Powered by Blogger.

Saturday, 8 August 2009

Honda Vario CBS


Beberapa minggu yang lalu pabrikan Honda mengeluarkan varian baru motor Vario CBS TECHNO,pada honda vario CBS TECHNO ini terdapat teknologi baru yaitu diberi nama combi brake.Teknologi ini baru ada pada motor honda.

Motor Matic ini sangat cocok bagi pemula yang belum paham pengereman.Pemakai awam sering ngerem belakang kelewat kenceng dan bikin roda belakang geol kiri-kanan.Mengantisipasi hal ini PT AHM menelurkan produk ini.

Untuk itu MOTOR PLUS mendapatkan kesempatan untuk first ride dengan jajal pengereman.Pengujian dilakukan di salah satu area markas PT AHM di tipar cakung,jakarta utara.Namun sayang sirkuit

test produk PT AHM yang tersedia gak bisa dipakai karena sedang persiapan untuk first ride media cetak dan elektronik. Akhirnya coba dijalanan beton sekitar kantor AHM.Sebelum melakukan tes,sempet mikir dulu karena jalan yang dipakai dominan beton.Kebayang deh ban hanya akan mencengkram maksimal kalau permukaan jalan dari aspal.Artinya, seandainya CBS diuji keampuhan dan safetynya di beton bisa jadi kurang kelihatan performanya.

Sempat ragu untuk melakukan pengereman mendadak dengan menekan tuas sebelah kiri saja.Dihandel sebelah kirilah teknologi CBS ini bisa dioperasikan.Rem depan dan belakang serempak bekerja dengan menekan satu handel rem kiri saja.

Bertahap melakukan uji pengereman meski dengan perasaan kurang yakin dengan permukaan jalan dari beton,karena rasa penasaran yang tinggi akhirnya memutuskan kudu yakin dengan kemampuan HONDA VARIO CBS ini.Gas dibejek bertahap.Tahap awal gas dipelintir cepat dan di angka 20 km/jam. Handel rem sebelah kiri ditekan sekuat-kuatnya secara mendadak.Kedengeran tuh bunyi ban mendecit dan permukaan jalan tersisa bekas jalur ban.

Tahap awal diulang berkali-kali dan hasilnya kelihatan.Dengan kecepatan 20 km/jam,hasil CBS
setelah dioperasikan dengan pengereman mendadak gak ada gejala goyang atau sliding sedikitpun di roda bagian belakang.

Karena ga ada masalah dengan kecepatan 20 km/jam akhirnya memberanikan diri untuk mencoba dengan kecepatan 50 km/jam dan hasilnya dari efek pengereman mendadak itu tidak terasa.Paling simpel bisa dilihat dari bekas jalur pengereman benar-benar lurus.Artinya kecepatan 50 km/jam pun gak ada masalah kalau dilakukan pengereman mendadak.

Berbeda banget dengan rem kanan dan kiri Vario sebelumnya.Sulit untuk menentukan secara pasti waktu untuk melakukan pengereman mendadak.Perimbagan rem belakang-depan saat rem mendadak susah dipatok.Makanya banyak kejadian gedubrak waktu pengereman mendadak meski dikecepatan 20 km/jam.Teknologi CBS ini diharapkan mampu menutupi kekhawatiran pengguna skubek dibagian

pengereman.Apakah anda tertarik untuk memilikinya?

Sumber : Motor Plus

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP