Powered by Blogger.

Wednesday, 19 August 2009

Toyota Estima

GENERASI ketiga Toyota Estima ini diluncurkan untuk pertama kali 2006 lalu di Jepang. Sementara di Australia muncul dengan nama Toyota Tarago. Di Indonesia mobil ini dikenal dengan Toyota Previa dan generasi ke-II Estima itu pernah masuk ke Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor.

Sekilas parasnya terlihat ramping walau telah mengalami penambahan dimensi. Di atas kertas, perubahan dimensi Estima ini berdampak pada kestabilan maupun pengendaliannya.

Kenyataannya, Toyota berhasil melakukannya. Lebar bertambah 10 mm menjadi 1.800 mm,sementara panjangnya bertambah 45 mm menjadi 4.795 mm. Namun tingginya pengalami pemangkasan 20 mm menjadi 1.750 mm.

Dibanding saudaranya Alphard yang tampak anggun serta Noah yang lebih moderat, Estima dengan desain lampu depan bagaikan mata elang, terlihat lebih modern. Dilanjutkan dengan garis bodi samping yang melintang dari depan hingga buritan mobil yang membuatnya terlihat dinamis. Lampu belakang tipis melebar dari sisi kiri hingga sisi kanan melengkapi kesan futuristis mobil ini.

Untuk membuka pintu, disediakan 3 tombol keyless entry.Dua di pintu depan dan 1 di bagasi. Sedang untuk menutup bagasi, Anda bisa dimudahkan dengan kerja elektrik hingga tertutup rapat.

Layout dasbor masih mempertahankan desain dengan posisi panel instrumen di tengah dengan fitur optitron. Beberapa fitur canggih sudah tersedia sebagai standar. Termasuk twin sunroof elektrik yang menghiasi atapnya. Lalu tuas cruise control tersembunyi di sebelah kanan setir serta AC climate control dual zone dengan ionizer. Sedang tuas transmisi otomatis 4-speed Super ECT dengan mode Tiptronic terletak rapi di tengah dasbor.

Kenyamanan bagi penumpang juga superior. Tak lain berkat captain seat pada baris kedua yang sudah dilengkapi penyangga kaki serta rel yang cukup panjang. Jika bangku baris ketiga dilipat,kursi nyaman ini bisa mencapai posisi rebah yang sempurna. Serasa duduk di first c/ass.

Mekanisme pelipatan bangku belakang juga menggunakan sistim elektrik.Posisi bangku tersembunyi di bawah lantai belakang, membuat ruang bagasi menjadi rata. Tersedia dua tombol untuk menegakkan bangku yang terpisah 60:40.

Di balik kap mesinnya yang cukup kecil, tersimpan mesin berkapasitas 2.362 cc 4 silinder VVT-i yang juga digunakan pada jajaran Toyota teranyar lainnya.Tenaga yang dihasilkan mencapai 167 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 224 Nm di 4.000 rpm. Cukup untuk melajukan mobil seberat 2.430 kg plus 7 penumpang dan bermanuver di lalu lintas yang ramai.

Pelek dengan motif sporty dibungkus dengan ban 215/55 R17 sudah menjadi standar mobil ini. Namun tidak mengurangi kenyamanan berkendara serta memberikan kendali yang cukup presisi.

Sumber : AUTOBILD 167


0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP