Powered by Blogger.

Sunday, 31 May 2009

Teknologi Sistem Pengapian Kijang Inova

Sistem dan komponen pengapian pada mesin bensin—khususnya Kijang Innova—adalah bagian utama yang menentukan performa mesin. Karena pembakaran dimulai oleh pengapian, mesin bensin disebut juga SI atau spark ignition.

Pembakaran terjadi karena adanya nyala yang membakar campuran udara dan bahan bakar yang dimampatkan di dalam mesin atau ruang bakar. Nyala atau bunga api dihasilkan oleh busi. Ujung busi yang menghasilkan bunga api berada di ruang bakar.

Tanpa Distributor
Terdapat perbedaan cukup banyak antara mesin Kijang Innova dan versi yang mesin Kijang yang masih menggunakan karburator untuk sistem pengapiannya. Pada mesin Innova atau mesin Kijang yang sudah menggunakan sistem injeksi tidak lagi menggunakan distributor atau bahasa sehari-hari sering juga disebut “delko” atau platina. Sistem pengapian tanpa distributor ini bahasa kerennya DIS (distributorless ignition system).

Karena tidak punya distributor, waktu pengapian tidak perlu lagi disetel lagi, seperti mesin “jadul” dengan menggeser-geser distributor. Dengan ini pula, perawatan makin praktis. Di samping itu, performa atau kinerja mesin tetap bisa dijaga selalu berada pada kondisi prima. Pasalnya, tidak ada bagian yang cepat rusak atau oblak.

Dulu, zaman distributor yang masih menggunakan platina, bagian ini paling sering oblak dan langsung memengaruhi kerja mesin.

Distributor tidak lagi diperlukan karena setiap busi langsung diaktifkan oleh satu koil. Setiap busi punya satu koil.

Pada mesin lama, bentuk koil mirip dengan botol. Satu koil digunakan untuk empat busi (mesin empat silinder) atau lebih (tergantung jumlah silinder). Kondisi tersebut membuat kerja koil jadi berat, terutama ketika bekerja pada putaran tinggi.

Coba bayangkan, mesin 4 silinder, yang bekerja pada 5.000 rpm, mengharuskan koil menghasilkan tegangan tinggi 10.000 kali setiap menit atau 27 kali per detik. Pasalnya, setiap dua putaran per silinder, busi harus menghasilkan satu kali tegangan. Nah, kalau empat silinder, 2 x 5.000 = 10.000.

Koil sekarang yang langsung dipasang di kepala busi hanya bekerja sekali untuk setiap dua kali putaran mesin (khusus mesin 4 langkah). Itu jauh lebih ringan. Kalau dulu hanya satu, kini empat. Berarti, bila mesin bekerja pada 5.000 rpm, koil cukup bekerja 2.500 kali.

Bentuk koil sekarang lebih kurus dan mirip cerutu. Karena itu, sering juga disebut koil cerutu, meski bagian atas dibuat agar besar. Pada bagian ini terdapat igniter yang memicu koil untuk menghasilkan tegangan tinggi. Tepatnya, satu koil satu igniter.

Dengan demikian, kinerja sistem pengapian Innova jauh lebih baik, lebih andal. Kerugian karena induksi kabel busi bisa dihilangkan. Juga tidak menimbulkan storing pada audio dan radio.

Pengaruh Pengapian
Kerja sistem pengapian sangat berpengaruh pada performa mesin. Makin baik kerja sistem pengapian—selain waktu (timing) dan besarnya bunga api yang dihasilkan—tenaga yang dihasilkan mesin bertambah. Konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Suara yang ditimbulkan mesin lebih halus. Tak kalah penting, hal itu juga ikut menurunkan polusi gas buang.


Knock Sensor
Kerja pengapian, yaitu waktu mencetuskan bunga api pada busi, ditentukan oleh langkah kerja mesin. Pengapian terjadi menjelang akhir langkah kompresi.

Mesin Kijang Innova dirancang dengan efisiensi kerja tinggi. Hal itu bisa dilihat dari perbandingan kompresi mesin yang termasuk tinggi, 9,8 : 1. Sebenarnya, untuk mesin dengan perbandingan kompresi setinggi itu, lebih mantap menggunakan asupan bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi, misalnya 92 atau 95.

Masalahnya, menggunakan bensin beroktan lebih tinggi memaksa pemilik Innova harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk bahan bakar. Pasalnya, bensin beroktan tinggi, seperti produk Pertamina, yaitu Pertamax dan Pertamax Plus serta produk Shell, harganya lebih mahal dari Premium.

Akibatnya, meski menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus, konsumsi bahan bakar per kilometer lebih irit. Namun, total rupiahnya tetap saja lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan konsumen lebih tertarik memberikan asupan “gizi” standar buat Kijang Innovanya. Toh, akibat langsung tidak dirasakan. Mesin tetapi bekerja dengan mulus. Kecuali, lebih boros atau akselerasi agak payah dibandingkan bila menggunakan Pertamax, apalagi bila bebannya penuh dan disuruh lagi menanjak.

Kondisi ini telah diantisipasi oleh Toyota. Mesin Innova dilengkapi dengan “knock sensor”. Nah, bila mesin mengalami detonasi atau “mbrebet”, menembak karena gizi bahan bakar yang kurang cocok dengan selera mesin, knock sensor akan memberi informasi ke komputer mesin.

Selanjutnya, komputer mengubah waktu pengapian secara otomatis. Dalam hal ini, dimajukan. Hasilnya, gejala menembak bisa langsung dicegah.

Gizi Bensin
Makin bagus kualitas bensin, kerja mesin makin efisien alias irit. Jumlah bahan bakar yang terbakar lebih banyak. Proses pembakaran juga berlangsung lebih cepat. Ini yang menyebabkan bensin beroktan tinggi menghasilkan tenaga dan akselerasi lebih mantap dibandingkan Premium.

Mengingat Kijang Innova adalah kendaraan keluarga, dan sering digunakan dengan muatan banyak, termasuk ke luar kota, tak ada salahnya—malah lebih baik—sekali-kali diberi bensin beroktan tinggi. Terutama, bila Innova harus membawa muatan banyak serta melalui jalanan penuh tanjakan dan macet.

Dengan asupan gizi yang lebih baik, yaitu bensin beroktan lebih tinggi, mesin bekerja lebih ceria dan mantap. Perjalanan berat pun jadi lebih ringan. Juga perlu diingat, menurut Toyota, setiap 20.000 km atau 24 bulan, busi harus diganti. Tujuannya agar bisa tetap bekerja optimal.


Note:
Knock Sensor pada mesin Innova untuk memantau kondisi kerja mesin, apakah menggunakan Premium atau Pertamax?

Sumber :http://m.kompas.com

Read more...

Teknologi Terbaru Audi Bikin Irit BBM

Mobil-mobil mewah Jerman makin banyak dilengkapi dengan teknologi irit bahan bakar. Salah satunya adalah Audi. Mulai April 2009, beberapa produknya dilengkapi dengan sistem stop-start.

Tak hanya itu, seperti yang lagi tren di arena F1, Audi juga memanfaatkan energi yang semula terbuang saat mobil direm, diubah menjadi energi listrik. Tambahan lain adalah program efisiensi modular. Untuk ini , mobil dilengkapi komputer dengan program efisiensi energi. Alhasil, mobil tidak hanya menginformasikan konsumsi bahan bakar saat digunakan, juga memberi tips cara mengemudi irit.

Start-Stop. Sistem start-stop dikembangkan untuk memperoleh pengiritan bahan bakar ketika mobil digunakan di dalam kota atau lalu lintas macet. Caranya, sistem akan mematikan mesin begitu mobil berhenti. Mesin juga dimatikan ketika tuas transmisi pada posisi netral dan pengemudi melepaskan pedal kopling.

Begitu, pedal kopling diinjak lagi, mesin akan hidup dengan sendirinya. Sistem ini bekerja dengan lancar dan cepat. Mesin akan stasioner sendirinya ketika pengemudi mengganti gigi. Utamanya mobil yang masih menggunakan transmisi manual.

Audi menggabungkan sistem start-stop dengan teknologi batere yang efisien dan manajemen energi canggih. Tujuannya, menjaga sistem tetap andal bekerja pada suhu rendah. Sistem tidak bekerja selama mesin dipanaskan. Dengan demikian, oli cepat panas. Begitu juga degan saringan gas buang agar bisa bekerja secara normal. Pengemudi juga bisa mematikan hanya dengan menekan tombol.

Berdasarkan tes yang dilakukan Audi, saat mengemudi pada kondisi standar, sistem start-stop mengurangi konsumsi bahan bakar sekitar 0,2 liter per 100 km dan menurunkan emisi CO2 sekitar 5 g/km. Sistem digunakan pertama kali pada Audi A3 TFSI, Audi A4 dan A5 2,0 liter, semuanya dengan transmisi manual. Menurut Audi, sejumlah produk segera dilengkapi dengan sistem start-stop ini. .

Cara Mengemudi.
Cara baru Audi untuk mengirit konsumsi bahan bakar adalah menggunakan program efisiensi modular. Salah satunya, cara mengemudi.
Untuk ini mobil dilengkapi komputer dengan program efisiensi. Audi menyebunya Audi Driver Information System. Seluruh data yang berhubungan dengan pemakaian bahan bakar ditayangkan melalui monitor yang berada di tengah panel instrumen. Mobil akan menyarankan pengemudi mengendarai mobilnya dengan cara yang efisien. Berdasarkan penelitian , gaya mengemudi mempengaruhi konsumsi bahan bakar sampai 30 persen.

Program efisiensi ini secara terus menerus menganalisa konsumsi bahan bakar dan memberikan tips kepada pengemudi cara mengirit bahan bakar sesuai dengan situasi dan gaya mengemudi.

Untuk ini, digunakan indikator dekat tongkat pemindah gigi yang memberi sinyal kepada pengemudi untuk segera pindah gigi agar bisa mengirit bahan bakar secara optimal.

Sumber : http://m.kompas.com

Read more...

Teknologi AWD terbaru pada Chevy captiva

Chevy Captiva terbaru sangat membanggakan teknologi AWD-nya. General Motors (GM) menyebutnya “Active on Demand”.

AWD “Active on Demand” – khusus pada Captiva - adalah sistem 4x4 yang mendistribusikan tenaga kepada semua roda sesuai dengan kebutuhan atau kondisi jalan dan mengemudi.

Sebagai contoh, bila sebuah mesin menghasilkan tenaga 100 PS, untuk sistem 4x4, setiap roda memperoleh tenaga secara merata, yaitu 25 PS. Artinya, proporsi roda belakang dan depan untuk menggerakkan kendaraan sama: 50:50.

Dengan “Active on Demand” proporsinya bisa berubah menjadi 60:40 atau 70:30. Hebatnya, untuk mengubah pembagian itu, tak perlu dilakukan oleh pengemudi. Mobil sendiri yang akan menentukan, kapan dan di mana harus mendistribusikan tenaga kepada masing-masing roda sesuai dengan
kebutuhan. Jadi, pantas dibanggakan!


Pendistribusian torsi ke roda sesuai dengan kondisi jalan dan mengemudi, perlu dilakukan karena bisa saja salah satu roda slip atau tidak menyentuh permukaan jalan pada kondisi tertentu. Misalnya, permukaan jalan licin atau salah satu roda terangkat.



Full vs Part Time
Dulu, teknologi AWD atau 4x4, baik yang full-time (permanen) maupun part-time (bisa diubah dari x4x menjadi 4x2 atau sebaliknya), cukup menimbulkan dilema.

Pada “Full-Time” (FT), setiap kendaraan dijalankan, mesin harus mengengkol keempat rodanya, baik di off-road maupun di on road (jalanan aspal).

Nah, pada jalanan aspal kondisi FT tidak menguntungkan. Konsumsi bahan bakar jadi boros. Pasalnya, komponen pemindah daya yang harus digerakkan mesin banyak. Kerugian tenaga juga bertambah.

Pada “Part-Time” (PT) juga ada masalah. Sistem harus dilengkapi dengan “transfer case” (ada yang menyebutnya “gardan tengah”). Tugas bagian ini, membuat kendaraan bekerja menjadi 4x2 saja atau 4x4.

Beberapa produsen saat i ni menciptakan sistem 4x4 PT yang lebih gampang pengoperasiannya. Pengemudi cukup menekan tombol untuk berpindah sistem dari satu kondisi ke kondisi mengemudi lainnya. Ternyata, cara ini dianggap belum praktis karena bobot kendaraan makin berat lantaran ukuran gardan tengah cukup besar.

Kopling Aktif
Nah, melihat dasar AWD Captiva, teknisnya mirip dengan FT. Pasalnya, antara as roda belakang dan depan hanya dihubungkan oleh sebuah as kopel secara permanen. Tidak ada gardan tengah.

Meski begitu, sebelum gardan atau diferensial belakang, Chevrolet menambahkan komponen yang disebut “Active Coupling”. Bahasa kitanya, kopling aktif. Hebatnya lagi, kopling aktif ini kerjanya berdasarkan perintah “otak” atau dikontrol oleh komputer.

Selanjutnya, komputer memberi perintah kepada kopling aktif berdasaran informasi yang diterima dari alat pengindera atau sensor-sensor yang dipasang pada mobil yang berfungsi seperti mata, kuping, hidung, kulit atau alat perasanya lainnya pada manusia.

Setelah menerima informasi dari sensor tersebut, komputer memproses dan lantas memerintahkan kopling untuk bekerja, pada manusia bisa diumpamakan dengan kaki.

Tugas dari kopling meneruskan torsi yang dihasilkan mesin ke as roda belakang. Namun tenaga yang diteruskan ke roda belakang, bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi medan atau jalan yang dilalui.

Kopling bekerja bila, ban depan atau belakang slip. Untuk memastikan ban salah satu ban slip didasarkan pada perbedaan kecepatan putaran masing-masing roda yang dilengkapi dengan sensor. Atau bisa pula, kopling mendistribusikan torsi secara merata ke roda depan dan belakang bila mengetahui, kecepatan putaran roda depan dan belakang sama.

Untuk ini, sistem juga memanfaatkan informasi dari bagian lain, yaitu komputer mesin, kontrol bodi (body control) dan kontrol rem yang bekerja secara elektronik atau EBC (electronic brake control).

Kopling Magnet
Aktif kopling terdiri dari lembaran kopling seperti yang digunakan pada sepeda motor. Lembaran kopling ini juga diredam dalam oli.

Pada aktif kopling, ada komponen utama lain, yang justru dikontrol oleh komponen, yaitu rangkaian kopling magnet (diberi aliran listrik baru menjadi magnet). Kopling magnit ini mampu memindahkan torsi ke roda belakang dari 0 sampai 2.530 Nm.

Kopling tersebut memindah torsi sesuai dengan perintah yang diterimanya dari komputer atau kondisi permukaan yang dilalui. Misalnya aspal, pasir, lumpur dan sebagainya. Pengontrolan dilakukan secara terus-menerus.

Pada kondisi jalan mulus, pembagian tenaga untuk kedua as roda depan dan belakang adalah 50:50. Tetapi bila permukaan jalan yang dilalui ban belakang licin atau pasir, perbandingan diubah. Torsi ke roda belakang dikurangi atau dihentikan sama dan hanya digunakan untuk roda depan. Dengan demikian, tenaga mesin untuk menggerakkan kendaraan tetap besar dan maksimal.

Lebih Aman
Kemampuan seperti yang disebutkan di atas, bukan hanya membantu traksi dan stabilitas di jalan berpasir, juga di permukaan basah atau becek. Traksi tetap maksimal di jalan yang licin. Begitu pula dengan kemampuan menanjak dan akselerasi kendaraan dari diam.

Stabilitas juga lebih baik pada kecepatan tinggi karena mobil terus dikontrol. Malah gejala oversteer atau understeer, bisa dicegah karena Chevrolet memasang pula ESP (Electronic Stability Program) pada Captiva AWD ini.

Kerja pengemudi makin nyaman saja karena SUV ini dipersenjatai dengan transmisi otomatik 5 percepatan, tiptronic. Mau tambah tenaga atau santai, tinggal menyentuh tongkat transmisi ke depan atau ke belakang!

Kompensasi dari semua kelebihan yang telah disebutkan tadi, adalah tambahan komponen dan bobot kendaraan. Bila dasar kendaraan menggunakan gerak roda depan, maka tambahan komponen adalah as kopel (propeller shaft), kopling aktif, gardan (diferensial) belakang, dan as roda belakang aktif (memutar roda).

Dengan ada komponen tersebut, selain menambah bobot, komponen yang berputar juga membutuhkan energi. Berarti konsumsi energi lebih besar dibandingkan degnan 4x2. Faktor terakhir ini pula yang menyebabkan Chevrolet hanya mengandalkan mesin diesel dengan torsi besar pada varian terakhir Captiva ini.

Kendati demikian, dibandingkan dengan sistem AWD lama, versi terbaru ini jauh lebih ringan lebih praktis. Yang rumit adalah sistem kontrol elektroniknya.

Karena kerja kopling aktif tergantung pada energi listrik, begitu juga sistem pengontrolan, maka sumber listrik pada mobil, yaitu batere plus alternator harus dijaga dalam kondisi selalu sehat dan bekerja secara optimal.

Sumber : http://m.kompas.com

Read more...

Saturday, 30 May 2009

Merotasi ban mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sangat penting.Jika diibaratkan ban mobil merupakan alas kaki dan apabila ban ini tidak rata,bergelombang atau miring maka dapat dipastikan kenyamanan dan keselamatan pemakainya akan terganggu.

Ban bergelombang dan miring dapat disebabkan oleh berbagai hal,diantaranya kondisi jalan yang jelek dan cara pengereman mobil yang tidak benar.Bisa juga disebabkan karena tekanan angin ban tidak sesuai dengan jenis dan ukuran ban serta beban kendaraan.

Karena itu pengecekan tekanan angin perlu dilakukan secara berkala,setidaknya seminggu sekali disaat udara dingin,mobil belum lama/jauh digunakan. Sebab,jika sudah menempuh jarak cukup jauh tekanan angin sudah mengembang.Tekanan angin yang terlalu tinggi sering menjadi salah satu penyebab pecah ban,terutama di jalan tol.

Data menyebutkan sekitar 30 persen kecelakaan di jalan rol disebabkan oleh gangguan pada komponen ban.
Selain mengecek tekanan angin,ada baiknya merotasi ban.
Ada anjuran rotasi (Pertukaran posisi ban) dilakukan setiap kali setelah kendaraan menempuh jarak 10 ribu km.

Sebelum merotasi ban sebaiknya cek dulu nilai ply ratingnya atau jenis dan struktur kembang ban.Sebab,meski merek dan ukuran bannya sama,tetapi kembang ban berbeda dalam setiap kali ada produk baru.
hindari rotasi silang jika komposisi keempat ban tidak sama.
Dianjurkan rotasi pada satu gardan, misalnya dari kiri kekanan kepada dua ban yang sama.Begitu juga di bagian belakang.

Sumber : poskota

Read more...

Friday, 29 May 2009

Panduan membeli mobil bekas Toyota kijang diesel

TIDAK mau kalah dengan Isuzu yang menguasai pasar minibus diesel, Toyota melansir jagoannya pada 1997 yaitu Kijang Kapsul Diesel. Saat itu pasar
mobil diesel memang cukup besar karena harga solar yang sangat murah dibanding bensin.

Meski memiliki teknologi yang lebih lawas dibanding Isuzu Panther, Kijang Diesel menggunakan mesin Toyota tipe 2L, sama seperti Hi-Ace Diesel yang sudah terbukti ketangguhannya. Diluar negeri mesin 2L ini memiliki banyak varian, salah satunya kenggunakan turbo, yaitu 2L-T.

Satu hal yang pasti, Toyota Kijang Kapsul Diesel termasuk mobil yang ampuh digunakan menerjang banjir Sebab mesin 2L masih menggunakan teknologi diesel konvensional yang praktis hampir tidak ada urusan elektrik untuk membuatnya tetap hidup.

KEY-HISTORI
1997-2000: Inilah perubahan terbesarToyota Kijang setelah 10 tahun Kijang Super rnenguasai pasar mobil Nasional. Pemunculan Kijang Kapsul ini benar-benar membuat heboh pasarmobil Indonesia, sebab bentuk Kijang sama sekali berubah.

2000-2002: Bersamaan dengan munculnya Kijang Kapsul EFI, di awal 2000, Kijang Diesel mengalami facelift Ubahan pada eksterior dan interior membuat
penampilannya semakin manis, meski dari sisi teknis tak ada perubahan pada Kijang Diesel.

2002-2004: Di pertengahan 2002, Kijang Kapsul termasuk versi dieselnya kembali mengalami facelift. Penyegaran ini merupakan yang terakhir kali sebelum berakhirnya generasi Kijang Kapsul dan diganti Innova pada 2004. Ubahan yang dilakukan ada di eksterior berupa penyegaran lampu depan dan belakang. Sementara di interior ada perubahan warna dari abu-abu menjadi beige.

Perlu dierhatikan :

1.Filter dan oli
SAMA dengan mobil bermesin diesel lainnya, filter perlu mendapat perhatian utama. Khususnya filter bahan bakar dan filter udara. Selain itu beri perhatian lebih pada oli mesin. Oli mesin yang sudah buruk bisa membuat panas mesin diesel. Jangan ragu-ragu untuk menggunakan oli yang bagus meski berharga lebih mahal.



2.Timing Belt
2Ltermasuk mesin yang pasti jebol jika timing belt sampai putus saat mesin hidup. Jadi jangan lupa mengganti timing belt set jika Kijang Diesel sudah di tangan Anda.

3.Engine Mounting
MESIN diesel 4 silinder pada Kijang Diesel ini memiliki getaran hebat. Dan engine mounting yang sering menjadi korbannya. Jika sudah ada gejala mesin bergetar sangat keras, kemungkinan engine mounting perlu diganti.






4.Kopling
TORSI mesin Kijang Diesel yang tinggi membuatnya jago menanjak. Namun hal ini menyebahkan kopling cepat aus. Solusinya ganti kopling satu set ketika mulai ada gejala selip.


Sumber : Autobild edisi 67

Read more...

Monday, 25 May 2009

Tip menyalip truk

TRUK berada di daftar terakhir kendaraan yang hendak disalip. Mereka besar,tidak lincah dan kadang manuver DI JALAN nya sulit diprediksi. Lantas bagaimana cara amanmenyalipnya?
Seperti khasnya negara berkembang, truk bisa dijumpai di seluruh daerah di Indonesia.
Mulai dari truk kecil, sedang, besar dan truk gandeng termasuk trailer. Melihat ukuran dan bobotnya, kendaraan bisa sangat membahayakan apalagi jika terlibat tabrakan dengannya.
Menurut data National Highway and Traffic Safety Administration (NHTSA), 71 % kecelakaan
Truk justru disebabkan oleh kesalahan mobil kecil. Dan bila jatuh korban, perbedaan ukuran yang
sangat besar membuat intensitasnya sangat parah baik pada penumpang serta mobilnya.

Celakanya, laju yang pelan membuat kita sering harus menyalip truk terutama di jalan luar kota. Berikut beberapa jurus aman agar menghindari bahaya saat menyalip si "besar".

1.Anda harus memastikan jenis truk, terutama panjangnya. Truk gandeng biasanya memiliki tulisan penanda di belakangnya.

2.Tutup kaca Anda yang berada di sisi truk.

3.Pastikan jalan di depan dari arah berlawanan cukup aman untuk menyalip. Selain itu Anda juga harus yakin dengan kondisi mobil Anda tak akan kehilangan tenaga saat akselerasi. Gunakan gigi yang pas dan berada di putaran tinggi.

4.Jika pengemudi truk menyalakan sein kanan, itu bisa berarti dia memberi tahu Anda ada kendaraan dari depan. Jangan menyalip.

5.Pastikan posisi Anda dilihat oleh pengemudi truk.Untuk meyakinkan, Anda harus melihat kaca spion truk.

6.Beri kode klakson atau lampu jauh sebelum menyalip. Setelah yakin si pengemudi menyadari sinyal Anda, barulah sah untuk menyalip.

7.Saat menyalip fokuskan pandangan Anda ke depan. Pada pandangan mata Anda,truk hanya terlihat sebagai bias di samping. Ini penting, sebab manuver truk (apalagi yang bermuatan) sangat sulit untuk lurus di garis. Bila kebetulan truk sedikit melambung ke arah Anda, dan Iangsung terlihat mata, akan memberi refleks yang membahayakan buat Anda. Jadi tetap fokus ke depan, agar keolengan truk tidak mengagetkan. Toh bila Anda melakukan prosedur pertama dengan benar, pengemudi akan mempersilahkan anda untuk menyalipnya.

8.Menyaliplah secepat mungkin. Jangan berlama-lama di sebelah truk.
Dalam kecepatan tinggi butuh waktu lebih lama untuk menyalip. Selain itu, ada tambahan turbulence ( pusaran udara ),terutama dibagian moncong truk. Umumnya akan terdorong ke arah kanan, ketika melewati depan truk.

Waspadai juga beberapa hal berikut :
1.Batu kerikil. Baik dari muatan ataupun yang menyangkut di ban truk
2.Pecah ban.

Mahalnya harga membuat banyak armada truk menggunakan ban vulkanisir sehingga rentan pecah. Pecahnya ban truk ditandai dentuman keras seperti bom. Jangan panik, dan segera lihat apakah truk yang bannya pecah melakukan manuver berbahanya.

3.Sistem pembuangan rem mesin pada unit yang tak terawat, seringkali membuat gas hitam pekat menyembur ke arah anda.

4.Truk membutuhkan lebih jarak pengereman 40-60% lebih jauh daripada kendaraan penumpang. Dana jangan keliru, truk tanpa muatan jauh lebih sulit mengerem karena berkurangnya traksi ban.

Sumber : autobild edisi 56

Read more...

10 barang bawaan berbahaya dalam mobil

BILA terjadi kecelakaan mobil mungkin saja selamat, namun penumpang bisa terluka akibat benturan barang bawaan. Belakangan ini teknologi safety mobil ?semakin canggih. Tengok saja, sistem komputer yang memberi asistensi pada pengemudi untuk mencegah kecelakaan. Misalnya kontrol traksi, ABS, EBD hingga pelbagai jenis airbag. Paling aktual, airbag model sosis yang mencegah benturan kepala antar penumpang. Namun semua teknologi yang mahal itu malah tak berguna, bila cedera pada penumpang temyata diakibatan benturan barang
bawaan di dalam kabin.

Berdasarkan National Highway Traffic Safety Administrafion (NHTSA),institusi yang mengurusi soal kecelakaan jalan raya di AS, cedera penumpang banyak disebabkan oleh benturan barang bawaan. Padahal kondisi mobil tidak apa-apa setelah benturan. Hal itu terjadi lantaran benturan barang bawaan yang diletakkan di dalam kabin.

"Membawa barang di kabin dengan mobil tanpa bagasi semacam jip atau lantaran bagasi penuh, sebaiknya barang diikat rapi dengan jaring. Sebab walau pakai seat-belt, benjol juga kalau ketiban kardus air mineral misalnya," ujar Harry Irawadi, off-roader dari ?Indonesian Off-Road Federation (IOF).
Walau mobil Anda bukan jip atau SUV, namun langkah preventif ini bisa diterapkan untuk meminimalisir cedera. Sebab di mana-mana, tak ada kecelakaan yang direncanakan atau diketahui sebelumnya.

1. Barang bawaan yang tidak terikat
Taruh kata Anda terpaksa "melintir" lantaran jalan setengah basah dan kering dan mobil didepan Anda mengerem mendadak. Walau mobil selamat, namun Anda berisiko "dicium"salah satu barang bawaan yang dibawa.

2. Kunci setir
Lantaran bentuknya yang padat dan keras, kunci setir sangat membahayakan. Jangankan kepala, membentur mata kaki pun bisa membuat keseleo

3. Botol mineral
Paling bahaya yang ukurannya galonan. Ukuran 1.500 ml juga lumayan membuat benjol. Paling aman ukuran 500 ml untuk mendampingi perjalanan dan selalu gunakan cup holder untuk menyangganya.

4. Dongkrak
Sering terjadi, setelah menggunakan dongkrak tak langsung menaruh kembali di tempat atau braketnya. Sekadar
menempatkannya di kolong atau sela jok, memang tampak biasa namun hasilnya pasti lebih berisiko dari ketiban kunci setir.

5. Toolbox
Terutama yang terbuat dari kaleng. Selain berat, sudutnya yang tajam bisa sangat melukai

6.Bola bowling
Seiring maraknya bowling alley, Makin banyak bowler yang aktif kembali. Letakkan ditempat yang aman. Sudah barang tentu, Anda tak mau ketiban bola bowling bobotnya berat itu.

7. Keramik
Apalagi yang berukuran besar. Sebaiknya, pilih layanan jasa angkutan, bila jarak perjalanannya lumayan jauh.

8. Tabung pemadam kebakaran
Jangankan yang berukuran besar versi ?kecil khusus mobil pun bisa membahayakan. Sempat mental dan ujungnya kena mata,berabe juga. Atau banyak merek yang menggunakan gas sebagai penyembur foam yang bisa meledak bila terkena panas berlebih.

9.Tabung bergas
Seperti cairan car care macam silicon spray, pembersih karburator atau minyakwangi. Bila panas berlebih, tabung bisa meledak.

10.Korek Api
Ini masalah paling klasik.Apalagi banyak beredar korek api gas palsu yang casingnya lebih tipis. Memang tak membakar bila tak ada percikan, namun mencegah jauh lebih baik daripada menanggulangi.


Sumber ; Autobild Edisi 55

Read more...

Tuesday, 19 May 2009

oli tranmsisi HondaCivic Grand LX 1988

Tanya :
Apa oil yang tepat untuk transmisi HondaCivic Grand LX 1988? Apakah seperti oli mesin 20W-50 atau SAE 90. Apa dampaknya terhadap mesin jika menggunakan oil SAE 90?,

Jawab :
Honda merekomendasi oli transmisi Civic Grand dengan tingkaf SAE 40 lantaran di pasaran sulit memperoleh
oli single grade seperti itu banyak mekanik yang menggunakan oli multigrade dengan SAE20W-50.
Jika Anda munggun oli transmisi SAE 90, dampak yang akan terasa yaitu sulilnya melakukan perpindahan gigi dan konsumsi bbm lebih boros akibat oli yang terlalu kental.

Sumber : Autobild edisi 55

Read more...

Oil lifetime BMW 318i E46

Saya memiliki BMW 318i E46/M43 2002, yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apakah BMW sudah memakai oli lifetime sebagai perlengkapan standar?
2. Apakah oli lifetime itu tidak perlu diganti seumur hidup?
3. Adakah kemungkinan transmisi jebol apabila memakai oli lifetime dan tidak pernah diganti?

4. Mengapa kadang-kadang begitu saya menjalankan mobil pada kecepatan 20 km/jam
pintu terkunci otomatis, namun kadang-kadang tidak?
5. Begitu saya sedang menikmati musik tiba-tiba terhenti dan tertulis alarm,
bagaimana cara men- setting-nya?

Jawab
1. BMW memakai oli lifetime pertama kali pada tipe E38, sejak 1997
2. 0li lifetime pada dasamya tidak perlu diganti. Namun untuk mempertahankan kondisi
mesin tetap prima, ada baiknya oli diganti.
3. Tidak. Oli lifetime diformulasikan sedemikian rupa dengan umur pakai panjang.
4. Fitur auto keylock ini dapat diprogram melalui cardkey memory. Bila cardkey
sebelumnya sudah diprogram tetapi belum berfungsi optimal, sebaiknya hubungi
workshop resmi BMW kemungkinan harus diprogram ulang.
5. Untuk masalah ini, mobil dapat dibawa ke dealer resmi kami untuk dilakukan
pengecekan ulang.


sumber : Autobild Edisi 55

Read more...

Ganti sokbreker Sidekick

Tanya :
Saya baru mengganti sokbreker di Suzuki Sidekick. Namun kenapa suspensinya masih sangat keras dan tidak nyaman? Berapa konsumsi bbmnya?

jawab :
Kemungkinan pertama, sokbreker pengganti yang digunakan bukan komponen orisinal untuk Suzuki Sidekick. Atau ada perbedaan jenis sokbreker, seperti dari
jenis oli ke tipe gas yang tentunya memberi tingkat kekerasan yang lebih ketimbang jenis oli.
Kemungkinan lainnya, ada kerusakan di karet bushing arm sehingga suspensi tidak dapat bekerja sebagai mana mestinya. Ada baiknya Anda memeriksa system suspensi secara keseluruhan ke bengkel spesialis untuk rnernastikan kerusakan yang terjadi.

Read more...

Toyota kijang 2001 boros

Saya mempunyai Toyota Kijang 2001. Kenapa konsumsi bahan bakarnya hanya 6,5 km/l untuk rute dalam kota? Padahal pihak Toyota mengklaim konsumsi bbm Kijang bisa mencapai 7,5 km/l di dalam kota. Saya sendiri tidak pernah menggeber. Bagaimana cara menghemat konsumsi bbm untuk mobil
saya ini?

Jawab :
Tingkat kepadatan lalu lintas menjadi faktor penentu bagi konsmnsi bbm kendaraan. Karena kondisi ini relatif, sulit menjadi tolok ukur untuk membuktikan angka klaim pihak Toyota.
Namun Anda dapat mencoba memeriksakan kondisi mesin agar mesin bekerja lebih efisien. Seperti memantau kebersihan saringan udara, kualitas oli mesin, kebersihan ruang bakar dari penimbunan karbon, sistem pengapian dan lainnya. Jika dirawat dengan baik, mobil bekerja lebih efisien dalam hal konsumsi bbm.

Sumber : Autobild edisi 55

Read more...

Panduan membeli mobil bekas Nissan X-Trail


MENINGKATNYA penjualan SUV di Indonesia menjadi alasan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan X-Trail di Tanah Air. Apalagi Honda telah lebih dahulu meluncurkan SUV-nya pada tahun 2000 dan memimpin pasar dengan CR-V.
Sebagai langkah awal, Nissan mendatangkan langsung X-Trail dalam bentuk CBU. Dengan kapasitas mesin sama dengan CR-V, X-Trail belum mampu menggoyahkan Honda di pasar domestik. Menyadari kondisi tersebut, keputusan untuk melakukan perakitan di dalam negeri menjadi langkah tepat. Harga kendaraan menjadi kompetitif dan dapat melakukan peningkatan spesifikasi.
Salah satunya dengan mengganti setang piston dan kruk-as sehingga kapasitas mesin bartambah 500 cc. Alhasil, tenaga 180 dk dapat dihasilkan dengan mudah dan menjadikan X-Trail sebagai SUV terkuat di kelasnya. Apalagi X-Trail memiliki bantingan suspensi yang lembut sehingga terasa nyaman saat dikendarai. Ditambah fitur pendukung seperti pendingan minuman kaleng, ruang penyimpanan dengan bahan yang mudah di cuci, transmisi matik dan lainnya.

Sejarah Nissan X-Trail
2001-2003: Pertama kali diperkenalkan, Nissan X-Trail didatangkan dalam bentuk CBU. Dengan spesifikasi mesin 2.000cc, X-Trail memiliki tenaga sebesar 147 dk dan serupa den gan tipe mesin yang digunakan Serena.
Berbeda dengan X-Trail CKD, versiCBU mengadopsi kaca tinted film pada baris kedua dan belakang sehingga terlihat lebih gelap. Selain itu, desain gril masih garis berwarna hitam dan pengatur pendingin kabin model digital.

2003: Setelah 2 tahun di perkenalkan, Nissan melakukan facelift pada X-Trail yang mulai diproduksi di dalam negeri.Tampak luar, perbedaan terlihat pada desain gril model sarang
tawon dan kini tersedia dalam dua tipe St (Sport Turing) dan Xt (Extra Turing). Perbedaan kedua tipe ini terlihat pada penambahan jet washer lampu depan,sport roof rail dengan lampu sorot serta jok kulit dan wood panel di interiortipe Xt. Di tahun ini pula, hadir versi 4x4 yang didatangkan dalam bentuk CBU. Namun jumlahnya sangat sedikit dan memiliki ciri fisik pada penggunaan pelek besi serta side molding yang tidak sewarna bodi.

2004: Sedikit facelift dilakukan Nissan dengan menambah kan sein di spion dan emblem St dan Xt di buritan.

2005: Desain'V' di gril depan mulai diperkenalkan Nissan sebagai identitas diri pada semua produknya di pasaran. Selain itu ada perubahan desain sein di spion, Serta penggunaan alarm sebagai peranti standar. Pada versi facelift ini tersedia juga pilihan warna merah menyala.Untuk menandingi kehadiran Honda CR-V facelift can Toyota Fortuner, Nissan memperkenalkan tipe terbarunya yang dirancang lebih macho. Berada di
antara tipe St dan Xt, Stt telah dilengkapi dengan bullbar, over fender, cargo net dan TV mobil touch screen. Monitor TV juga digunakan pada tipe Xt.

Hal yang harus diperhatikan :

1.Mesin
DAPUR pacu berkode OR25 pada X-Trail tergolong tangguh. Apalagi usia kendaraan belum mencapai 5 tahun. Tapi bukan berarti tak ada yang perlu diperhatikan. Kondisi kabel dan soket X-Trail wajib mendapat perhatian. Pasalnya, ECU sangat sensitif terhadap gangguan kelistrikan. Nah, tak ada salahnya untuk memperhatikan kondisi komponen-komponen ini.

2.Jok
BERBEDA dengan pelapis kabin bagasi yang mudah di bersihkan, lapisan jok Nissan X-Trail selain tipe Xt cukup sulit dibersihkan. Namun pihak Nissan memilih lapisan jok tersebut lantaran lebih tahan air ketimbang fabric biasa. Jadi, tak ada salahnya untuk meneliti kondisi jok. Jika telah banyak noda kotoran, be-
rarti Anda perlu menyiapkan dana untuk membersihkannya ke salon mobil.


3.Dasbor
DASBOR DAN TRIM BAHAN plastik yang digunakan X-Trail di interior cu-
kup sensitif terhadap goresan. Anda dapat dengan mudah menemui baret ini di daerah sekitar seatbelt, dasbor dan trim pintu. Padahal di produk Nissan lainnya, kualitas materialnya cukup baik. Karena itu, Anda perlu memilih yang pemilik terdahulunya telaten terhadap kendaraannya.

4.AC
MESKI microfilter bukan peranti standar pada Nissan X-Trail, tak ada salahnya agar Anda menanyakan untuk memastikan mobil tersebut menggunakannya atau tidak. Fungsi utama komponen ini adalah penyaring debu, asap rokok dan pengusir bau di kabin. Bila sudah kotor, microfilter perlu dibersihkan atau diganti. Karena micro-filter yang telah kotor akan berpengaruh pada kinerja AC
secara keseluruhan dan bisa membuat AC terasa kurang dingin.

Sumber : Autobild edisi 56

Read more...

Panduan membeli mobil bekas

Panduan membeli mobil bekas
Setelah anda berburu mobil bekas yang diincar maka segera cek dan periksa hal-hal seperti dibawah ini, jangan sampai ditengah perjalanan mobil jadi ngadat dan mogok.

1.Saringan Udara
Periksa saringan udara, jika hal ini sudah kotor segera ganti. Jika hal ini tetap dibiarkan maka konsekuensinya BBM menjadi boros.


2.Busi
Perhatikan dengan seksama komponen pemercik api ini, terutama busi yang mempunyai type long life. Karena faktor usia pakai busi ini sekitar 100 ribu kilometer.


3.Minyak rem
Cek apakah dalam minyak rem terdapat fluida air atau tidak, jika ada harus cepat diganti karena kondisi in bisa menyebabkan korosi pada kaliper dan master rem dan juga bisa menyebabkan rem menjadi blong.

4.Radiator coolant
Awas jangan anggap remeh pendingin radiator ini, karena kemampuan mendinginkan mesin akan menurun seiring dengan tingginya jam terbang mobil dipakai.

5.V-belt
Jangan menyepelekan hal yang satu ini, segera ganti v-belt sebaiknya sebelum menempuh jarak 100 rb kilometer pemakaian. Karena performa v-belt akan menurun, hal ini ditandai permukaan karet menjadi getas, kendur akhirnya putus jangan sampai gara- gara v-belt mobil anda mogok ditengah jalan.

6.Suspensi
Pada mobil bekas ini suspensi harus menjadi perhatian khusus karena fungsi dan kinerja dari sokbreker akan menurun,periksa karet bushing arm,tie-rod,long tie-rod dan ball joint.

7.Rem
Periksa ketebalan aktual kanvas rem juga permukaan kontak di cakram dan tromol, jangan lupa cek rem tangan termasuk kondisi kabel mekanisnya.

8.Ban
Periksa kelayakan ban seperti kembang dari ban, indikator keausan.Karena jika diabaikan akan sangat berbahaya.

9.Kelistrikan
Kelistrikan dalam sebuah mobil kadang-kadang sulit dipastikan performanya. Karena bisa saja lampu atau indikator lain tiba-tiba mati tanpa diketahui sebab-sebab sebelumnya. Untuk menjaga kondisi kelistrikan tetap berfungsi, cek setiap socket, kabel-kabel,aki,relai dan switch.

Sumber : Majalah AutoBild edisi 110

Read more...

Panduan membeli mobil bekas Hyundai Accent

Tahun 1990-an mobil asal Korea gencar menggempur pasar TanahAir. Salah satu pemainnya,yaitu Hyundai yang menggelindingkan Accent. Saat itu, sedan 1.500 cc ini disulap namanya menjadi Bimantara Cakra oleh PT Citramobil Nasional. Perlahan tapi pasti Cakra mulai mendapat tempat di hati konsumen Indonesia. Selain harga yang disodorkan relatif terjangkau, performanya cukup bisa diandalkan. Berbagai kejadian di Tanah Air membuat nama Bimantara Cakra dikembalikan ke prinsipalnya. Sehingga di penghujung 1998,Cakra muncul dengan emblem Hyundai Accent. Pemunculan keduanya ini langsung dilakukan Hyundai lewat tangan PT Hyundai Mobil Indonesia selaku ATPM-nya.
Untuk mesin, sejak era Cakra hingga New Accent relatif tak mengalami perubahan.Tetap meng usung 1.500 cc 4 silinder SOHC 12 katup yang menjadi andalan ditiap lansiran Accent.

KEY HISTORY
1996-1998: Dipilih sebagai salah satu proyek mobil Nasional, Hyundai Accent memakai baju Bimantara Cakra. Ciri yang melekat pada Cakra bisa terlihat pada lampu belakang
dengan sein berwarna oranye dan bumper depan minus foglamp. Mesin 1.500 cc 4 silinder segaris menggunakan pasokan bahan bakar Electronic Control Fuel Injection
(ECFI). Sementara suspensi belakangnya mengadopsi model dual link independent.
Di eranya Cakra sempat menjadi satu-satunya sedan 1.500 cc bertransmisi otomatis.

1999-2001: Pasca reformasi, nama Bimantara Cakra hilang dan berganti Hyundai Accent GLS yang peredarannya ditangani oleh PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI). Tetap menggunakan tipe mesin yang sama dari sebelumnya, hanya sistem pasokan bahan
bakarnya telah mengusung Electronic Multipoint Injection (MPI). Dari segi bentuk tidak perubahan signifikan yakni profil membulat termasuk kompartemen kabin tetap sama. Perbedaan cirinya terlihat di lampu depan belakang dan desain bumper lebih agresif.
Model facelift ini, juga telah dilengkapi lampu kabut. Pada generasi juga ada varian Lainnya yakni GLatau lebih dikenal dengan Hyundai Excel. Varian ini banyak digunakan untuk taksi. Karena digunakan untuk taksi, suspensi Excel ditambah untuk memperkuat konstruksi kaki-kakinya.
Akhir 2001- 2003: Pembahan besar terjadi pada keluarga Hyundai Accent dengan munculnya Verna di penghujung 2001.Tampilan benar-benar beda. Bodi serba kotak dengan sudut lancip, lebih aerodinamis sekaligus meninggalkan kesan membulat yang ada di Accent sebelumnya. Namun mesin tetap mengadopsi 1.500 cc MPI 4 silinder 12 valve. Selain melansirVema GLS, Hyundai juga menelurkan versi murahnya yakni versi G.Vadan ini tak dilengkapi powerwindow, tuas pembuka bagasi dari dalam kabin dan pelek alloy. Varian lainnya yakni Verna Sporty.Tampilan sport terlihat pada setir, jok kulit dan pelek alloy 16 inch.

2004: NewAccent Vema merupakan varian teranyar setelah Verna dengan tampilan luar cukup manis dan dinamis. Jeroan mesin tidak ada perubahan yakni 1.500 cc MPI SOHC. Masuk ke dalam Anda disambut panel instrumen cukup lengkap dan ergonomis. Kelebihan New Accent dibanding dengan rival lain di kelasnya yakni hadirnya on-board computerdi dasbor. Hal ini memudahkan Anda melakukan pengecekan, terutama soal konsumsi bahan bakar.

Hal yang harus diperhatikan :
1.Bodi
Secara umum bodi Hyundai Accent tidak memiliki masalah.Artinya sepanjang tak utak-atik bentuknya, bisa dijamin bodi terpelihara baik. Berhubung Accent merupakan salah satu mobil yang sering dimodifikasi Anda perlu melakukan pemeriksaan. Caranya dengan melihat lapisan cat di bibir sepatbor dan perhatikan apakah bagian ini telah berubah bentuk. Bila ya, mobil ini pernah dimodifikasi dan berarti bagian ini cukup rentan terhadap karat.

2. Suspensi
Kaki-kaki Cakra hinggaVema mengadopsi sistem Suspensi lama. Suspensi depan menggunakan independent MacPherson strut dan dual link independent di belakang dengan per spiral dan batang stabilizer anti-roll. Bila mobil telah berumur, kelemahan bagian ini Makin kentara. Suspensinya terasa ringkih saat melaju dan berimbas ke bantingan. Makanya, bagian ini mesti diperhatikan saat Anda memutuskan ingin membeli Accent

3. Mesin
Basis mesin yang sama diadopsi oleh semua generasi Accent. Secara pertorma, bagian ini tak mengecewakan alias bandel saat beraksi. Meski terkadang gejala ngelitik (knocking) mendera. Sedang lainnya, mesti yang diperhatikan bila mendengar bunyi-bunyi aneh
dari mesin dan pastikan asal bunyi tersebut.

4. Transmisi
Anda mesti melakukan testdrive guna mengetahui kerja transmisinya. Maklum terkadang ada gejala perpindahan gigi kurang halus dan suara mendecit saat pengereman, terutama saat jalan menurun.Perhatikan transmission assy. untuk mengoptimalkannya.

Sumber : Autobild edisi 59

Read more...

Monday, 11 May 2009

Jika mobil lama di garasi

Mungkin Anda adalah salah satu dari orang yang sangat sibuk, tugas memaksa untuk kerap bepergian ke luar kota atau negeri dalam jangka waktu lama. Bila Anda memiliki mobil pribadi, hal ini harus diperhatikan supaya saat kembali nanti, kendaraan tidak dalam kondisi terlantar atau mengenaskan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci mobil sebelum ditinggalkan. Kemudian, ikuti tips-tips berikut :

1. Posisi rem tangan dibebaskan
Kalau dibiarkan dalam keadaan rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama, akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang memiliki tromol di roda belakang. Satu hal tambahan, ada baiknya kunci mobil Anda biarkan tergantung di kemudi kendaraan Anda. Bila rumah Anda mempunyai pembantu, hal ini akan sangat berguna untuk memanaskan kendaraan setiap hari. Namun jangan tinggalkan kunci mobil bila ternyata Anda tidak mempunyai garasi atau berada di tempat terbuka.

2. Ganjal wiper dengan busa/kayu
Bila terus bersentuhan dengan kaca mobil, karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya karet tersebut (yang biasa disebut karet mati) akan terasa kasar saat kelak dipergunakan untuk membasuh kaca depan mobil Anda.

3. Usahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak menempel lantai
Caranya, cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack . Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu cukup lama biasanya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa tidak nyaman.

4. Lepaskan aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu
Kenapa? Alasannya adalah karena aki mobil sangat sensitif. Bila kendaraan tidak dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih (terutama bila di rumah yang Anda tinggalkan tidak ada pembantu), hal itu akan berpengaruh ke akinya, yang bisa lebih cepat rusak dibandingkan dengan kendaraan yang setiap hari dipakai.

5. Bila tempat parkir miring, ganjal empat ban anda dengan balok
Ini berlaku bagi Anda yang mempunyai garasi dengan permukaan miring. Di tips pertama disebutkan bahwa tidak baik memasukkan posisi rem tangan bila kendaraan ditinggal cukup lama, namun bagaiman bila permukaannya miring? Caranya mudah, cukup ganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya supaya mobil tidak berubah posisi.

Taruh pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover
Pengharum berfungsi untuk menetralkan bau apek yang mungkin timbul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu lama. Selain itu, mobil yang dibiarkan dalam keadaan terbuka juga memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil melalui celah-celah, suatu hal yang tentunya tidak diinginkan oleh setiap pemilik mobil. Untuk menghindarinya, cukup beli penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.

Sumber : http://www.motorpulsa.com
hanya Copy paste.

Read more...

Teknologi penghemat BBM

Mobil-mobil keluaran anyar sudah menerapkan teknologi-teknologi yang membuat dapur pacu bekerja seefisien mungkin diantaranya adalah :

1.Pengatur waktu bukaan katup.
Saat ini sudah menjadi standard perusahaan pembuat mobil,Dengan mengatur waktu bukaan katup,rentang tenaga menjadi lebih merata disetiap tingkat putaran mesin.Efeknya anda tidak perlu lagi menekan pedal gas dalam-dalam saat berakselerasi.Penamaan untuk sistim ini berbeda-beda setiap produsen mobil seperti VVT-i untuk Toyota dan CVTC untuk Nissan.

2.Thorottle by wire
sistem ini meniadakan peran kabel gas,sehingga pergerakan throttle atau disebut juga skep menjadi tidak terlalu responsip.saat pedal gas diinjak penuh sebuah potensiometer di pedal akan memproses melalui ECU lalu meneruskannya untuk menggerakan throttle.jadi besar bukaan throttle bukan semata-mata berdasarkan injakan pedal, melainan kebutuhan udara dari mesin.

3.Material manifold
Belakangan ini material untuk intake manifold telah bisa dibuat dari bahan plastik khusus,dengan begitu supply udara segar kedalam mesin tidak lagi terganggu oleh panas radiator maupun kondensor AC.Selain itu, sudut lekukan dari exhaust manifold dibuat selandai mungkin sehingga mesin dapat bekerja lebih efisien.

4.Program ECU close loop
Program ini bekerja dengan menempatkan sensor di exhaust manifold sehingga jumlah kandungan oksigen setelah pembakaran dapat dideteksi. Hal ini berfungsi untuk menentukan campuran bahan bakar dengan udara ketika sensor menangkap ada kejanggalan pada pembakaran.Sehingga campuran bahan bakar akan selalu berada dalam batas ideal dan effisien mesin menjadi lebih baik.

5.Electronic power steering
Fungsi dari power steering adalah untuk membantu meringankan pengemudi saat mobil berhenti atau berjalan pelan.Namun sistem hidrolisnya bekerja dengan memanfaatkan putaran mesin untuk menggerakan pompanya,sehingga membuat mesin bekerja lebih berat,oleh karena itu sekarang banyak menggunakan power steering elektronic yang memi effisien lebih tinggi.
sistem electronic ini hanya memerlukan arus untuk memutar motor agar sistem kemudi menjadi ringan.Selain menghemat tenaga,tidak adanya minyak power steering membuat biaya perawatan kendaraan lebih mura6.h.


6.Sistem distributorless
Sistem pengapian tanpa distributor membuat akurasi waktu pengapian di ruang bakar semakin baik.Hambatan pada kabel busi dan distribtor ditiadakan.Efeknya pembakaran ditiap selinder semakin akurat dan berdampak pada pembakaran sempurna untuk menghasilkan daya ledak optimum.

7.Direct injection
Meletakan posisi injektor dalam ruang bakar dapat meminimalkan bahan bakar yang terbuang percuma. Dengan jumlah bahan bakar yang akurat,menjadikan mesin bekerja dengan lebih effisien.

8.Dual spark
Teknologi ini telah diterapkan pada produk unggulan honda ( i-DSI ). Dengan menempatkan dua busi pada tip selinder,membuat proses pembakaran dapat berlangsung sempurna tanpa sisa bahan bakar.


sumber : Autobild edisi 132

Read more...

Perbedaan i-DSI dengan VTEC

Mesin i-DSI ( Dual & Sequential Ignition ) Menggunakan teknologi yang dirancang untuk memberikan efisiensi yang tinggi.Tekologi ini menggunakan 2 busi per selinder untuk membuat bahan bakar dapat terbakar sempurna dan bisa diubah menjadi tenaga.

Sedangkan VTEC ( Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) Merupakan teknlogi honda untuk menggabungkan dua karakter mesin.Teknologi ini memungkinkan perbedaan waktu bukaan katup saat mesin berada di putaran rendah dan tinggi. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan mesin agar tetap bertenaga diberbagai putaran mesin.

Read more...

Hemat bbm dengan mudah dan gratis

Saat ini banyak piranti penghemat bbm dipasaran. Padahal sebenarnya kita bisa menghemat bbm dengan cara mengubah kebiasaan mengemudi,dengan mengubah kebiasaan mengemudi kita akan menghemat kurang lebih 25 %.
Berikut ini tipsnya:

1.Memanaskan mesin
Jangan memanaskan mobil terlalu lama, Karena mobil-mobil modern saat ini tidak perlu dipanaskan terlalu lama,cukup dilakukan hanya 30 detik sampai 1 menit sebelum dijalankan.

2.Menjaga putaran mesin
Putaran mesin terlalu tinggi akan menyebabkan boros bbm,terlalu rendah juga demikian.Jagalah putaran mesin mobil antara 2000 - 3500 rpm.Disinilah paduan konsumsi bbm dan tenaga optimal.

3.Engine braking.
Mobil baru dipasaran pada saat ini sudah 90% menggunakan sistem injeksi elektronik.Makanya cara penghematan paling tepat dilakukan.Biasakanlah melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan.Caranya lepaskan pedal gas tanpa memasukan transmisi ke posisi netral terlebih dahulu.Cara ini akan menghentikan total pasokan bahan bakar ke mesin,berbeda jika transmisi dimasukan ke posisi netral maka bensin akan terus disuplai ke ruang bakar untuk menjaga mesin tetap hidup.

4.Menjaga kecepatan
Pengereman dan akselerasi mendadak membutuhkan energi besar.Karena sumber utama dari mobil adalah bahan bakar maka Usahakan menyetir konstan tanpa menginjak pedal gas atau mengerem mendadak.

Read more...

Hemat bbm sebelum membeli mobil

Hemat bbm sebelum membeli mobil

Kabarnya, warga jakarta rata-rata menghabiskan 40% dari total anggaran belanjanya hanya untuk pos kendaraan. Bengkaknya dana

tadi lantaran aktivitas sehari-hari manusia yang tak bisa dilepaskan dari sarana transportasi. Baik untuk urusan

kerja,sekolah anak, maupun senang-senang.
Jadi, idelanya niat menghemat BBM sudah dilakukan sejak hendak membeli mobil.Apakah akan membeli mobil baru, atau mobil bekas

yang hemat pajak? Mau cari yang CC nya gede ( boros bensin dan jago ngebut ) atau cuma mesin empat silinder segaris yang

lebih irit?

Berdasarkan perhitungan matemais, mesin dengan kapasias selinder kecil lebih irit ketimbang yang berkapasitas besar.Untuk

mesin 1300 cc misalnya,volume satu tetes BBM mungkin cuma 0.1 ml.Sementara pada mesin 2000 cc, satu tetes BBM barangkali

bisa mencapai 0.2 ml.Jadi, jika kedua mesin sama-sama bekerja pada 2000 rpm, mesin 4 tak 1300 cc hanya mengkonsumsi 0.4 liter

dan pada mesin 2000 cc menghabiskan 0.8 liter BBM.

Sekarang, dengan banyaknya diproduksi mobil-mobil kecil, pilihan menjadi lebih beragam. "Secara teknis, mobil-mobl kecil

dengan daya angkut minim memang tak butuh banyak tenaga",Cuma memang ada kekurangan si mungil suzuki karimun estilo misalnya

jika dibandingkan dengan Kijang Inova yang lebih bongsor,misalnya."Kalau mau

jalan-jalan,nenek,kakek,keponakan,pembantu,orang tua,adik,kaka pasti gak kebawa".

Informasi kinerja sebuah mobil biasanya ditentukan oleh kapasitas mesin dan besarnya kompresi. Dari situ baru ditentukan daya

kuda serta konsumsi BBM yang diminum setiam 100 km.Angka-angka ini yang kerap dikomparasi antar mobil.Untuk mendapatkan mobil

idaman, anda tinggal pilih sesuai spesifikasi dan tingkat kehematan yang dinginkan.

Read more...

Tips mengemudi dengan aman

Tips mengemudi dengan aman
Kebiasaan- kebiasaan mengemudi yang berbahaya seperti yang saya paparkan tersebut dibawah, kadang-kadang masih banyak ditemui, biasanya dengan alasan supaya hemat BBM atau yang lainnya.Maka hindarilah hal-hal sebagai berikut :

1.Menambah tekanan ban mobil berlebihan
Bila hal ini dilakukan ban akan menggelinding dengan mudah sehingga kerja mesin menjadi ringan.
Namun hal ini akan menyebabkan daya cengkran ban kurang bagus karena bidang kontak ban dengan jalan akan berkurang, bahkan resiko ban meledak saat kena gundukan juga bertambah. Bila penghematan bbm ini dilakukan ban akan menyebabkan cepat aus dan tidak merata.

2.Menetralkan transmisi
Saat melalui jalan yang menurun atau menjelang lampu merah, menetralkan transmisi sambil menngelindingkan mobil kerap dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi pasokan BBM ke mesin. Putaran Idle dipercaya dapat menghemat BBM kecepatan mobilpun dapat dikendalikan sepenuhnya oleh rem.
Kondisi ini berbahaya pada saat-saat darurat, karena pada saat darurat ketika posisi mesin netral kita tidak mempunyai kendali lagi terhadap mesin, padahal mesin dibutuhkan setiap saat untuk berakselerasi dan mengerem pada saat tertentu. Dan kami jmin cara ini tak menghemat bbm lebih baik ketimbang tetap memasukan gigi transmisi keposisi lebih rendah dan melakukan engine brake, terutama yang menggunakan injeksi elektronik.

3.Mematikan mesin saat jalan menurun
Dengan mematikan mesin saat melalui jalan menurun maka pasokan bensin akan berhenti, tetapi resiko dan bahayanya akan sangat besar.
Mesin mati menyebabkan tidak ada bantuan tenaga untuk setir dan rem. Sehingga setir lebih berat karena power stering elektrik tidak bekerja.Begitu pula sengan booster rem yang menyebabkan kinerja penghenti laju ini berkurang drastis.Maka akibatnya mobil akan meluncur dengan tak terkendali, dan biasanya berakibat fatal.

4.Merenggangkan celah kampas rem
Pada kondisi normal seharusnya kampas akan tetap menempel sedikit pada cakram atau tromol rem. Ada beberapa mobil yang masih konvensional celah antara kampas dan piringan sengaja disetel lebig renggang,makan roda akan menggelinding dengan mulus.
Hal ini bisa menyebabkan saat pedal rem diinjak akan menjadi lebih dalam untuk mendapatkan efek pengereman yang sama, bahkan ada beberapa kasus pedal rem sudah diinjak habis tapi rem belum berfungsi maksimal sesuai dengan fungsinya.

Read more...

Friday, 8 May 2009

Tips hindari pemboros BBM

Tips hindari Kesalahan kecil pemboros BBM

Tanpa disadari, banyak sekali kesalahan-kesalahan kecil yang kita pikir bukan masalah, ternyata memberi kontribusi borosnya bbm mobil kita.Berikut ini diantaranya :


1.Mobil sebagai gudang atau rumah kedua

sebagian eksekutif muda, mobil sudah seperti rumah dan kantor kedua. Jarang sekali menurunkan barang-barang bawaan dari mobil.Tanpa disadari, lama kelamaan barang menjadi numpuk bahkan menjadi seperti gudang.Penambahan bobot ini tentunya membuat bbm yang dibutuhkan untuk menjalankan mobil lebih banyak.

2.Jarang mencuci mobil
Kegiatan yang kita anggap sepele ini bisa menyebabkan kotoran dibawah mobil menjadi menumpuk dan menambah bobot kendaraan,mengotori filter serta menghambat laju mobil.

3.Tekanan ban kurang
Tekanan ban yang lebih rendah dari yang di sarankan memang membuat mobil berjalan empuk,tapi hal ini menghambat laju mobil karena daya gesek antara ban dengan aspal akan bertambah,sehingga dibutuhkan energi yang banyak untuk melajukan kendaraan.

4.Filter udara kotor
Rajin-rajinlah membersihkan filter udara walaupun belum saatnya untuk melakukan servis berkala.Karena dengan adanya penumpukan kotoran aliran udara yang masuk ruang bakar menjadi berkurang sehingga campuran bahan bakar dengan udara kurang sempurna atau terlalu banyak bahan bakar.Otomatis tenaga mobil akan menurun drastis.

5.Oli terlalu penuh
Jangan menambahkan oli mesin melebihi batas maksimum,karena pelumasan tidak akan bertambah baik, malahan beban mesin saat berputar akan bertambah besar.Isilah oli antara 75-100% batas maksimal yang diizinkan.

5.AC jalan terus
Lihat-lihatlah kondisi cuaca disekitar mobil kita saat dalam perjalanan.Ketika udara diluar tidak terlalu panas atau pada malam hari matikanlah AC mobil anda.Mobil anda akan berjalan lebih ringan dan hemat bbm, dan kompressor AC akan beristirahat.

6.Perawatan berkala.
Perawatan berkala tak hanya dibutuhkan untuk menjaga garansi mobil tidak hangus.Tapi juga berfungsi untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.setelan klep,celah busi,kondisi filter udara yang tidak tepat akan mempengaruhi konsumsi bbm secara signifikan.

Read more...

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP