Powered by Blogger.

Monday, 6 July 2009

Hyundai Santa FE


BAGI sebagian orang,nama Hyundai Santa Fe masih terasa asing di telinga. SUV asal Korea ini kalah pamor dan pesaing lainnya asal Jepang Padahal merek yang mengambil nama dari sebuah kota di Amerika Serikat ini mendulang sukses di negara lain sejak diluncurkan di 2001 Sebenarnya tampilan Santa Fe tidaklah Mengecewakan. Cobalah tengok generasi pertamanya. Mobil yang menjadi pembuka sukses penjualan Hyundai di Amerika Serikat ini memiliki aura SUV yang sangat kentara,Kesan itu tampak dari buritan yang diimbuhi bumper tebal nan gagah dengan garis desain tegas dan disematkan lampu rem tambahan Belum lagi penggunaan pelek 16 inci yang memberi kesan berotot.

Sayang kesan yang sama tak dirasakan pada bagian depan. Bumper tebal yang dilengkapi foglomp langsung mencuatkan kesan macho. Namun desain kap mesin dan
lampu depan terlihat terlalu manis dan datar. Bahkan sepintas ada yang menyamakan moncong Santa Fe dengan kepala ikan lele.Beda lagi dengan interiornya.
Aroma mewah justru terasa saat kita membuka pintu depan. Lihat saja kisi AC yang berada di panel pintu ala mobil Eropa. Atau tilt steering dan pengaturan tinggi-rendah jok pengemudi yang membuat posisi mengemudi ideal mudah diperoleh.

Kabin tengah terbilang lega dengan bangku dilengkapi armrest.Kenyamanan kabinnya semakin diperkuat dengan bantingan Santa Fe yang terbilang empuk. Masih belum cukup? Seabrek barang bawaan dapat masuk ke bagasi yang luas dan dilengkapi cover.

Di pasaran mobkas, harga Santa Fe bekas jauh lebih murah dari pesaingnya. So, bagi Anda yang ingin mencicipi aroma SUV second layak jadi pilihan.

Key History
2001-2006: Hyundai Santa Fe generasi pertama dirilis pada 2001-Tampilannya terlihat gagah meski moncongnya agak aneh bagi sebagian orang.Mesin yang diusungadalah bensin 2.400cc 4 silinder Sementara dua model transmisi disediakan sebagai pilihan, yaitu manual 5-speed dan matik 4-percepatan. Tidak ada
perbedaan fitur di antara kedua model tersebut. Sampai akhir masa peredarannya generasi pertama ini tidak mengalami ubahan apapun.

2006: PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) meluncurkan generasi kedua Hyundai Santa Fe, Model ini berbeda jauh dan pendahulunya. Tampilan generasi kedua ini lebih elegan dengan nuansa modern sangat kental Desain bodi halus nan aerodinamis terlihat serasi dengan lampu depan, lampu belakang serta sepasang ujung knalpot krom Pelek alloy ini terlihat serasi dengan bodinya yang kini lebih bongsor.

Segudang fitur ditawarkan Santa Fe. Sebut saja sunroof, pelipat spion elektrik, keyless entry, AC dual zone dengan climate control dan cool box di konsol tengah Satu lagi kelebihan dari generasi kedua adalah hadirnya bangku baris ketiga. Meski hanya layak untuk anak kecil, tapi kepraktisan Santa Fe jadi bertambah Unsur kemewahan juga sangat kental terasa pada interiornya.

Untuk mesin tersedie 2 model,yaitu diesel 2.188 cc 151dk dan bensin 2.656 cc V6 188 dk berpengerak 4WD. Pilihan transmisi hanya matik Shiftronic 4-percepatan Namun sayang model berpenggerak empat roda hanya bertahan sesaat lantaran harganya dirasa terlalu mahal 2007 Santa Fe memperluas varian yang ditawarkan dengan merilis model termurah GLS 5-seater dan 7-seater. Penurunan'kasta' ini karena ia hanya dilengkapi pelek alloy 16 inci, airbag pengemudi saja, bahan
jok fabric dan minus sunroof. Mesin yang diusung adalah bensin 2.656 cc. Sementara model diesel masih tetap dipasarkan.

2008: PT HMI kembali meluncurkan Santa Fe bensin. Namun sistem penggeraknya tidak lagi 4WD melainkan hanya 4x2. Dapur pacu yang dipakai masih sama, yaitu 2.656 cc V6

Sebelum beli seken Cek dulu:

1.LAMPU DEPAN
ADA juga Santa Fe yang mika lampu depannya bermasalah. Bagian tersebut menjadi kusam berkerak hal ini sulit dibersihkan. Aki batnya akan mengganggu visibilitas karena berkurangnya daya pancar sinar lampu di malam hari.

2.SOKBREKER BAGASI
BISA jadi akibat pintu bagasi yang terlalu berat,ada beberapa unit Santa Fe yang mengalami kerusakan pada sokbreker bagasinya.Kerusakan ini terasa merepotkan saat Anda ingin memasukkan barang ke bagasi. So, pastikan dulu kondisinya sebelum membeli.

3.POWER STEERING
TIDAK ada salahnya Anda memeriksa bagian ini. Pelek besar yang dipakai dan beratnya kondisi jalan yang dilalui dapat saja mengurangi usia pakai komponennya. Periksalah siapa tahu ada kebocoran di sistem hidraulisnya.

Sumber : Autobild 132

1 comments:

danny,  26 November 2009 at 07:49  

kalo tahun 2001 untuk pasaran surabaya berapa ya..??

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP