Powered by Blogger.

Monday, 1 June 2009

Istilah Air Conditioning (AC)

Istilah Air Conditioning (AC) dalam dunia otomotif tentunya sudah menjadi hal lazim. Hanya saja, masih banyak pertanyaan tentang perkembangan pengatur suhu kabin kendaraan ini.
Di Indonesia, AC pasti identik dengan pendingin kabin. Padahal sebenarnya bisa berfungsi sebagai pendingin maupun penghangat ruangan.

"Kondisi di Indonesia yang terdiri dua musim saja tidak membutuhkan sistem penghangatnya. Itu sebab di sini AC lebih lazim dikenal sebagai pendingin saja," tutur Dwi Parileksono P., Section Manager Sales & Marketing Training PT Daimler Chrysler Indonesia.


COMOT KINERJA KULKAS

LALU seperti apa saja teknologi AC yang ada di mobil? Bila ditarik ke masa silam, perangkat pendingin kabin kendaraan ini dibuat lantaran negara produsen mobil, baik Eropa maupun Amerika, memiliki 4 musim setahun. Saat musim panas, suhu di dalam kabin terasa menyengat. Teknologi pertama AC ini pun nyaris identik dengan sistem refrigerator (kulkas) yang diaplikasi ke mobil. Pertama kali diperkenalkan di mobil Packard buatan Amerika pada tahun 1939. Saat itu,evaporatornya sampai memenuhi ruang bagasi.

Sementara pengontrolnya hanya ada pada blower saja, berupa tombol on/off saja. Baru pada 1941, perangkat AC ini diaplikasikan di mobil massal buatan Cadillac sebanyak 300 unit. Sejalan dengan waktu, pengembangan AC pun semakin canggih dan efisien serta jauh lebih kompak.Di samping evaporator dan ?blower, AC pun dilengkapi dengan kompresor dan sistem elektronik lebih canggih. Sistem pendingin kabin ini semakin populer dengan adanya gas pendingin (refrigerant) Freon di era '80-an.

TIPE DUAL DAN 4 ZONAL
SEJALAN dengan perkembangan teknologi mobil, AC pun menjadi suatu keharusan di setiap kendaraan. Tidak kepalang tanggung,
bila selama ini sistem AC hanya terdiri dari kontrol besar kecil blower serta tingkat kedinginan sekuensial semata, mobil modern mempunyai beragam keunggulan.

Misalnya pengendara dapat menentukan pengaturan suhu tertentu yang diinginkan di kabin.Sistem pengaturan ini lebih dikenal dengan istilah climate control."Lantaran AC sudah menjadi standar sebuah kendaraan, produsen pun terus mengembangkan sistem pengatur suhu yang dapat dioperasikan secara konvensional atau pun yang canggih," imbuh Dwi.

Saat ini teknologi AC mencakup 3 hal yaitu :

1 Sistem AC konvensional,AC konvensional adalah sistem yang paling banyak digunakan.

2.Sistem dual zonal,Sementara untuk dual zonal merupakan sistem kontrol suhu yang bisa mengatur tingkat temperatur berbeda antara kabin depan dan belakang. Model ini sudah mulai banyak diaplikasikan di mobil modern. Penyebutannya sendiri berbeda untuk setiap pabrikan. Contohnya Mercedes-Benz yang membari julukan sistem Thermatic. Ciri AC dual zonal adalah sistem pengaturan yang masih berupa tombol di dasbor

3.Sistem 4 zonal,Sistem 4 zonal lebih canggih lagi karena mampu mengatur suhu berbeda di keempat bagian kabin. Ciri khasnya terlihat jelas bila terdapat tampilan digital pada kontrol AC di mobil.

Dari perkembangan teknologi AC ini juga bisa ditegaskan bila sistem mi bukan hanya sebagai pendingin saja tetapi juga sebagai penghangat.

Tahukah anda
Salah satu kelengkapan penting dari AC mobil ini adalah gas refrigerant Freon atau ChloroFluoro Carbon (CFC).
Freon ditengarai sebagai biang rusaknya lapisan ozon. di atmosfer bumi. Memang benar Freon menyebabkan kerusakan ozon, tetapi hal itu terjadi pada Freon berkode R-12. Sementara Freon yang saat ini digunakan terbilang ramah lingkungan berkode R-134a.

Tiada istilah AC tak dingin akibat Freonnya habis, kecuali bila ada kebocoran dalam sistem. Hal itu dimungkinkan akibat kurang maksimalnya kerja kompresor atau kerusakan evaporator. Selain itu, kebocoran juga bisa disebabkan mampatnya filter AC. Pasalnya, sistem AC mobil saat ini sudah mengaplikasi metode filtrasi untuk menyaring udara kotor dan partikel renik yang bisa membuat ruangan tak nyaman bagi pengendaranya.

Rentang suhu pada AC pendingin di mobil umumnya berkisar 160-28 derajat Celcius. Bila suhunya sudah melebihi dari
ketentuan itu berarti mobil tersebut dilengkapi AC pendingin dan pemanas.

Sumber : Auto Bild Edisi 56

2 comments:

Noertony 1 June 2009 at 05:58  

makasih sobat, aku pasag juga link sobat, be your friend, always..

Tatang 2 June 2009 at 22:17  
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP