Powered by Blogger.

Tuesday, 19 May 2009

Panduan membeli mobil bekas Nissan X-Trail


MENINGKATNYA penjualan SUV di Indonesia menjadi alasan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan X-Trail di Tanah Air. Apalagi Honda telah lebih dahulu meluncurkan SUV-nya pada tahun 2000 dan memimpin pasar dengan CR-V.
Sebagai langkah awal, Nissan mendatangkan langsung X-Trail dalam bentuk CBU. Dengan kapasitas mesin sama dengan CR-V, X-Trail belum mampu menggoyahkan Honda di pasar domestik. Menyadari kondisi tersebut, keputusan untuk melakukan perakitan di dalam negeri menjadi langkah tepat. Harga kendaraan menjadi kompetitif dan dapat melakukan peningkatan spesifikasi.
Salah satunya dengan mengganti setang piston dan kruk-as sehingga kapasitas mesin bartambah 500 cc. Alhasil, tenaga 180 dk dapat dihasilkan dengan mudah dan menjadikan X-Trail sebagai SUV terkuat di kelasnya. Apalagi X-Trail memiliki bantingan suspensi yang lembut sehingga terasa nyaman saat dikendarai. Ditambah fitur pendukung seperti pendingan minuman kaleng, ruang penyimpanan dengan bahan yang mudah di cuci, transmisi matik dan lainnya.

Sejarah Nissan X-Trail
2001-2003: Pertama kali diperkenalkan, Nissan X-Trail didatangkan dalam bentuk CBU. Dengan spesifikasi mesin 2.000cc, X-Trail memiliki tenaga sebesar 147 dk dan serupa den gan tipe mesin yang digunakan Serena.
Berbeda dengan X-Trail CKD, versiCBU mengadopsi kaca tinted film pada baris kedua dan belakang sehingga terlihat lebih gelap. Selain itu, desain gril masih garis berwarna hitam dan pengatur pendingin kabin model digital.

2003: Setelah 2 tahun di perkenalkan, Nissan melakukan facelift pada X-Trail yang mulai diproduksi di dalam negeri.Tampak luar, perbedaan terlihat pada desain gril model sarang
tawon dan kini tersedia dalam dua tipe St (Sport Turing) dan Xt (Extra Turing). Perbedaan kedua tipe ini terlihat pada penambahan jet washer lampu depan,sport roof rail dengan lampu sorot serta jok kulit dan wood panel di interiortipe Xt. Di tahun ini pula, hadir versi 4x4 yang didatangkan dalam bentuk CBU. Namun jumlahnya sangat sedikit dan memiliki ciri fisik pada penggunaan pelek besi serta side molding yang tidak sewarna bodi.

2004: Sedikit facelift dilakukan Nissan dengan menambah kan sein di spion dan emblem St dan Xt di buritan.

2005: Desain'V' di gril depan mulai diperkenalkan Nissan sebagai identitas diri pada semua produknya di pasaran. Selain itu ada perubahan desain sein di spion, Serta penggunaan alarm sebagai peranti standar. Pada versi facelift ini tersedia juga pilihan warna merah menyala.Untuk menandingi kehadiran Honda CR-V facelift can Toyota Fortuner, Nissan memperkenalkan tipe terbarunya yang dirancang lebih macho. Berada di
antara tipe St dan Xt, Stt telah dilengkapi dengan bullbar, over fender, cargo net dan TV mobil touch screen. Monitor TV juga digunakan pada tipe Xt.

Hal yang harus diperhatikan :

1.Mesin
DAPUR pacu berkode OR25 pada X-Trail tergolong tangguh. Apalagi usia kendaraan belum mencapai 5 tahun. Tapi bukan berarti tak ada yang perlu diperhatikan. Kondisi kabel dan soket X-Trail wajib mendapat perhatian. Pasalnya, ECU sangat sensitif terhadap gangguan kelistrikan. Nah, tak ada salahnya untuk memperhatikan kondisi komponen-komponen ini.

2.Jok
BERBEDA dengan pelapis kabin bagasi yang mudah di bersihkan, lapisan jok Nissan X-Trail selain tipe Xt cukup sulit dibersihkan. Namun pihak Nissan memilih lapisan jok tersebut lantaran lebih tahan air ketimbang fabric biasa. Jadi, tak ada salahnya untuk meneliti kondisi jok. Jika telah banyak noda kotoran, be-
rarti Anda perlu menyiapkan dana untuk membersihkannya ke salon mobil.


3.Dasbor
DASBOR DAN TRIM BAHAN plastik yang digunakan X-Trail di interior cu-
kup sensitif terhadap goresan. Anda dapat dengan mudah menemui baret ini di daerah sekitar seatbelt, dasbor dan trim pintu. Padahal di produk Nissan lainnya, kualitas materialnya cukup baik. Karena itu, Anda perlu memilih yang pemilik terdahulunya telaten terhadap kendaraannya.

4.AC
MESKI microfilter bukan peranti standar pada Nissan X-Trail, tak ada salahnya agar Anda menanyakan untuk memastikan mobil tersebut menggunakannya atau tidak. Fungsi utama komponen ini adalah penyaring debu, asap rokok dan pengusir bau di kabin. Bila sudah kotor, microfilter perlu dibersihkan atau diganti. Karena micro-filter yang telah kotor akan berpengaruh pada kinerja AC
secara keseluruhan dan bisa membuat AC terasa kurang dingin.

Sumber : Autobild edisi 56

9 comments:

my biz 14 August 2013 at 03:19  

soal harga bagaimana ya ?

Meidiani 2 February 2016 at 22:24  

Terimakasih atas tipsnya mas... saya perlu SUV untuk angkut2 kain dan jahitan, juga unt angkut karyawan. Itu XTrail ada berapa baris ya bangkunya? Thx.

Terbaik 18 March 2016 at 15:07  

Lebih suka yang model baru sih kalau saya :D

Reko Suprayogi 6 May 2016 at 05:06  

Brp cc kah type st matic th 2010 ? Mohon pencerahan ts

Jasa Perjinan Yogyakarta 12 July 2016 at 06:30  

Ane juga pngin beli x trail....ini baru cari-cari....ada pndangan th 2004 type st. Mohon info cara untuk mengetahui kendaraan sekend masij bagus, secara sederhana bagaimana???? Tks

Jasa Perjinan Yogyakarta 12 July 2016 at 06:46  

Ane juga pngin beli x trail....ini baru cari-cari....ada pndangan th 2004 type st. Mohon info cara untuk mengetahui kendaraan sekend masij bagus, secara sederhana bagaimana???? Tks

brahmantyo hartomo 21 November 2016 at 03:16  

Sy sdh lama ngidam pengen punya nissan xtrail.. kebetulan xtrail matic 2004 second di jual..
Harga sdh hampir deal tp besok baru cek barang di rmh ownernya.
Sebagai org awam mesin...
Apa aja yg harus di pertimbangkan utk memutuskan msh bagus apa tdk gan...?
Klo body msh ok mulus. Tks

brahmantyo hartomo 21 November 2016 at 03:17  

Sy sdh lama ngidam pengen punya nissan xtrail.. kebetulan xtrail matic 2004 second di jual..
Harga sdh hampir deal tp besok baru cek barang di rmh ownernya.
Sebagai org awam mesin...
Apa aja yg harus di pertimbangkan utk memutuskan msh bagus apa tdk gan...?
Klo body msh ok mulus. Tks

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP