Powered by Blogger.

Sunday, 20 December 2009

Karimun Estilo Vs Proton Savy Vs Kia Picanto Bagian III




3. KIA PICANTO 1.1 M/T
SEBAGAI juara bertahan dalam kategori ini,KIA Picanto memang menjadi incaran pesaing barunya. Face lift yang telah dilakukan di eropa tahun ini, sayangnya belum diterapkan di Indonesia. Sehingga belum
ada pembaharuan tahun ini.Dan untuk menghadapi kedua kontestan baru kali ini, kami mencoba kembali Kia Picanto, raja city car tahun lalu. Desain Picanto terasa mulai tertinggal dibanding para pesaingnya. Namun is memiliki dimensi bodi lebih besar.Toh kualitas interior dan layout dasbor pun lebih baik ketimbang Estilo. Sementara faktor kelengkapannya tersedia 7 penyimpanan plus 3 cup-holder, 5 seatbelt serta pelipatan jok belakang yang lebih praktis.

Ruang barang dan pintu belakang cukup besar dikelasnya membuat Picanto lebih fleksibel untuk barang lebih banyak. Serta tersedia tempat penyimpanan tool kit di balik lantai bagasi. Soal posisi mengemudi, Picanto mesti mengakui keunggulan Savvy dengan jok semi bucket. Meski driving experience-nya lebih baik dari kedua rival. Begitu pula dengan pengendaliannya. Terpaksa ia harus menyerahkan tahtanya sebagai yang tergesit dengan feedback yang cukup baik kepada Proton Savvy.



Namun demikian bantingan Picanto terbilang lebih lembut ketimbang Savvy.Toh bobotnya paling berat dari para pesaing membuat saat menikung cepat, namun gejala limbung yang muncul tetap minim dan nyaman dikendalikan.Unit 1.100cc Picanto memang paling lambat dari seluruh kontestan. Untuk akselerasi 0-100 km/jam tercatat angka 15,4 detik.

Sementara torsi maksimalnya berada di 94,1 Nm pada putaran 2.400 rpm. Memang bukan yang terbaik pada tes kali ini namun tenaganya sudah terasa pada putaran rendah,sehingga sesuai dengan kondisi kota dengan stop & go. Dengan banderol tertinggi di antara peserta tes kali ini, sepertinya Picanto sulit untuk mempertahankan kejayaannya tahun lalu. Beruntung kalau Picanto lebih dulu beredar di pasar lokal dan berarti unit ini lebih memiliki tingkat kepercayaan konsumen ketimbang para pesaingnya.

Pertarungan kunci:
Fleksibilitas mobil kota
Selain dimensi bodi yang mungil,serta kelincahan saat memalul kepadatan lalu lintas perkotaan, sebuah
city car pun perlu memiliki tingkat fleksibilitas yang baik. Jadi, beragam kebutuhan transportasi di dalam kota dapat terpenuhi di dalam transporter ini.

Tak heran bila pelipatan bangku belakang sudah menjadi standar bagi mobil kota ini. Lagi-lagi, Proton kembali menawarkan sesuatu yang lebih dengan menyediakan cargo net sebagai kelengkapan standar. Tak hanya itu, ruang Penyimpanan di sisi kiri pun cukup membantu ketika perlu ruang penyimpanan.
Penggunaan ban serep model half Pada Savvy, kian menambah kapasitas bagasi. Meski bila berbicara lapang, Picanto tetap menjadi yang terbesar.


TABEL PENILAIAN

1.Suzuki karimun
Harga* 8
Konsumsi bbm* 9
Akselerasi* 7
Fitur 6
Eksterior 8
Interior 7
Kepraktisan* 7
Kenyamanan 7
Akomodasi* 7
Handling 6
Fun to drive 7

2.Proton Savvy
Harga* 8
Konsumsi bbm* 7
Akselerasi* 9
Fitur 8
Eksterior 8
Interior 8
Kepraktisan* 9
Kenyamanan 7
Akomodasi* 8
Handling 9
Fun to drive 9

3.Kia Picanto
Harga* 8
Konsumsi bbm* 8
Akselerasi* 7
Fitur 8
Eksterior 7
Interior 8
Kepraktisan* 8
Kenyamanan 8
Akomodasi* 9
Handling 8
Fun to drive 8
Catatan: * = faktor yang dianggap signifikan dalam Tes Jalan kali ini

Bersambung ke bagian IV.........

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP