Powered by Blogger.

Sunday, 14 June 2009

Panduan membeli mobil bekas Chevrolet Zafira

SEBELUM resmi di launching tahun 2000,Zafira masih mengusung nama Opel. Baru awal millennium, PT General Motors Indonesia selaku ATPM Chevrolet di Indonesia mengganti namanya menjadi Chevrolet.
Untungnya,kehadiran Chevrolet Zafira memenuhi hasrat konsumen yang mendambakan kenyamanan dan keamanan MPV medium. Belum lagi, fitur dan kepraktisan lainnya yang menambah daya tarik mobil ini. Lihat saja kabin Zafira yang berkapasitas 7 penumpang telah dilengkapi sistem pelipatan jok hebat yakni Flexi 7, roof rack, cup holder,laci penyimpanan dan lainnya.

Untuk safety, unit inipun sudah dibekali ABS dan airbag. Selain itu, mobil ini dilengkapi cathalytic converter agar lebih ramah lingkungan.

Tak heran kalau Zafira menjadi produk unggulan dari PT GMI selain Blazer. Bedanya,produksi Blazer terhenti mentara Zafira masih tetap berkibar. Dan, perubahan (facelifted) masih ditunggu konsumen di Tanah Air.


KEY HISTORY
2000 - 2001
Generasi pertama Chevrolet Zafira di pengujung 2000. PT General Motors Indonesia hanya merilis Zafira varian CD
versi matik bermesin 1.796 cc 4 sllinder DOHC. Medium MPV berkapasitas tujuh penumpang ini dilengkapi roof rack, power window, central lock, airbags, ABS dan lainnya. Belum lagi kabinnya telah dilengkapi sistem lipatan canggih Flexi 7 Satu tahun kemudian, versi manual Zafira CD hadir. Selain transmisi,fitur dan kelengkapan tidak beda jauh dengan versi sebelumnya. Varian Ini telah mengadopsi pedal tanpa kabel (drive by Wire) yang dikendalikan secara elektrik.


2002-2003
Awal 2002, versi Zafira GL (standar) diluncurkan yang notabene spec-down dari pendahulunya. Tak heran beberapa fitur dan kelengkapan ditiadakan seperti power window di kursi belakang, baris ketiga (5 penumpang) dan roof rack. Selain itu, versi standar ini menggunakan pelek kaleng plus dop.

2004 Baru varian Elegance, versi mewah mobil ini diluncurkan memenuhi jajaran Zafira yang ada. Sentuhan lux mulai hadir di varian ini. Sebut saja jok kulit, two tone side body molding yang stylish dan modern, side skirt, foglamp dan lainnya menambah keeleganan mobil ini. Serta kontrol AC yang independen untuk bagian depan dan belakang, serta tape/radio sound system dengan enam speaker bersuara jernih.

Checklist :

1. SUSPENSI
Secara umum bagian ini tidak terlalu bermasalah. Bahkan salah satu poin menarik dari Chevy Zafira untuk penunjang kenyamanan. Namun demikian, tak ada salahnya untuk memeriksa dengan seksama bagian tie rod, bushing
arm dan sokbreker. Lihat apakah peranti tersebut masih tetap mumpuni atau tidak.

2. SASIS
Karakternya hampir mirip mobil Eropa lainnya, yakni rentan pada sistem kelistrikan. Terutama pada versi transmisi matik. Cek bagian kabel-kabel apakah secara visual rusak atau tidak. Cek juga apakah lampu indikator ada yang menunjukkan kerusakan.Bila mendapati masalah demikian sebaiknya jangan cepat-cepat memutuskan untuk membeli. Maklum, serentetan masalah bisa lantas mengadang mobil ini.

3. BODI
Pastikan jangan ada lelehan oil pada sekitar peranti power steering. Bila ada, hampir dipastikan peranti ini bermasalah. Periksa sil dan selang di sekitar peranti ini. Bila perlu ganti agar performa lebih maksimal.


Sumber : Autobild edisi 58

3 comments:

Hardy 20 August 2010 02:50  

Punten kang Tatang, saya tadi baca diskusi di milis tetangga, mengenai Zafira, yang harus diperhatikan selain poin2 di atas, ada satu lagi: thermostat. Kalo yang ini bermasalah, radiator bisa kena, n biayanya lumayan kalo ganti.

Kang Tatang 2 September 2010 07:55  

emang sih saya juga pernah,denger masalah itu.Tp Nih mobil enak pak untuk dipakai,namun boros bbm karena harus pertamax,apalagi dipakai dijakarta yg macet disana sini.

Anonymous,  14 September 2010 21:47  

fast moving parts sma perawatannya ribet ga kang??

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP