Powered by Blogger.

Tuesday, 23 June 2009

Panduan membeli mobil bekas Toyota Wish

PILIHAN second hand merupakan langkah tepat untuk memiliki MPV lansiran Toyota ini. Kehandalan produk Toyota menjadi modal kuat untuk dapat memiliki used car Toyota Wish dalam kondisi prima Apalagi Wish memiliki dimensi yang tidak terlalu besar dan memiliki fitur kenyamanan cukup lengkap. Dapur pacu berkapasitas 1.794 cc yang diusung Wish, serupa dengan milik Toyota Corolla Altis Konsumsi bbm Toyota Wish ini juga tergolong irit. Dengan rata-rata penggunaan di dalam kota,Wish mampu mencatat angka 8 km/l dengan transmisi matik 4 percepatan Sedangkan untuk luar kota, angka 12 km/l dapat dengan mudah diraih.

Atas dasar inilah, Toyota Wish begitu diminati konsumen Tanah Air, meski didatangkan oleh importir umum dan tidak memiliki fasilitas garansi ATPM. Namun penggunaan dapur pacu serupa Corolla Altis, membuat konsumen merasa aman dalam hal ketersediaan spare part, terutama fast moving Tak heran bila varian Wish berkapasitas 2.000cc tidak terlalu diminati. Selain faktor sulitnya mencari komponen fast moving,teknologi mesin yang memiliki kode TAZ-FSE in, telah mengusung teknologi direct injection.

Kualitas bahan bakar menjadi vital bagi mesin generasi ini. Dan hal itu membuat mesin tersebut rentan terhadap kerusakan akibat kualitas bahan bakar yang tidak terjamin di Tanah Air.

Secara penampilan, Wish mirip dengan Honda Stream yang memiliki body pipih. Di interiornya Wish menawarkan banyak ruang penyimpanan barang layaknya se buah mobil keluarga ideal. Hampir di setiap bangku, tersedia ruang penyimpanan. AC dengan climate control pun telah menjadi kelengkapan standar Wish, selain panel instrumen Optitron Peranti keamanan pun begitu diperhatikan Toyota dengan menghadirkan rem ABS dan dual airbags.

Sejarah:
2003: Toyota Wish pertama kali diproduksi pada 2003 di jepang dan menjadi salah satu MPV khusus pasar domestik (JDM). Untuk dapat menjual Toyota Wish diluar jepang, pihak dealer (showroom) yang akan melakukan pengiriman. Tak heran bila seluruh Toyota Wish yang beredar di Indonesia didatangkan melalui bantuan importir umum.

Di Jepang sendiri, Toyota menyediakan 5 pilihan model untuk wish: 2.0Z,2.0G,1.8X-S, 1.8X dan 1.0 X-E. Meski mengusung suspensi serupa, namun kedua pilihan mesin memiliki karakter yang berbeda.Varian bermesin 1.800 cc memiliki bantingan suspensi lebih lembut
ketimbang versi 2.000 cc. Fitur sunroof elektrik, sensor parkir, lampu xenon menjadi kelengkapan standar pada varian termewah Wish bermesin 1.800 cc.

Check list :

1.Mesin
Secara umum,dapur pacu Toyota Wish termasuk andal dan tidak memiliki kelemahan spesifik. Namun bila terdengar suara gemuruh ketika mesin berputar rendah, umumnya disebabkan oleh tensioner V-belt. Dan gejala ini hanya terjadi pada varian 1.800 cc.

2.Interior
DI negara asalnya - Jepang - heater merupakan perlengkapan wajib saat musim dingin tiba. Namun saat digunakan di Indonesia dengan iklim tropic, fungsinya menjadi tidak ada. Memanfaatkan sirkulasi air radiator,membuat interior rentan terhadap kebocoran bila tidak digunakan.

"Disarankan untuk mematikan fungsinya bila tidak digunakan. Sebab, dapat menimbulkan korosi akibat air tidak bersirkulasi dan rentan terhadap kebocoran,"
papar Usman Adie,
dari bengkel Tunas Toyota Dewi Sartika.

3.Suspensi
PERIKSA bagian suspensi lebih cermat. Sebab suspensi merupakan salah satu komponen yang memiliki persediaan terbatas. Tak ada salahnya untuk memeriksa karet bushing yang memiliki ciri menderit bila sudah mulai rusak, batang arm, tie-rod end dan sokbreker.


4.Bodi
TAK berbeda dengan kendaraan lainnya, periksa kondisi seluruh bodi mobil. Karena didatangkan oleh importir umum ketersediaan body part menjadi terbatas.Bila hendak memesannya dari Jepang, Anda perlu menyiapkan kocek lebih banyak dan memerlukan waktu
sekitar 40 hari.


Sumber : Autobild November 2007

3 comments:

Andri 15 June 2016 at 20:47  

mau beli wish ni, bingung antara stream ato wish

Unknown 14 September 2016 at 05:21  

Best for value toyota wish dengan 2 air bags n sunroof di type full option.. Part banyak n bisa subtitusi dengan toyota altis 2003... Info lanjut ttng toyota wish 081219933302 tqu best regards

Unknown 14 September 2016 at 05:22  

Best for value toyota wish dengan 2 air bags n sunroof di type full option.. Part banyak n bisa subtitusi dengan toyota altis 2003... Info lanjut ttng toyota wish 081219933302 tqu best regards

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP