Powered by Blogger.

Friday, 14 August 2009

Suzuki karimun

POPULARITAS Suzuki Karimun generasi pertama memang luar biasa. Ia dianggap ideal mewakili nilai-nilai sebuah city car. Dimensi mungil, hemat bbm dan Lincah bermanuver Meski terlahir sebagai kendaraan perkotaan, namun desain eksterior yang kotak minimalis membuatnya terkesan kokoh. Sehingga tidak sedikit kaum adam yang menggunakannya sehagai transporter andalan.

Awalnya banyak yang meragukan kapasitas angkutnya lantaran ukurannya yang kompak. Tapi begitu masuk ke dalam kabin maka jelas terlihat bahwa akomodasi Karimun terhitung lega dibandingkan kompetitornya. Begitu juga dengan posisi mengemudi yang ergonomis menjadikannya semakin nyaman dipakai berkendara.

Dapur pacu yang digunakan serupa dengan Suzuki Carry 1.0,Katana dan Jimny/Katana. Mesin 4 silinder segaris,8 katup,dengan besi cor sebagai material bloknya ini telah terbukti ketangguhannya terutama pada Carry yang banyak digunakan sebagai angkutan perkotaan. Meski masih menggunakan karburator namun sistem pengapian Karimun sudah menggunakan CDI.

Key history
LAHIR di tengah remuknya kondisi perkonomian bangsa akibat hantaman krisis moneter, membuatnya mampu menterjemahkan sense of crisis dengan baik.Kala itu, masyarakat lebih membutuhkan kendaraan yang irit bensin dan mudah perawatannya. PT Indomobil Niaga Internasional melansirnya pertama kali pada tahun 1999.

Di fase kedua (2001-2003),Suzuki melakukan sedikit perubahan pada Karimun. Pelek menjadi palang tiga dan semakin variatifnya pilihan warna untuk mengakomodir konsumen yang berjiwa muda.
Di masa edar 2004-2006, cukup banyak perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pada bumper depan Karimun telah bertengger sepasang foglamp. Penampilannya pun semakin manis berkat perubahan format sein depan menjadi bermika putih.Bagian atap disematkan roof rail yang menunjang nilai kepraktisan. Terutama bagi mereka yang kerap melakukan perjalanan jauh. Tidak itu saja,visibilitas ke belakang semakin baik dengan membesarnya dimensi spion samping.

Di buritan, kaca belakang telah dilengkapi wiper dengan hendel pintu yang lebih panjang. Mud guard juga diikutkan demi mengurangi cipratan kotoran ke kaca belakang maupun kendaraan sekitar. Rangkaian penyegaran tersebut bertahan hingga Karimun kotak menutup produksinya dan diganti dengan generasi selanjutnya, Karimun Estilo.



PERHATIKAN
GX merupakan trim termewah di jajaran Karimun. Di pasaran mobkas, selisih harganya dengan varian DX lumayan tinggi, bisa lebih dari Rp 1 juta. Pada Karimun GX, pintu depannya sudah dilengkapi power window. Spion GX pun lebih besar ketimbang DX. Sedangkan eksterior, GX dapat ditandai dengan tersematnva roof rail dan foglamp yang tidak terdapat pada Karimun DX.


ALTERNATIF PILIHAN
HYUNDAI Atoz dan KIA Visto merupakan pilihan menarik selain Karimun generasi pertama ini. Sebagai rival di kelas yang sama, perawakan ketiganya pun mirip-mirip. Hampir tak ada beda antara Visto dan Atoz - terutama dari depan - karena memang keduanya memiliki basis yang sama.

Kabin mereka tidak lebih luas di banding Karimun, namun sejak pertama diluncurkan tahun 2000, keduanya memiliki varian bertranmisi otomatis. Nilai plus bagi pemerhati kenyamanan.Pun begitu dengan teknologi mesin, baik Atoz maupun Visto telah menganut sistem pasokan bahan bakar injeksi. Sehingga performanya lebih baik dengan konsumsi bbm yang lebih efisien.

Hal menarik lainnya, Atoz dan Visto umumnya memiliki banderol yang lebih terjangkau dibanding Karimun. Sehingga sangat akomodatif bagi mereka yang mengidamkan mobkas perkotaan dengan budget terbatas.



TELITI SEBELUM BELI
1.MESIN
MESIN F10A terkenal sederhana namun sangat memudahkan ketika melakukan perawatan. Bila rutin melakukan pergantian oli, timing belt dan tune-up maka performanya akan selalu optimal.Mesin yang sehat terlihat dari tidak adanya rembesan oli di sekitar mesin dan asapnya tak berwarna putih ataupun hitam.

2.SETIR
KARIMUN sudah menggunakan electric power steering (EPS), sehingga kemudinya sangat ringan dan konsumsi bbm pun lebih irit karena tidak membebankan mesin. Agar EPS selalu optimal, diperlukan arus listrik yang stabil.lakukan pengecekan dengan memutar setir ke kiri dan kanan ketika parkir, tambahkan pelumas jika terdengar suara-suara. Dalam kondisi yang parah, ketika herjalan lurus pun bunyi ketukan logam sudah terdengar.

3.SASIS
KARIMUN menggunakan sasis monokok. Untuk melihat kondisi sasisnya, perhatikan pelat di balik bumper belakang, jika pernah mengalami tabrakan parah, maka pelat ini akan terlihat penyok. Sedang untuk bagian depan, cermati posisi radiator dan sokbreker, jika sudah tidak berada di tempat seharusnya, bearti Karimun tersebut pernah mengalami benturan hebat.


4.AC
NYALAKAM AC pada setelan maksimum, rasakan dingin dan tingkat embusannya. Pastikan semuanya berjalan normal. Jangan heran jika AC nya tidak terlalu dingin, karena dari barunya memang tidak sedingin Toyota Avanza atau Isuzu Panther.


5.KAKI-KAKI
Sokbreker dan ball joint kerap bermasalah jika sering menghajar lubang. Pastikan kedua komponen itu selalu sehat demi kenyamanan dan kestabilan di jalan.


6.PENDINGIN KABIN
Jika terdengar bunyi `cetak...cetok...' dari kompresornya menandakan kenerjanya sudah lemah. Untuk mengatasinya perlu diganti satu set.Atau ada cara lain dengan hanya mengganti puli AC namun tetap tidak seoptimal penggantian satu set kompresor AC.



CATATAN
BAGI konsumen mobkas, memelihara Karimun kotak sangat menyenangkan. Perawatannya mudah dan murah, di pasaran ketersediaan spare part-nya pun melimpah. Bila Anda `mengambil Karimun yang sudah lebih dari 5 tahun atau sekitar 250 ribu km, maka disarankan untuk melakukan servis karburator. Untuk jeroan mesinnya, gantilah semua gasket, piston berserta ring-nya. Namun bila budget Anda terbatas, cukup mengganti ring pistonnya agar mesin kembali segar dan memiliki kompresi yang bagus. Di usia 5 tahun juga disarankan untuk mengganti sokbreker,stopper, dan karet-karet suspensi.



KESIMPULAN
SUZUKI Karimun GX produksi 2004 adalah varian yang kami rekomendasikan. Perubahan yang dialami sangat signifikan dibanding produksi tahun-tahun awal. Fitur yang tersedia sudah lengkap. Tidak hanya menunjang kemewahan,namun sangat terasa di aspek fungsionalnya.


Sumber : AUTOBILD 161

2 comments:

wirabumi 20 February 2010 15:52  

untuk ke luar kota msh kategori nyaman ga bro..
n berpa kisaran konsumsi bbm'nya

Anonymous,  4 May 2010 09:12  

Dlam kota enak tapi kalo untuk dibawa keluar kota apalagi jalan menanjak ga enak bos.

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP