Powered by Blogger.

Sunday, 19 July 2009

SUV Suzuki Grand Vitara 2.4 Mesinnya besar Irit BBM














Inilah varian terbaru Grand Vitara. Sekilas,tampilan mobil ini tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Dari sisi eksterior Grand Vitara 2.4L ini
memang hanya mengalami perubahan kecil atau minor change dari model sebelumnya. Wajar jika tak terlihat perbedaan mencolok. Yang berubah hanya gril danbum per depan baru, serta lampu depan dan belakang yang didesain sedikit berbeda.

Kaca spion juga diberi sentuhan baru. Lalu, yang lumayan mencolok adalah digunakannya velg berdiameter lebar,18 inci. Jadilah tampilan sport utility
vehicle (SUV) baru ini sedikit bertambah sporti dibanding pendahulunya Jika disimak lebih jauh ada hal baru yang ditawarkan dari Suzuki Grand Vitara
baru ini. Salah satunya adalah, varian terbaru Vitara ini menggunakan mesin yang lebih besar. Jika selama ini Grand Vitara hanya bermain di kelas 2.000 cc, kini mulai menggunakan mesin 2.400 cc. Tenaganya lebih besar dibanding varian pendahulunya.

Lihat saja. Mesin baru sebesar itu mampu menyalurkan tenaga 164 daya kuda pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 225 Nm pada 3.800 rpm. Bandingkan dengan mesin 2.000 cc pendahulunya yang bertenaga maksimum 138 daya kuda pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 183 Nm pada 4.000 rpm.Namun, meski tenaganya bertambah besar, konsumsi bahan bakar mesin baru tadi justru diklaim Suzuki lebih irit ketimbang varian Grand Vitara sebelumnya. Satu liter bahan bakar bisa digunakan oleh mobil ini untuk menempuh jarak sejauh 12,6 kilometer.

Efisiensi sebaik itu bisa dicapai karena mesin ini menggunakan program engine control unit (ECU) dan variable valve timing (VVT).VVT berfungsi mengatur
buka tutup katup sesuai kondisi kerja mesin. Sehingga,kerja mesin jadi lebih efisien.

Mesin Grand Vitara inipun terbilang sangat gres. Bahkan di Jepang sendiri baru diperkenalkan tak sampai setahun lalu. “Mesin ini memang dibuat untuk Grand Vitara 2.4,” ujar Deputy GM Marketing 4W Brand II PT Indomobil Niaga International (IMNI), Bebin Djuana.

Grand Vitara 2.4 ini masih punya keunggulan selain mesin yang besar dan irit.Lampu utama mobil ini menggunakan HID (high intensity discharge) projector dengan fitur auto leveling dan auto headlamps, lampu akan menyala dengan sendirinya saat pencahayaan mulai gelap."Lahirnya Grand Vitara 2.4 bisa menjadi pilihan buat konsumen yang butuh SUV high," Direktur Pemasaran PT IMNI, Endro Nugroho.

Grand Vitara baru ini diluncurkan dalam dua varian,yaitu yang bermesin 2.400 cc dan 2.000 cc. Ditargetkan penjualan kedua varian itu bisa mencapai 4.000 sampai 5.000 unit hingga akhir 2009. Target ini terbilang realistis. Sebab, pada 2008 hanya dengan satu varian Grand Vitara bisa terjual sebanyak 5.500 unit. Tak heran jika dengan dua varian Endro lebih optimistis bisa mencapai target tahun ini. Anda tertarik? SUV ini ditawarkan dengan harga Rp 310 juta.

Sumber : Koran Tempo mei 2009

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP