Powered by Blogger.

Friday, 8 May 2009

Tips hindari pemboros BBM

Tips hindari Kesalahan kecil pemboros BBM

Tanpa disadari, banyak sekali kesalahan-kesalahan kecil yang kita pikir bukan masalah, ternyata memberi kontribusi borosnya bbm mobil kita.Berikut ini diantaranya :


1.Mobil sebagai gudang atau rumah kedua

sebagian eksekutif muda, mobil sudah seperti rumah dan kantor kedua. Jarang sekali menurunkan barang-barang bawaan dari mobil.Tanpa disadari, lama kelamaan barang menjadi numpuk bahkan menjadi seperti gudang.Penambahan bobot ini tentunya membuat bbm yang dibutuhkan untuk menjalankan mobil lebih banyak.

2.Jarang mencuci mobil
Kegiatan yang kita anggap sepele ini bisa menyebabkan kotoran dibawah mobil menjadi menumpuk dan menambah bobot kendaraan,mengotori filter serta menghambat laju mobil.

3.Tekanan ban kurang
Tekanan ban yang lebih rendah dari yang di sarankan memang membuat mobil berjalan empuk,tapi hal ini menghambat laju mobil karena daya gesek antara ban dengan aspal akan bertambah,sehingga dibutuhkan energi yang banyak untuk melajukan kendaraan.

4.Filter udara kotor
Rajin-rajinlah membersihkan filter udara walaupun belum saatnya untuk melakukan servis berkala.Karena dengan adanya penumpukan kotoran aliran udara yang masuk ruang bakar menjadi berkurang sehingga campuran bahan bakar dengan udara kurang sempurna atau terlalu banyak bahan bakar.Otomatis tenaga mobil akan menurun drastis.

5.Oli terlalu penuh
Jangan menambahkan oli mesin melebihi batas maksimum,karena pelumasan tidak akan bertambah baik, malahan beban mesin saat berputar akan bertambah besar.Isilah oli antara 75-100% batas maksimal yang diizinkan.

5.AC jalan terus
Lihat-lihatlah kondisi cuaca disekitar mobil kita saat dalam perjalanan.Ketika udara diluar tidak terlalu panas atau pada malam hari matikanlah AC mobil anda.Mobil anda akan berjalan lebih ringan dan hemat bbm, dan kompressor AC akan beristirahat.

6.Perawatan berkala.
Perawatan berkala tak hanya dibutuhkan untuk menjaga garansi mobil tidak hangus.Tapi juga berfungsi untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.setelan klep,celah busi,kondisi filter udara yang tidak tepat akan mempengaruhi konsumsi bbm secara signifikan.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP