Powered by Blogger.

Monday, 11 May 2009

Hemat bbm dengan mudah dan gratis

Saat ini banyak piranti penghemat bbm dipasaran. Padahal sebenarnya kita bisa menghemat bbm dengan cara mengubah kebiasaan mengemudi,dengan mengubah kebiasaan mengemudi kita akan menghemat kurang lebih 25 %.
Berikut ini tipsnya:

1.Memanaskan mesin
Jangan memanaskan mobil terlalu lama, Karena mobil-mobil modern saat ini tidak perlu dipanaskan terlalu lama,cukup dilakukan hanya 30 detik sampai 1 menit sebelum dijalankan.

2.Menjaga putaran mesin
Putaran mesin terlalu tinggi akan menyebabkan boros bbm,terlalu rendah juga demikian.Jagalah putaran mesin mobil antara 2000 - 3500 rpm.Disinilah paduan konsumsi bbm dan tenaga optimal.

3.Engine braking.
Mobil baru dipasaran pada saat ini sudah 90% menggunakan sistem injeksi elektronik.Makanya cara penghematan paling tepat dilakukan.Biasakanlah melakukan engine braking saat memperlambat kendaraan.Caranya lepaskan pedal gas tanpa memasukan transmisi ke posisi netral terlebih dahulu.Cara ini akan menghentikan total pasokan bahan bakar ke mesin,berbeda jika transmisi dimasukan ke posisi netral maka bensin akan terus disuplai ke ruang bakar untuk menjaga mesin tetap hidup.

4.Menjaga kecepatan
Pengereman dan akselerasi mendadak membutuhkan energi besar.Karena sumber utama dari mobil adalah bahan bakar maka Usahakan menyetir konstan tanpa menginjak pedal gas atau mengerem mendadak.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP