Powered by Blogger.

Tuesday, 2 June 2009

Tips memilih Aki

Setelah kita tahu jenis dan type-type aki maka kita sebelum membeli aki ada baiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1.PILIH UKURAN YANG SESUAI
Di pasaran tersedia beberapa ukuran bodi dan terminal aki. Jangan pilih aki dengan bodi lebih besar dari dudukannya atau terminal aki yang tak sesuai dengan kabelnya.




2.KEMAMPUAN SESUAI KEBUTUHAN
Sebaiknya pilih aki dengan Ampere yang sama seperti standar mobil. Spesifikasinya tertera di buku manual kendaraan. Tapi jika mobil dipasangi banyak aksesori perangkat elektronik, tentu memerlukan aki dengan ampere lebih besar.


3.UMUR PAKAI PANJANG
Umumnya pada kemasan atau bodi aki tertera umur pakai sebelum ia harus diganti. Umur pakai aki yang ada di pasaran saat ini sekitar 3-5 tahun.

4.CARI TAHU BERAPA LAMA AKI BISA BERTAHAN DALAM KONDISI TANPA DICHARGE
Hampir semua aki dilengkapi reserve capacity yang menunjukkan berapa lama aki bisa berfungsi saat alternator mobil gagal bekerja.

5.PILIH AKI YANG MASIH FRESH
Carilah aki yang tak dipajang di toko selama lebih dari 6 bulan. Untuk memastikan, Anda bisa melihat waktu pengiriman pada kemasannya. Biasanya tertera dalam bulan dan tahun. Tapi ada juga yang dalam format kode. Semisal A5, A
untuk Januari dan 5 mewakili 2005.



6. SEBERAPA LAMA GARANSINYA
Sebaiknya memilih aki dengan masa garansi panjang. Biasanya tertera dalam hitungan bulan untuk periode pemakaian aki tanpa masalah. Ini perlu Anda perhatikan karena jika aki gagal bekerja di dalam rentang waktu tertentu, Anda masih bisa memperoleh penggantian.






7.KELENGKAPAN YANG MEMUDAHKAN
Kelengkapan ini bisa berupa pegangan yang terpasang di atas bodi aki. Sehingga memudahkan saat mengangkatnya. Selain itu, indikator fungsi aki di bagian atas juga membuat pengecekan jadi lebih mudah.

1 comments:

Bestari 26 January 2012 at 04:18  

thank tips nya, sangat bermanfaat

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP