Powered by Blogger.

Wednesday, 17 June 2009

Mobil Hatchback Pilihan

SEJALAN perkembangan zaman, konsumen pun ingin memenuhi kebutuhan lainnya, sehingga hatchback kini beralih menjadi mobil untuk beragam keperluan. Artinya tidak lagi
hanya buat konsumen muda semata. Apalagi hatchback semakin modern dengan berbagai penerapan teknologi dan fitur kemudahan serta safety.

Mengambil momentum 40 tahun kelahiran hatchback di dunia, berikut ini tipe-tipe yang
bisa Anda pilih. Tak sekadar bergaya dan mengulang masa muda di era'90-an, tetapi juga cocok sebagai mobil multiguna, baik untuk aktivitas harian tapi juga keluarga.

1.Peugeot206
Tahun: 2001-2004
Mesin: 1.360 cc 4 silinder, 90 dk

+ Suspensi empuk (versi CKD 2004), desain modern, tersedia matik dan manual
- Posisi mengemudi, plastik dasbor keras, ruang penumpang belakang sempit



SEBAIKNYA melirik Peugeot 206 versi CKD pasca 2003 karena problem yang sebelumnya ada di versi CBU sudah teratasi. Bantingan lebih empuk dari pendahulunya.Alhasil, performa handling meningkat dan mobil terasa lebih balans.
Mesin 1.390cc 4 silinder cukup bertenaga untuk perkotaan. Fitur kemudahan pun cukup banyak, mulai dari electric mirror, spion elektrik dan power window kaca belakang. Kepraktisannya kian bertambah berkat jok belakang terpisah dan bisa dilipat.

2.Volkswagen Golf MkIV
Tahun: 2001-2004, Mesin: 1.600 cc 4 silinder, 105 dk

+ Tersedia pilihan mesin 1.6 dan 1.8 turbo (GTI), kualitas interior
- Jaringan servis, spare part mahal, bbm harus Pertamax



SETELAH lama absen dari pasar domestik, VW kembali eksis lewat Golf. Apalagi, Golf sudah dikenal pada era '80-an dengan tipe Mkl. Kini VW bukan lagi sebagai mobil rakyat dengan harga murah, melainkan telah masuk ke dalam kelas premium
dengan berbagai keunggulan.

Hal itu membuat Golf MkIV kembali dihadirkan pada awal milenium ketiga. Kesan mewah dapat langsung terlihat dengan desain bodi elegan dan kualitas mate-
rial di interior Kini tak ada lagi kesan murah saat mengendarai VW.


3.Peugeot 307
Tahun 2002-2004
Mesin: 1.587 cc 4 sunder 110 dk
+ Bentuk up-to-date, relatif irit desain dasbor, tersedia matik dan manual serta varian diesel
- Pedal gas kurang ergonomic, posisi duduk di jok belakang tegak, perlu Pertamax




PENGEMUDI dan penumpang disuguhi banyak kemudahan dalam mengendarai 307. Tersedia dalam varian lengkap, bensindan diesel, membuatnya cocok dijadikan untuk kebutuhan keluarga. Sisi kepraktisannya pun memadai lewat berlimpahnya kompartemen di depan dan belakang kabin
Banyak fitur dan potisi duduknya mantap. Sayang bangku dan suspensi agak kaku. Begitu pula posisi pedal gasnya yang kurang ergonomis. Tapi handling-nya mantap.

4.Renault clio
Tahun:2001-2004 Mesin: 1.390 cc 4 siIinder, 100dk
+ Peranti safety lengkap, performa mesin, fitur berlimpah
- Visibilitas pengemudi, ruang kepala belakang,unit terbatas




EKSTERIOR Clio memang kurang diminati konsumen Tapi jangan salah menilai kalau Renault memproduksi hatchback ini berlimpah dengan fitur keselamatan. Faktor safety Clio merupakan yang terkuat dibanding para rivalnya. Dengan 4 airbag, seatbelt 3 titik dan headrest di kelima bangku serta rem ABS, membuktikan Clio merupakan mobil teraman di kelasnya.
Kabinnya pun berlimpah kelengkapan, hanya ruang penyimpanannya agak minim Bila performa jadi prioritas, maka ni pantas dimiliki. Clio disokong mesin 1.390 cc 4 silinder 16 katup yang mampu melesatkan 0-100 km/jam dalam 10,4 detik dengan kondisi mesin terawat. Didukung pengendalian mantap, pecinta kecepatan tak salah memilih Clio.

5.VoIkswagen Polo
Tahun 2000-2004 1.390 Cc 4 silinder, 75 dk
+ Nyaman,handling akurat interior mewah dan lega,penyimpanan berlimpah
- Performa mesin, minimal setara harus Pertamax

TAMPANGNYA simpel dan konservatif. Melirik interior, tak hanya nyaman dan hening tapi penyimpanan barang juga melimpah. Singkatnya, cocok bila Anda menuntut hatchback komplet. Performanya amat memadai untuk jalanan kota. Plus
dukungan suspensi lembut membuat nyaman dikendarai.

6.Toyota starlet
Tahun 1990-1998 Mesin 1.296 Cc 72 dk
+ Desain interior, image toyota,torsi besar,pilihan 1000-1300 Cc
- Suspensi keras, karburator, minim fitur, kaki-kaki

SATU-SATUNYA lansiran Toyota yang mempertahankan desain eksterior hingga 8 tahun. Apalagi dengan teknologi 12 katup yang tak berubah sejak diperkenalkan pada 1985.

Namun mesin berkode 1E dan 2E ini memang diakui cukup kuat lantaran blok mesin
masih menggunakan material baja. Ditambah,desain interior yang cukup menarik sehingga tak usang dimakan zaman. Inilah yang membuat Starlet cukup diminati hingga Saat ini selain karena image Toyota yang disandangnya.


7.Suzuki amenity
Tahun 1991 – 1994, Mesin 1.298 Cc 4 selinder, 72 dk
+ Spare part banyak dan murah, tersedia 3 dan 5 pintu
- Mesin konvensional,body part langka
Hatchback belogo S ini tergolong menarik. Apalagi suzuki menyediakan dalam dua model yaitu 3 dan 5 pintu.Ditambah dengan kelengkapan fitur cukup memadai di eranya.Sayang, mesin yang diusung masih konvensional.
Jika hatchback lain di eranya telah menggunakan teknologi multivalve, amenity masih bertahan dengan teknologi 8 valve. Untunglah harga spare part suzuki cukup murah sehingga dapat memangkas biaya perawatan.Tapi anda akan kesulitan dan menunggu lama untuk mendapatkan Amenity yang berbodi mulus.

8.Honda civic estilo
Tahun: 1992-1995, Mesin: 1.596 cc 4 silinder, 720 dk
+ Sistem injeksi, 16 valve, kabin lapang, desain
-Hanya ada model3 pintu, mesin mudah panas

MOBIL ini jadi collector's item bagi pencinta Honda di Indonesia. Bagaimana tidak, setelah era Estilo, ATPM Honda tidak melansir Civic model 3-pintu lagi. Hal ini membuat harga pasar Estilo jadi tidak wajar untuk ukuran mobil dengan tahun produksi awal'90-an.
Selain itu, mesin SOHC 16 valve dengan pasokan bahan bakar injeksi sangat mudah di modifikasi. Akibatnya, Anda perlu mewaspadai modifikasi mesin jika ingin membeli model ini. Begitu pula dengan bodi yang kerap dimodifikasi.


9.Daihatsu charade winner
Tahun: 1990-1998, Mesin: 1.295 cc 4 silinder, 76 dk
+ Bodi ringan, fitur lengkap, teknologi 16 valve
- Lemah di as roda dan sasis, interior sempit

BICARA kelengkapan fitur dan teknologi mesin, Winner patut dipertimbangkan. Apa-
lagi dengan harga yang terjangkau dengan tahun produksi 1990-an, Winner telah
dilengkapi fitur kenyamanan seperti spion elektrik, power window dan central locksebagai standar Begitu pula mesin yang telah mengadopsi teknologi 16 valve.
Sehingga mesinnya mudah untuk ditingkatkan performanya Namun kontruksi suspensi depan Winner yang lemah membuat sasisnya rentan.
Makanya, wajib mewaspadai sasis, seperti retak pada dudukan suspensi depan.


Sumber: Autobild 53

2 comments:

yani ahyani,  18 May 2013 at 02:27  

ƍäªK ada daftar harganya ya

jaka kh 9 August 2014 at 07:29  

Daihatsu charade winner berapa ya harga pasarannya?

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP