Powered by Blogger.

Tuesday, 30 June 2009

DAIHATSU Xenia 1.0

Daihatsu Xenia merupakan produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu. Pasar yang dituju adalah kelas budget car, yaitu orang yang ingin memiliki mobil tapi terganjal dalam hal dana Alhasil Xenia tampil sebagai solusi bagi yang ingin mobil murah
terjangkau.

Bayangkan, harga perdana yang ditawarkan berada di kisaran Rp 70 juta. Jelas menggoda bagi yang ngin mempunyai mobil baru. Dan hebatnya, setelah sekian lama harga bekasnya tidak mengalami penurunan. Ini mempertegas kuatnya permintaan Xenia di pasaran.

Saat pertama diluncurkan Xenia memiliki tiga pilihan varian. Terdiri dan 1.0 Mi dan 1.0 Li bermesin 3 silinder 1.000 cc dan 1.3 Xi bermesin 4 silinder 1.300 cc Semuanya memakai pasokan bbm injeksi.Unit 1.000 cc bertenaga 57 dk pada 5.200 rpm dan torsi 98 Nm pada 3.600 rpm. Cukup memadai walau perbandingan gigi akhir yang dianut kelewat besar. Akibatnya putaran mesin kerap meraung cukup tinggi.

Umumnya mesin 3 silinder mengalami kendala dalam hal getaran mesin yang besar. Namun Daihatsu mengeliminirnya dengan imbuhan teknologi flexible flywheel Alhasil mesin pun terasa lebih halus saat berputar.Walau bodinya mungil, ruang dalam Xenia terbilang lega. Tujuh penumpang dapat diangkut tanpa kesulitan berarti. Akses ke bangku belakang juga mudah dengan proses pelipatan bangku tengah yang simpel. Bahkan jika dlbutuhkan bangku baris ketiga dapat dilipat ke depan guna menambah volume bagasi.

Beberapa masalah sempat mendera Xenia. Seperti adanya keluhan mesin ndut-nduton, rumah setir dan sokbreker belakang bocor dan ringkihnya kualitas buatan beberapa bagian mobil. Namun hal itu tidaklah mengurangi animo masyarakat untuk memilikinya Ya, karena Xenia memiliki value for money yang kuat untuk sebuah mobil keluarga.

Sejarah :
2004: Bulan lanuari Daihatsu Xenia dilempar ke pasaran. Sebagai hasil kolaborasi dengan Toyota, tampilannya tidak berbeda dengan Avanza.Hanya saja ia dilengkapi varian bermesin 1.000 cc sebagai andalan.Ada tiga pilihan varian ditawarkan, yaitu 1.0 Mi,1.0 Li dan 1.3 Xi.

Pilihan transmisi hanya manual 5-speed Selain mesin, beda ketiganya ada pada kelengkapan standar Mi sebagai model termurah sangat minim fitur, Sementara Li dan Xi sudah dilengkapi AC, electric window, wiper belakang, central door lock dan kantong di pintu.

Selain itu masih ada lagi model yang dapat dipesan melalui dealer.Terdiri atas Plus, Family dan Sporty.Banyak item dapat ditambahkan,termasuk diantaranya power steering yang belum menjadi fitur standar.

2005: Bulan juli Xenia mengalami sedikit revisi pada varian Li dan 1.3 Xi. Model ini mendapat tambahan filer takometer, power steering dan pemutar CD. Varian lainnya tidak mengalami ubahan.Warna hitam juga mulai masuk ke dalam pilihan di line-up Xenia.

2006: Daihatsu Xenia mengalami ubahan besar pada sektor mesin. Unitnya telah mengadopsi teknologi VVT-i dan dilengkapi catalytic converter sehingga memenuhi standar emisi Euro2 Tenaga yang dihasilkan terasa merata diseluruh rentang putaran mesin dan gejala tersendat pun lenyap.

Ubahan lain terlihat dan tampilan luar. Bumper dan lampu depan mengalami revisi Begitu juga dengan lampu belakang yang telah mengadopsi lampu multi reflektor.Sementara warna interior mengalami Ubahan dari hitam ke beige dan ivory.
Suspensi juga mengalami pembenahan Bantingannya lebih lembut ketimbang model sebelumnya tanpa mengurangi kestabilan.

2007: Bulan Juli Xenia menambah satu varian, yaitu 1.0 Li SE dan 1.3 Xi SE. Beda dengan varian lainnya terlihat dari hadirnya mudguard, spion lipat elektrik, hendel pintu berlapis krom serta spoiler depan dan belakang. Sedang interiornya ditandai dengan hadirnya jok kulit, head unit double DIN dan konsol boks.

Sumber : Autobild 56

1 comments:

Anonymous,  14 May 2013 at 01:36  

Can I submit your put up to my wordpress blog? I will add a oneway link to your forum.
That’s one really nice post.

Here is my page :: i'm having trouble getting pregnant

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP