Powered by Blogger.

Monday, 11 May 2009

Teknologi penghemat BBM

Mobil-mobil keluaran anyar sudah menerapkan teknologi-teknologi yang membuat dapur pacu bekerja seefisien mungkin diantaranya adalah :

1.Pengatur waktu bukaan katup.
Saat ini sudah menjadi standard perusahaan pembuat mobil,Dengan mengatur waktu bukaan katup,rentang tenaga menjadi lebih merata disetiap tingkat putaran mesin.Efeknya anda tidak perlu lagi menekan pedal gas dalam-dalam saat berakselerasi.Penamaan untuk sistim ini berbeda-beda setiap produsen mobil seperti VVT-i untuk Toyota dan CVTC untuk Nissan.

2.Thorottle by wire
sistem ini meniadakan peran kabel gas,sehingga pergerakan throttle atau disebut juga skep menjadi tidak terlalu responsip.saat pedal gas diinjak penuh sebuah potensiometer di pedal akan memproses melalui ECU lalu meneruskannya untuk menggerakan throttle.jadi besar bukaan throttle bukan semata-mata berdasarkan injakan pedal, melainan kebutuhan udara dari mesin.

3.Material manifold
Belakangan ini material untuk intake manifold telah bisa dibuat dari bahan plastik khusus,dengan begitu supply udara segar kedalam mesin tidak lagi terganggu oleh panas radiator maupun kondensor AC.Selain itu, sudut lekukan dari exhaust manifold dibuat selandai mungkin sehingga mesin dapat bekerja lebih efisien.

4.Program ECU close loop
Program ini bekerja dengan menempatkan sensor di exhaust manifold sehingga jumlah kandungan oksigen setelah pembakaran dapat dideteksi. Hal ini berfungsi untuk menentukan campuran bahan bakar dengan udara ketika sensor menangkap ada kejanggalan pada pembakaran.Sehingga campuran bahan bakar akan selalu berada dalam batas ideal dan effisien mesin menjadi lebih baik.

5.Electronic power steering
Fungsi dari power steering adalah untuk membantu meringankan pengemudi saat mobil berhenti atau berjalan pelan.Namun sistem hidrolisnya bekerja dengan memanfaatkan putaran mesin untuk menggerakan pompanya,sehingga membuat mesin bekerja lebih berat,oleh karena itu sekarang banyak menggunakan power steering elektronic yang memi effisien lebih tinggi.
sistem electronic ini hanya memerlukan arus untuk memutar motor agar sistem kemudi menjadi ringan.Selain menghemat tenaga,tidak adanya minyak power steering membuat biaya perawatan kendaraan lebih mura6.h.


6.Sistem distributorless
Sistem pengapian tanpa distributor membuat akurasi waktu pengapian di ruang bakar semakin baik.Hambatan pada kabel busi dan distribtor ditiadakan.Efeknya pembakaran ditiap selinder semakin akurat dan berdampak pada pembakaran sempurna untuk menghasilkan daya ledak optimum.

7.Direct injection
Meletakan posisi injektor dalam ruang bakar dapat meminimalkan bahan bakar yang terbuang percuma. Dengan jumlah bahan bakar yang akurat,menjadikan mesin bekerja dengan lebih effisien.

8.Dual spark
Teknologi ini telah diterapkan pada produk unggulan honda ( i-DSI ). Dengan menempatkan dua busi pada tip selinder,membuat proses pembakaran dapat berlangsung sempurna tanpa sisa bahan bakar.


sumber : Autobild edisi 132

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP