belum menggantinya.

2.SUSPENSI
Begitu pula dengan suspensi, kondisi sokbreker rentan lemah setelah mobil menempuh jarak 60.000 km lebih. Apalagi jika sering melalui jalan rusak. Tie-rod, bearing dan bushing-bushing pun mulai mengalami kelelahan.

3.TRANSMISI
Berhubung Harrier hanya memiliki satu pilihan transmisi matik, tentu perlu kecermatan tersendiri. Pastikan perpindahan gigi dapat berjalan dengan smooth tanpa ada hentakan atau terjadi gejala slip.Tunda pembelian jika kedua kendala diatas ditemui dan mintalah pemilik untuk mengganti oli transmisi.Jika masalah tersebut tidak dapat dihilangkan, segera batalkan pembelian mobil.


4.BODI
Harrier didatangkan melalui IU, maka PT Toyota Astra Motor selaku ATPM di Indonesia tidak menyediakan body parts. Jadi, pastikan bodi masih dalam kondisi baik dan tidak perlu penggantian. Sebab, ketersediaan komponen perlu diperoleh dari jepang dan akan memakan waktu hingga 3 bulan jika memakai jalur laut.



Sumber : Autobild Edisi 67

Read more...

Panduan membeli mobil BMW 530i

BMW Seri-5 E39 pertame hadir pada 1996 sebagai pengganti generasi E34.Sebagai pabrikan ternama, BMW menjanjikan pengendalian prima tanpa mengurangi kenyamanan produknya. Alhasil model yang diperuntukkan bagi segmen eksekutif ini juga digemari oleh kawula muda penggemar kecepatan.

Dalam kebijakan pabrikan asal Munich itu, satu generasi hanya mengalami sekali facelift dalam rentang usianya. Biasanya terjadi setelah mobil berumur 3-4 tahun danrentang peredarannya yang 7-8 tahun. Oleh sebab itu di tahun 2001 Seri 5 mengalami ubahan, dan saat itulah 530i hadir menggantikan 528i.

Teknologi canggih BMW kerap menjadi pelopor di bidangnya. Sebut saja sistem ABS yang didampingi Automatic Stability Control plus Traction (ASC+T), Dynamic Stability Control (DSC) dan Dynamic Brake Control (DBC). Begitu berbagai fitur yang memanjakan penumpang, seperti jok kulit elektrik dengan memori, setir multifungsi, cruise control dan AC climate control. Sementara on boardcomputer membantu pengemudi memantau kondisi mobil.

Mesin yang bertengger di bawah kapnya sangat memadai untuk mobil seukurannya, unit ini telah dilengkapi teknologi VANOS
untuk memaksimalkan performa.Ditambah pengendalian mengagumkan yang telah menjadi ciri khas BMW, menjadikan 530i mobil mewah yang nyaman dengan citarasa sporty yang kental.

KEYHISTORY
1996: BMW Seri-5 E39 hadir di Indonesia dengan tipe 5231 dan 528i. Tpe 528: menggunakan mesin M52 2.800 cc, 198 dk dengan transmisi matik 5-speed Steptronic pertama kalinya untuk Seri-5. Sementara 523i dibekali mesin 2.300 cc, 170 dk dengan transmisi manual.
Kelengkapan standar 528i cukup berlimpah. Sebut saja rem dengan ABS dan EBD, jok kulit elektrik, AC climate control dan 4
airbag. Sedangkan 523i tak dilengkapi jok kulit dan tanpa pelek alloy.

1997: Ada penambahan fitur pada 528i berupa setir multifungsi dan pelek alloy 16 inch. Sedangkan 523i sudah tidak dipasarkan.

2000: BMW merilis 5251 sebagai varian baru dengan kelengkapan standar tak jauh berbeda dengan 528i. Model bermesin M54 2.500 cc ini hadir hingga 2002.

2001: BMW Seri-5 E39 mengalami facelift.Ubahan paling kentara ada pada lampu depan proyektor bening dan lampu kecil berbentuk cincin. Gril ginjal khas BMW juga berukuran lebih besar.Di buritan, lampu belakang LED menjamin cahaya lebih terang dan respons lebih cepat. Selain itu sensor parkir belakang juga disematkan guna membantu manuver.

Seri-5 facelift muncul dalam dua pilihan: 520i dan 530i. Tpe 530i menggunakan mesin M54 3.000cc 6 silinder, bertenaga 231 dk pada 5.900 rpm dan torsi 300 Nm di 3.500 rpm. Karakter mesin ini membuatnya nikmat dikendarai lantaran torsi tersedia sejak putaran relatif rendah.

Kelengkapan standar 530i sangat berlimpah: seluruh bangku dilapis kulit dan dilengkapi seat belt Bangku depan full elektrik memiliki memori penyetelan, AC sudah dilengkapi climate control dan audio terintegrasi dilengkapi single CD plus CD changer di bagasi.Setir multifungsinya mampu mengatur audio dan cruise control. Sementara on-board computer menyajikan data konsumsi bbm,jarak tempuh dan interval servis Untuk urusan keselamatan, 530i dilengkapi 10 airbag, ABS yang dibantu oleh kontrol kestabilan, fitur lain yang menjamin keamanan berkendara.

2002: BMW 530i mendapat tambahan fitur baru yaitu tirai untuk jendela samping belakang. Tahun ini juga menandai berakhirnya masa produksi 520i.

2003: Seri-5 E39 digantikan oleh E60 yang memiliki beragam keunggulan. Seperti sistem kontrol terpadu Drive, kabel serat optik di sekujur tubuh dan Active Steering.



Perhatikan :

1.TABUNG RESERVOIR RADIATOR
Kondisi iklim di Indonesia yang bersuhu panas membuat daya tahan tabung penampung air ini berkurang. Alhasil kerap terdeteksi kebocoran dibagian ini. Jadi saat melakukan pengecekan, tak ada salahnya bagian ini juga diperiksa.










2.KAKI-KAKI DEPAN
Meski BMW adalah mobil yang tangguh, kondisi jalan yang kurang hersahabat mengurangi usia pakai komponen kaki-kakinya terutama yang depan. Apalagi ada kebiasaan pemilik yang mengganti pelek standar dengan diameter besar. Meski lebih cantik, langkah ini mengurangi usia pakai komponen kaki-kaki.


3.KOMPONEN REMANUFAKTUR
UNTUK komponen yang mahal dan sulit didapat seperti ECU, BMW menawarkan alternatif hagi konsumennya. Alternatif itu adalah komponen rekondisi dari BMW Jerman,atau istilah mereka komponen remanufaktur. Hal ini cukup membantu mengingat harganya yang cukup murah dan tetap mendapatkan garansi resmi dari BMW Indonesia selama 2 tahun.


Sumber : Autobild Edisi 67

Read more...

Monday, 8 June 2009

Panduan Membeli mobil bekas mercedez Ben-Z C-Class

MERCEDES-BENZ menghadirkan line-up termurah ini guna memenuhi segmen yang masuk dalam kategori lower luxury car. "Meski C-Class masuk kategori termurah di keluarga Mercedes-Benz tapi tetap bisa jadi kendaraan yang diandalkan. Itu sebabnya populasi C-Class cukup banyak," tukas Amiruddin Azis, Assistant Workshop Manager PT Permorin.



Apalagi ditambahkan bila produk Mercedes-Benz ini memiliki mesin nan tangguh meski usianya sudah lama. "Paling utama diperhatikan spareparts fast moving-nya, sementara untuk mesin terbilang bandel," imbuh Amiruddin. Nah bila Anda berminat melirik C-Class dari berbagai generasi ini tidak salah karena selain terbukti bandel, harganya juga paling feasible dan imagenya pun kuat.




Berikut ini generasi mobil mercy tersebut :

1. Mercedes-Benz C180
Tahun:1995-1998
Mesin: 1.799 cc 4 silinder
Tenaga maksimum:120 dk/5.000 rpm
+ Versi termurah, cocok untuk komuter kota.
- Power kecil, kurang diminati

MOBIL ini merupakan generasi C-Class pertama yang hadir di sini. Terbukti begitu banyak peminat CIBO (istilah dari C180). Namun varian murah MB ini patut diwaspadai pada sektor engine harness yang cukup rentan. Hal lain yang paling banyak dikeluhkan adalah power yang kecil dan membuatnya kurang asyik diajak keluar kota. Tapi untuk transporter dalam kota kemampuannya terbilang memadai.

2. Mercedes-Benz C200
Tahun:1996-2000
Mesin: 1.998 cc 4 silinder
Tenaga maksimum: 134 dk/5.500 rpm
+ Mesin bertenaga, sesuai kondisi perkotaan
- Engine harness

MERUPAKAN penyempurnaan dari C180 terlebih perihal tenaganya. Secara kasat mata memang tak beda dengan C180, kecuali saat menilik ke ruang mesin yang kapasitasnya lebih besar. Tetap cocok sebagai kendaraan Kota dan lebih mumpuni
bila di ajak keluar kota.


3. Mercedes-Benz C230
Tahun: 1997-2000
Mesin: 2.295 cc 4 silinder
Tenaga maksimum: 147 dk/5.400 rpm
+ Sistem injeksi lebih advance,handling mantap
- Engine harness

PENERAPAN sistem injeksi lebih advance membuat mesin lebih efisien dan bertenaga.
Tak pelak C230 asyik diajak di dalam Kota atau keluar kota. Hanya sektor engine harness
(kabel-kabel di mesin) yang patut diperhatikan benar karena sektor ini sangat vital fungsinya.
Jadi paling tidak cek apakah kondisi kulit luarnya masih baik atau sudah getas.

4. Mercedes-Benz C230 kompressor
Tahun: 1997-1999
Mesin: 2.295 cc 4 silinder
Tenaga maksimum:190 dk/ 5.300 rpm
+ Tenaga dan akselerasi mumpuni,stabil
- Usia mesin, peranti rem

DILENGKAPI supercharge yang mampu mendongkrak performa mobil. Alhasil kemampuannya bisa menggoda pengendara untuk berlari kencang. Perlu melihat secara teliti bila varian sering diajak berlari kencang. Paling tidak umur mesin jadi lebih singkat, terutama komponen di dalamnya. Peranti pengereman pun patut diperhatikan karena bisa saja sudah usang.

5. Mercedes-Benz C230T
Tahun:1997
Mesin: 2.295 cc 4 silinder
Tenaga maksimum: 147 dk/5.400 rpm
+ Pas untuk keluarga,sesuai dengan kondisi lalu lintas Kota
- Jumlahnya sedikit peminat, bodi besar,sparepart

TIPE estate ini cocok sebagai mobil keluarga. Sayang daya serap pasar di sini kurang sehingga jumlah unitnya sangat sedikit. Hal ini merepotkan dalam soal perawatan. Minimal saat memilih tipe ini, Anda memperhatikan benar-benar bagian bodi. Selanjutnya perhatikan pula sektor interior karena bila digunakan sebagai mobil keluarga, pemilik pasti membawa anak-anakyang kerap menyebabkan bermacam hal.


6.Mercedes-Benz C240
Tahun: 2000-2002
Mesin: 2.597 cc V6
Tenaga maksimum: 167 dk/5.500 rpm
+ Versi mesin sudah lebih canggih,konsumsi bbm ekonomis
- Mesin acap tiba-tiba mati, akselerasi bawah loyo

TIPE ini merupakan versi yang menggunakan mesin generasi baru. Hal itu yang membuatnya cukup mumpuni performanya dan konsumsi bbm-nya irit. Namun karena baru mengadopsi mesin baru kerap ada masalah yang terjadi. Ada baiknya mengecek terlebih dahulu apa pemilik sebelumnya mengalami problem serupa.


7.Mercedes-Benz C280
Tahun: 1997-1998
Mesin: 2.799 cc 6 silinder
Tenaga maksimum:
190 dk/5.300 rpm

+ Tenaga besar
- Populasi kecil, sparepart mahal

VARIAN yang mengusung mesin besar ini performa dan akselerasinya lumayan. Lagi-lagi populasi yang tak banyak harus jadi faktor yang diperhatikan peminatnya. Terutama soal ketersediaan sparepart. Kalaupun ada lumayan tinggi harganya.
Sektor yang paling diperhatikan bila berniat memilikinya adalah part fast moving dan kaki-kaki seperti tie-rod dan ball joint mengingat kondisi usianya.


8.Mercedes-Benz C36 AMG
Tahun: 1997
Mesin: 3.600 cc 6 silinder
Tenaga maksimum: 286 dk/5.750 rpm
+ Performa kencang, cocok bagi speedgoers
-: Populasi sangat kecil, biaya perawatan amat mahal

MOBIL ini lewat fasilitas impor CBU saat KTT APEC 1994. Tipe ini juga merupakan model pertama hasil kolaborasi resmi Mercedes-Benz dengan tuner AMG dalam menghasilkan mobil dengan performa mumpuni. Berhubung sangat terbatasnya jumlah unit yang beredar dan kekhasan produk AMG ini, bila terjadi apa-apa harus ditangani pihak AMG sendiri. Sehingga untuk perawatannya memakan biaya lebih tinggi dan tentu saja waktu.


sumber : Majalah Auto Bild esisi 61

Read more...

Tuesday, 2 June 2009

Daihatsu ceria VS Timor DOHC 1997

Dear redaksi, saya mau tanya seputar masalah mobil her-cc kecil (sekitar800 cc).
1.Apa kekurangannya? Apakah tidak kuat untuk diajak jalan jauh, misalkan Jakarta-Semarang-Surabaya.
2.Budget saya untuk membeli mobil hanya sekitar Rp 35-40juta, saga ingin mendapatkan mobil berusia muda dan cenderung memilih Daihatsu ceria. Apa sih kelemahannya? Dan untuk dana sebesar itu apakah ada mobil lain yang lebih baik untuk saya beli?
3. Bagaimana denganTmor,apa kelebihan dan kekurangannya? Dan menurut redaksi apakah saya pilih Ceria atau
Timor?


Jawab
1. Mobil kecil dirancang khusus untuk utilitas perkotaan. Ibarat manusia, mobil kecil mempunyai napas dan
langkah yang lebih pendek. Kelemahannya tentu saja di soal tenaganya yang kecil sehingga agak lemah dipakai membawa beban berat atau menanjak. Tapi untuk dipakai perjalanan Jakarta-Surabaya, mestinya tidak masalah apalagi jika bebannya tak terlalu berat.

2.dan 3. Daihatsu Ceria memiliki kabin sempit dan tenaga kecil.Tapi berhubung relatif Baru,kondisi biasanya masih baik. Di kisaran dana itu Anda bisa juga memilih Toyota Starlet Kapsul 1.000 cc keluaran'90an awal. Memang sudah'tua',namun lebih nyaman dan bertenaga untuk perjalanan jauh.
Tambah sedikit lagi, Anda pun dapat memiliki Tmor DOHC 1997 seharga Rp 40-45 juta. Dibanding harganya, Timor
memberi nilai jauh lebih tinggi.


Sumber: Autobild 56

Read more...

Tips memilih Aki

Setelah kita tahu jenis dan type-type aki maka kita sebelum membeli aki ada baiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1.PILIH UKURAN YANG SESUAI
Di pasaran tersedia beberapa ukuran bodi dan terminal aki. Jangan pilih aki dengan bodi lebih besar dari dudukannya atau terminal aki yang tak sesuai dengan kabelnya.




2.KEMAMPUAN SESUAI KEBUTUHAN
Sebaiknya pilih aki dengan Ampere yang sama seperti standar mobil. Spesifikasinya tertera di buku manual kendaraan. Tapi jika mobil dipasangi banyak aksesori perangkat elektronik, tentu memerlukan aki dengan ampere lebih besar.


3.UMUR PAKAI PANJANG
Umumnya pada kemasan atau bodi aki tertera umur pakai sebelum ia harus diganti. Umur pakai aki yang ada di pasaran saat ini sekitar 3-5 tahun.

4.CARI TAHU BERAPA LAMA AKI BISA BERTAHAN DALAM KONDISI TANPA DICHARGE
Hampir semua aki dilengkapi reserve capacity yang menunjukkan berapa lama aki bisa berfungsi saat alternator mobil gagal bekerja.

5.PILIH AKI YANG MASIH FRESH
Carilah aki yang tak dipajang di toko selama lebih dari 6 bulan. Untuk memastikan, Anda bisa melihat waktu pengiriman pada kemasannya. Biasanya tertera dalam bulan dan tahun. Tapi ada juga yang dalam format kode. Semisal A5, A
untuk Januari dan 5 mewakili 2005.



6. SEBERAPA LAMA GARANSINYA
Sebaiknya memilih aki dengan masa garansi panjang. Biasanya tertera dalam hitungan bulan untuk periode pemakaian aki tanpa masalah. Ini perlu Anda perhatikan karena jika aki gagal bekerja di dalam rentang waktu tertentu, Anda masih bisa memperoleh penggantian.






7.KELENGKAPAN YANG MEMUDAHKAN
Kelengkapan ini bisa berupa pegangan yang terpasang di atas bodi aki. Sehingga memudahkan saat mengangkatnya. Selain itu, indikator fungsi aki di bagian atas juga membuat pengecekan jadi lebih mudah.

Read more...

Perbedaan Aki konvensional VS Maintenance free VS Hybrid

FUNGSI aki adalah penyuplai arus sekaligus penyetabil tegangan listrik di mobil. Arus listrik ini digunakan untuk memutar motor starter, mengaktifkan sistem pengapian dan pompa bensin elektrik sehingga mesin bisa dihidupkan. Saat mesin sudah hiudp, fungsi aki berubah menjadi penyetabil tegangan listrik.

Jika sudah tak mampu menyuplai listrik sesuai kebutuhan,maka komponen yang berisi cairan elektrolit ini perlu diganti,karena praktis mobil tak bisa dijalankan. Terlebih kalau aki sudah melewati umur pakainya.

Dilihat dari jenisnya, ada tiga macam aki yang tersedia:

1.Konvensional,Aki konvensional biasanya disimpan di toko dalam kondisi kering. Begitu hendak digunakan baru diisi cairan elektrolit. Kelebihan jenis ini harganya lebih rendah dan lebih tahan guncangan. Tapi penggunanya harus melakukan perawatan rutin yaitu mengisi air aki untuk menggantikan cairan elektrolit yang menguap.

2.Maintenance free,Pada aki maintenance free uap cairan elektrolit itu diembunkan dan masuk lagi ke dalam aki. Tapi iklim tropis kurang cocok baginya, karena uap yang dihasilkan terlalu banyak dan tak imbang dengan proses pengembunan. Harganya pun relatif lebih tinggi dari jenis konvensional.

3.Hybrid, Sedang jenis hybrid adalah paduan teknologi aki konvensional dan maintenance free. Kelebihan utama aki jenis ini, walau mobil lama tak dipakai, ia tetap dapat menyuplai arus listrik sesuai kebutuhan.

Read more...

Monday, 1 June 2009

Istilah Air Conditioning (AC)

Istilah Air Conditioning (AC) dalam dunia otomotif tentunya sudah menjadi hal lazim. Hanya saja, masih banyak pertanyaan tentang perkembangan pengatur suhu kabin kendaraan ini.
Di Indonesia, AC pasti identik dengan pendingin kabin. Padahal sebenarnya bisa berfungsi sebagai pendingin maupun penghangat ruangan.

"Kondisi di Indonesia yang terdiri dua musim saja tidak membutuhkan sistem penghangatnya. Itu sebab di sini AC lebih lazim dikenal sebagai pendingin saja," tutur Dwi Parileksono P., Section Manager Sales & Marketing Training PT Daimler Chrysler Indonesia.


COMOT KINERJA KULKAS

LALU seperti apa saja teknologi AC yang ada di mobil? Bila ditarik ke masa silam, perangkat pendingin kabin kendaraan ini dibuat lantaran negara produsen mobil, baik Eropa maupun Amerika, memiliki 4 musim setahun. Saat musim panas, suhu di dalam kabin terasa menyengat. Teknologi pertama AC ini pun nyaris identik dengan sistem refrigerator (kulkas) yang diaplikasi ke mobil. Pertama kali diperkenalkan di mobil Packard buatan Amerika pada tahun 1939. Saat itu,evaporatornya sampai memenuhi ruang bagasi.

Sementara pengontrolnya hanya ada pada blower saja, berupa tombol on/off saja. Baru pada 1941, perangkat AC ini diaplikasikan di mobil massal buatan Cadillac sebanyak 300 unit. Sejalan dengan waktu, pengembangan AC pun semakin canggih dan efisien serta jauh lebih kompak.Di samping evaporator dan ?blower, AC pun dilengkapi dengan kompresor dan sistem elektronik lebih canggih. Sistem pendingin kabin ini semakin populer dengan adanya gas pendingin (refrigerant) Freon di era '80-an.

TIPE DUAL DAN 4 ZONAL
SEJALAN dengan perkembangan teknologi mobil, AC pun menjadi suatu keharusan di setiap kendaraan. Tidak kepalang tanggung,
bila selama ini sistem AC hanya terdiri dari kontrol besar kecil blower serta tingkat kedinginan sekuensial semata, mobil modern mempunyai beragam keunggulan.

Misalnya pengendara dapat menentukan pengaturan suhu tertentu yang diinginkan di kabin.Sistem pengaturan ini lebih dikenal dengan istilah climate control."Lantaran AC sudah menjadi standar sebuah kendaraan, produsen pun terus mengembangkan sistem pengatur suhu yang dapat dioperasikan secara konvensional atau pun yang canggih," imbuh Dwi.

Saat ini teknologi AC mencakup 3 hal yaitu :

1 Sistem AC konvensional,AC konvensional adalah sistem yang paling banyak digunakan.

2.Sistem dual zonal,Sementara untuk dual zonal merupakan sistem kontrol suhu yang bisa mengatur tingkat temperatur berbeda antara kabin depan dan belakang. Model ini sudah mulai banyak diaplikasikan di mobil modern. Penyebutannya sendiri berbeda untuk setiap pabrikan. Contohnya Mercedes-Benz yang membari julukan sistem Thermatic. Ciri AC dual zonal adalah sistem pengaturan yang masih berupa tombol di dasbor

3.Sistem 4 zonal,Sistem 4 zonal lebih canggih lagi karena mampu mengatur suhu berbeda di keempat bagian kabin. Ciri khasnya terlihat jelas bila terdapat tampilan digital pada kontrol AC di mobil.

Dari perkembangan teknologi AC ini juga bisa ditegaskan bila sistem mi bukan hanya sebagai pendingin saja tetapi juga sebagai penghangat.

Tahukah anda
Salah satu kelengkapan penting dari AC mobil ini adalah gas refrigerant Freon atau ChloroFluoro Carbon (CFC).
Freon ditengarai sebagai biang rusaknya lapisan ozon. di atmosfer bumi. Memang benar Freon menyebabkan kerusakan ozon, tetapi hal itu terjadi pada Freon berkode R-12. Sementara Freon yang saat ini digunakan terbilang ramah lingkungan berkode R-134a.

Tiada istilah AC tak dingin akibat Freonnya habis, kecuali bila ada kebocoran dalam sistem. Hal itu dimungkinkan akibat kurang maksimalnya kerja kompresor atau kerusakan evaporator. Selain itu, kebocoran juga bisa disebabkan mampatnya filter AC. Pasalnya, sistem AC mobil saat ini sudah mengaplikasi metode filtrasi untuk menyaring udara kotor dan partikel renik yang bisa membuat ruangan tak nyaman bagi pengendaranya.

Rentang suhu pada AC pendingin di mobil umumnya berkisar 160-28 derajat Celcius. Bila suhunya sudah melebihi dari
ketentuan itu berarti mobil tersebut dilengkapi AC pendingin dan pemanas.

Sumber : Auto Bild Edisi 56

Read more...

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP