Powered by Blogger.

Sunday, 13 December 2009

Karimun Estilo Vs Proton Savy Vs Kia Picanto Bagian II




2. PROTON SAVVY
KONTESTAN kedua dalam pertarungan ini berasal dari rumpun melayu, Malaysia.Berbeda dengan kedua pesaingnya yang telah lebih dahulu hadir di pasar Tanah air,baik Kia maupun Suzuki yang telah cukup
melegenda.

Berasal dari rumpun melayu, bukan berarti minim terhadap teknologi. Transfer ilmu dari produsen mobil sport, Lotus, meberi kontribusi Proton Savvy lewat rancang bangun sasis dan transmisi. Tak heran bila
Savvy hadir dengan kelengkapan fitur yang cukup menggiurkan.

Penampilan eksterior pun cukup futuristik dengan menghadirkan banyak sudut serta garis bodi yang tegas. Kesan sporty begitu kental hadir pada Savvy dengan desain gril besar serta ujung knalpot tunggal di tenggah. Plus, pelek alloy, rear spoiler dan foglamp di bumper depan.

Memasuki interior, nuansa sporty terus berlanjut dengan jok yang diracik semi bucket dan dilengkapi pengatur ketinggian.Penempatan tuas sein dan wiper menyerupai mobil Eropa sehingga perlu sedikit adaptasi ketimbang dua model pesaingnya.Namun posisinya terlalu jauh dari lingkar kemudi, sehingga cukup sulit saat hendak dioperasikan.



Begitu pula saat Savvy membutuhkan bermanuver cepat saat zig zag. Pengemudi perlu tenaga ekstra untuk memutar lingkar kemudi - satu faktor yang tidak sesuai sebagai konsep city car yang memerlukan kelincahan saat di kepadatan lalu lintas. Tak hanya olah kemudi, saat perpindahan gigi, tuas perseneling pun terasa berat.

Tak heran bila tipe Auto manual Transmition (AMT) lebih kami rekomendasikan ketimbang versi manual. Lotus sebagai partner Proton pun membuat Savvy sebagai satu-satunya city car yang menerapkan teknologi tiptronik.Tapi sisi kestabilan Savvy pun patut diacungi jempol. Melaju hingga kecepatan 140 km/jam tak membuat Savvy terasa melayang. Hal ini berkat rancang bangun sasis serta suspensi yang mentransfer ilmu produsen sport car. Jadi, kondisi ini cukup wajar terjadi, mengingat karakter mobil sport yang memiliki tingkat kestabilan tinggi dengan kemudi yang lebih berat.

Posisi duduk ideal dapat diperoleh dengan mudah, berkat tersedianya pengatur ketinggian jok serta sudut setir. Visibilitas pengemudi juga baik dengan desain pintu depan yang menyediakan ruang kaca besar.

Di antara rivalnya, Savvy memiliki kapasitas mesin paling besar. Konfigurasi 4 silinder segaris 1.149 cc 16 valve ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 74 dk. Hal inilah yang membuat Savvy terasa cukup agresif, namun tetap mampu menyalurkan tenaga mesin dengan lembut. Berbeda dengan Karimun yang memiliki karakter agresif di putaran rendah. Akselerasi 0-100 km/jam, Savvy mencatat 12,3 detik.Konsumsi bbm pun masih berada dalam toleransi sebuah city car yang mencatat angka 12,2 km/l untuk rute kombinasi.

Tak terlalu irit, namun sebanding dengan performa yang diberikan.Melihat kemampuannya, city car dari
rumpun melayu ini jelas memberi perlawanan sengit Tinggal kita lihat saja apakah dapat mengambil alih tampuk pimpinan.


Bersambung ke bagian III.........

1 comments:

aDvanced Zeal Technology 11 November 2011 at 18:30  

Free Gratis SMS ke semua Operator HP Indonesia di http://www.adnetwireless.com/ Wireless Internet RTRWNET aDNet Citra Raya Cikupa, Gading Serpong Tangerang, Pondok Hijau Golf Handal, Cepat, Service Baik, Partner Koneksi Internet Anda E-mail/YM: adnetcs@yahoo.com SMS/Tel: 02170646473 Telepon: 02193536573 Android: 02170789173

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP