Powered by Blogger.

Tuesday, 19 May 2009

Panduan membeli mobil bekas

Panduan membeli mobil bekas
Setelah anda berburu mobil bekas yang diincar maka segera cek dan periksa hal-hal seperti dibawah ini, jangan sampai ditengah perjalanan mobil jadi ngadat dan mogok.

1.Saringan Udara
Periksa saringan udara, jika hal ini sudah kotor segera ganti. Jika hal ini tetap dibiarkan maka konsekuensinya BBM menjadi boros.


2.Busi
Perhatikan dengan seksama komponen pemercik api ini, terutama busi yang mempunyai type long life. Karena faktor usia pakai busi ini sekitar 100 ribu kilometer.


3.Minyak rem
Cek apakah dalam minyak rem terdapat fluida air atau tidak, jika ada harus cepat diganti karena kondisi in bisa menyebabkan korosi pada kaliper dan master rem dan juga bisa menyebabkan rem menjadi blong.

4.Radiator coolant
Awas jangan anggap remeh pendingin radiator ini, karena kemampuan mendinginkan mesin akan menurun seiring dengan tingginya jam terbang mobil dipakai.

5.V-belt
Jangan menyepelekan hal yang satu ini, segera ganti v-belt sebaiknya sebelum menempuh jarak 100 rb kilometer pemakaian. Karena performa v-belt akan menurun, hal ini ditandai permukaan karet menjadi getas, kendur akhirnya putus jangan sampai gara- gara v-belt mobil anda mogok ditengah jalan.

6.Suspensi
Pada mobil bekas ini suspensi harus menjadi perhatian khusus karena fungsi dan kinerja dari sokbreker akan menurun,periksa karet bushing arm,tie-rod,long tie-rod dan ball joint.

7.Rem
Periksa ketebalan aktual kanvas rem juga permukaan kontak di cakram dan tromol, jangan lupa cek rem tangan termasuk kondisi kabel mekanisnya.

8.Ban
Periksa kelayakan ban seperti kembang dari ban, indikator keausan.Karena jika diabaikan akan sangat berbahaya.

9.Kelistrikan
Kelistrikan dalam sebuah mobil kadang-kadang sulit dipastikan performanya. Karena bisa saja lampu atau indikator lain tiba-tiba mati tanpa diketahui sebab-sebab sebelumnya. Untuk menjaga kondisi kelistrikan tetap berfungsi, cek setiap socket, kabel-kabel,aki,relai dan switch.

Sumber : Majalah AutoBild edisi 110

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP