Powered by Blogger.

Monday, 25 May 2009

10 barang bawaan berbahaya dalam mobil

BILA terjadi kecelakaan mobil mungkin saja selamat, namun penumpang bisa terluka akibat benturan barang bawaan. Belakangan ini teknologi safety mobil ?semakin canggih. Tengok saja, sistem komputer yang memberi asistensi pada pengemudi untuk mencegah kecelakaan. Misalnya kontrol traksi, ABS, EBD hingga pelbagai jenis airbag. Paling aktual, airbag model sosis yang mencegah benturan kepala antar penumpang. Namun semua teknologi yang mahal itu malah tak berguna, bila cedera pada penumpang temyata diakibatan benturan barang
bawaan di dalam kabin.

Berdasarkan National Highway Traffic Safety Administrafion (NHTSA),institusi yang mengurusi soal kecelakaan jalan raya di AS, cedera penumpang banyak disebabkan oleh benturan barang bawaan. Padahal kondisi mobil tidak apa-apa setelah benturan. Hal itu terjadi lantaran benturan barang bawaan yang diletakkan di dalam kabin.

"Membawa barang di kabin dengan mobil tanpa bagasi semacam jip atau lantaran bagasi penuh, sebaiknya barang diikat rapi dengan jaring. Sebab walau pakai seat-belt, benjol juga kalau ketiban kardus air mineral misalnya," ujar Harry Irawadi, off-roader dari ?Indonesian Off-Road Federation (IOF).
Walau mobil Anda bukan jip atau SUV, namun langkah preventif ini bisa diterapkan untuk meminimalisir cedera. Sebab di mana-mana, tak ada kecelakaan yang direncanakan atau diketahui sebelumnya.

1. Barang bawaan yang tidak terikat
Taruh kata Anda terpaksa "melintir" lantaran jalan setengah basah dan kering dan mobil didepan Anda mengerem mendadak. Walau mobil selamat, namun Anda berisiko "dicium"salah satu barang bawaan yang dibawa.

2. Kunci setir
Lantaran bentuknya yang padat dan keras, kunci setir sangat membahayakan. Jangankan kepala, membentur mata kaki pun bisa membuat keseleo

3. Botol mineral
Paling bahaya yang ukurannya galonan. Ukuran 1.500 ml juga lumayan membuat benjol. Paling aman ukuran 500 ml untuk mendampingi perjalanan dan selalu gunakan cup holder untuk menyangganya.

4. Dongkrak
Sering terjadi, setelah menggunakan dongkrak tak langsung menaruh kembali di tempat atau braketnya. Sekadar
menempatkannya di kolong atau sela jok, memang tampak biasa namun hasilnya pasti lebih berisiko dari ketiban kunci setir.

5. Toolbox
Terutama yang terbuat dari kaleng. Selain berat, sudutnya yang tajam bisa sangat melukai

6.Bola bowling
Seiring maraknya bowling alley, Makin banyak bowler yang aktif kembali. Letakkan ditempat yang aman. Sudah barang tentu, Anda tak mau ketiban bola bowling bobotnya berat itu.

7. Keramik
Apalagi yang berukuran besar. Sebaiknya, pilih layanan jasa angkutan, bila jarak perjalanannya lumayan jauh.

8. Tabung pemadam kebakaran
Jangankan yang berukuran besar versi ?kecil khusus mobil pun bisa membahayakan. Sempat mental dan ujungnya kena mata,berabe juga. Atau banyak merek yang menggunakan gas sebagai penyembur foam yang bisa meledak bila terkena panas berlebih.

9.Tabung bergas
Seperti cairan car care macam silicon spray, pembersih karburator atau minyakwangi. Bila panas berlebih, tabung bisa meledak.

10.Korek Api
Ini masalah paling klasik.Apalagi banyak beredar korek api gas palsu yang casingnya lebih tipis. Memang tak membakar bila tak ada percikan, namun mencegah jauh lebih baik daripada menanggulangi.


Sumber ; Autobild Edisi 55

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP