Powered by Blogger.

Sunday, 15 November 2009

Renault Laguna 2.0 dCi Active Drive




RASANYA, kemudi empat roda (four wheel steering) lebih relevan jika dihubungkan dengan reli dibanding mobil jalan raya.Namun, hal ini tidaklah menghentikan Renault. Lihat saja flagship Laguna GT, dilengkapi paket Active Drive. Katanya, mampu meningkatkan handling dan keamanan. Apa iya?



Pada kecepatan rendah, sistem pintar ini dirancang untuk menambah tingkat manuver. Di bawah 59 km/jam, roda belakang akan membelok ke arah berlawanan dengan roda depan. Meski hanya membelok 3,5 derajat,bantuan roda belakang cukup untuk mengurangi radius putar Laguna dari 12,05 meter menjadi 10,8 meter.Juga membuat steering lock menjadi lebih sedikit. Pada Laguna standar,butuh putaran sejauh 16 derajat untuk menghasilkan radius putar setara dengan putaran kemudi 13,5 derajat pada Active Drive.



Di atas 59 km/jam, roda belakang diprogram untuk membelok ke arah sama dengan roda depan, untuk membantu stabilitas di jalan raya. Pada kecepatan ini,poros belakang hanya diperbolehkan membelok sejauh 2 derajat, dengan catatan bisa menjadi 3,5 derajat andai terjadi emergency.
Meski tidak terasa seperti mobil asing, pada kenyataannya adopsi fitur ini membuat varian Active Drive memiliki karakter berbeda Laguna standar. Butuh usaha lebih sedikit untuk menaklukkan tikungan tajam, plus lebih mudah bernegosiasi dengan tempat parkir.

Pada kecepatan tinggi terasa lebih asyik lagi. Lebih menghadirkan feeling, plus saris Active
Drive sangat efektif dalam mengontrol body roll.Suspensi pun lebih kaku dibanding Laguna standar, sehingga lebih piawai menaklukkan tikungan berkecepatan tinggi.Biar begitu tetap terasa supel.

Sayang untuk semen tara opsi ini hanya terdapat pada model flagship...

Mesin = 2000 cc 4 selinder
Tenaga = 148 dk
Konsumsi BBm = 16.6 km/liter
Harga = 400 jt

Sumber : Autobild 161

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP