Powered by Blogger.

Monday, 31 August 2009

KREDIT MOBIL PILIH DP BESAR ATAU KECIL ?



Krisis ekonomi yang melanda tidak menyurutkan niat masyarakat untuk memnbeli mobil idaman keluarga. Apakah itu mobil baru ataupun mobkas.
Buktinya masih terjadi penjualan unit kendaraan, bahkan beberapa tipe dari merek tertentu justru mengalami peningkatan permintaan.
Sejak gejala' mulai terasa di Indonesia akhir 2008, banyak yang menahan pengeluaran yang besar, termasuk pembelian kendaraan. Tak heran penjualan bulan Desember-Februari mengalamipenurunan walau tak sedemikian drastis. Lambat namun pasti,angka penjualan kendaraan roda empat mulai menanjak, baik itu secara tunai maupun kredit.

Bila selama ini banyak konsumen yang tidak hanya tergiur namun jugs menginginkan DP yang kecil atau ringan, saat ini pun sudah mulai menjadi tren pembelian mobil melalui kreditdengan DP yang besar."DP besar membawa keuntungan bagi calon pemilik mobil dan lembaga finansial. Dan menunjukan keseriusan calon pembeli akan kewajibannya,"papar Lukas Subagio, Direktur Olympindo Multi Finance. Hal ini terjadi karena resikonya menjadi minim, baik untuk lembaga finansialnya maupun konsumen.

Dari segi lembaga finansial,bila konsumen memberikan DP yang besar, tentu `modal pasti'sudah dibayarkan oleh konsumen dan memberikan pokok utang kecil kepada konsumen.Dari pihak talon pembeli sendiri dengan down payment yang besar, maka angsuran per bulan akan lebih ringan, dan dapat memilih masa tenor antara 1-4
tahun.

Jika selama ini DP yang diberikan oleh konsumen berkisar antara 15%-20% minimal, maka untuk DP besar tidak ada batasan. "Berapa pun DP yang ingin dibayarkan oleh konsumen tentu kami menerima, namun kebijakan dari kami adalah minimal pokok utang adalah Rp 25 juta. Dan mobil apapun kami sanggupi. Bahkan kami pernah
menangani konsumen yang ingin membeli sebuah sportscar," ujar Punto Nugroho, RegionalManager BCA finance.

Pada dasarnya dari lembaga finansial tidak ada perbedaan syarat untuk DP yang besar, sama seperti DP kecil. Yang perlu diperhatikan adalah justru dari calon pembeli itu sendiri. Walaupun DP besar, belum ada kepastian bahwa konsumen akan mendapatkan kredit yang diinginkan. Pasalnya bila angsuran yang diusulkan nielebihi ketentuan 30% dari pendapatan, maka bank atau leasing tidak akan memberikan kredit itu dengan mudah, atau sama sekali ditolak.

Sesuaikan bujet Anda dengan mobil yang diinginkan.Tentukan pula berapa besaran DP yang ingin Anda bayarkan agar angsuran bulanan menjadi ringan. Pilihlah tenor yang sesuai agar rencana finansial Anda untuk beberapa bulan ke depan tidak terganggu.Umumnya beberapa dealer sudah mempunyai `kontrak' kerja sama dengan lembaga
keuangan, sehingga calon pembeli tidak mempunyai pilihan bila Anda merasa tidak cocok jangan ragu untuk berpindah ke dealer yang lain. Namun ada beberapa dealer yang memilih lembaga keuangan sendiri untuk mempermudah konsumen.Jangan lupa bicarakan dengan anggota keluarga, sehinga menjadi keputusan bersama atau semua akan merasa terlibat.

SUMBER : AUTOBILD 161



1 comments:

kredit Info 19 January 2011 at 07:13  

wow, great post and info
keep posting stuff like this
i really like it.
Kredit vergleich

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP